Agar Anak Makin Cinta Tuhan, Lakukan 3 Hal Ini Biar Mereka Mau Membaca Alkitab.

Parenting / 13 March 2018

Kalangan Sendiri

Agar Anak Makin Cinta Tuhan, Lakukan 3 Hal Ini Biar Mereka Mau Membaca Alkitab.

Naomii Simbolon Official Writer
6294

Orang tua Kristen yang benar, pasti ingin membantu anak-anaknya belajar membaca, memahami, percaya dan mencintai Alkitab.

Tapi kenyataannya, banyak orangtua malah menganggap hal itu sebagai tantangan yang signifikan, bahkan menakutkan.

Alkitab itu sangat luar biasa dan ada banyak hal yang bisa dipelajari dari sana.

Lalu gimana caranya sehingga kita bisa membantu anak-anak untuk mengenal firman Tuhan dan mulai menggembangkan kebiasaan membacanya setiap hari?

Saya tidak sedang menawarkan rumus yang langsung berhasil sebulan, karena setiap anak berbeda dan Roh Kudus selalu bekerja dengan cara yang berbeda pada masing-masing anak. Tapi dikutip dari DesiringGod.org, berikut ada beberapa cara yang bisa menuntun kamu. Semoga bermanfaat ya mom :

1. Berikan anak-anak kamu sebuah Alkitab yang bisa mereka nikmati


Pernah nggak kamu memberi anak-anak kamu sebuah Alkitab buat masing-masing mereka?

Jika anak-anak kamu nggak punya Alkitab, kamu harus membelikan Alkitab kepada mereka. Dan pastikan Alkitab yang kamu belikan adalah Alkitab terbaik yang seharusnya dimiliki anak-anak.

Sekarang ini, ada banyak Alkitab yang di design khusus anak-anak dengan tidak mengubah isi didalamnya. Berikan mereka Alkitab yang demikian, yang memancarkan nilai, keindahan sampul dan  kualitas, supaya mereka tertarik membacanya dan mencintainya.

2. Jadilah contoh buat mereka, supaya mereka tidak melakukannya sendiri


Jangan biarkan Alkitab tertutup debu selama berbulan-bulan di atas rak buku. Pastikan Alkitab yang kamu beli untuk mereka, selalu ada di manapun mereka berada. Pastikan mereka memncanya dan mempelajarinya setiap pagi atau malam.

Nah, untuk merealisasikan hal ini terjadi, sebagai orangtua kamu perlu menjadi contoh untuk anak-anak kamu.

Sebagai orangtua, kamu harus menunjukkan kepada mereka bahwa ibu dan ayah bangun pagi-pagi bersama untuk membaca Alkitab dan saat teduh bersama.

Sebelum tidur, menyisihkan waktu bersama untuk membaca Alkitab juga.

Saat anak melihat hal itu, mereka melihat bahwa kamu adalah contoh yang baik.

Mereka tidak memiliki alasan untuk menolak ketika melihat kehidupan kamu dan pasangan, layak menjadi contoh.

So, silahkan membaca Alkitab bersama-sama ya!

3. Beritahu anak-anak kamu motif yang menarik


Biasanya saya selalu bangun jam 6:30 setiap pagi. Bangun tidur, saya langsung beranjak mandi dan make up.

Tapi setelah saya diingatkan oleh Tuhan untuk menjaga kesehatan dan membangun hubungan dengan-Nya demi kelanjutan hidup saya bersama Dia. Saya pun memutuskan untuk bangun jam 05:30 untuk olahraga lalu membaca Alkitab.

Nah, jika kamu mau anak-anak kamu membaca Alkitab, kamu perlu memberikan mereka motif alias alasan yang besar dan jelas.

Beritahu alasan dan tujuan mengapa harus membaca Alkitab setiap hari. Karena membaca Alkitab secara teratur adalah cara utama untuk kita semakin dekat dengan-Nya juga.

Kita suci bukan hanya kata-kata bijak yang memotivasi kita , tetapi kata-kata dalam Alkitab mengandung kehidupan kekal yang membuat kita semakin bijaksana dan memperoleh keselamatan melalui iman kepada Kristus Yesus.

2 Timotius 3:15: "Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus."

Semoga dengan melakukan 3 hal diatas, anak kamu semakin takut akan Tuhan dan bertumbuh menjadi anak yang dekat denganNya melalui doa dan membaca Alkitab. AMIN.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami