Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
494


Kita mungkin mengira kalau kecanduan video games itu berlaku buat anak remaja dan anak-anak muda saja. Sayangnya, banyak pria yang sudah menikah dan berumur pun bisa kecanduan loh. Terus gimana kalau suamimu ternyata salah satunya?

Mendapati suami kecanduan video games pasti bikin istri pusing. Saking ketergantungannya, suami malah nggak lagi punya waktu buat keluarga. Dia lebih milih asyik sendiri sama games-nya dan lupa dengan tanggung jawabnya sebagai suami dan juga kepala keluarga.

Baru-baru ini, sebuah video viral menunjukkan tindakan seorang istri asal Tiongkok kepada suaminya yang pecandu video games. Ceritanya sang suami asyik bermain games dan tak menghiraukan ucapan sang istri. Mengaku kesal, sang istri pun menempelkan kertas lem lalat tepat di wajah suaminya itu. Hal itu membuatnya syok karena istrinya tega melakukan hal tersebut saat dirinya lagi asyik bermain games lewat ponselnya.

Baca Juga : Video Games dan Hancurnya Pernikahan

Wajar sih istri kesal melihat suaminya lebih mementingkan video games daripada keluarganya. Akibat kekesalan itu, istri terpaksa memberikan ancaman, argumen dan peringatan ke suami. Tapi tetap saja cara-cara ini sama sekali nggakbikin suami berhenti dari kebiasaannya. Yang iyanya, dia pasti akan kembali lagi melakukannya dan ancaman istri justru hanya semacam angin lalu yang nggak penting.

Kalau sudah begini, apa sih yang harus istri lakukan?

Satu-satunya cara terbaik untuk menyembuhkan suami dari kecanduannya adalah saat dia sadar dan memilih untuk berhenti sendiri dari kecanduan itu. Sama halnya seperti merokok, sekeras dan secerewet apapun seorang istri memperingati suaminya untuk berhenti tak akan pernah berhasil kalau hal itu nggak muncul dari dirinya sendiri.

Jadi berhentilah berdebat, meminta dengan kemarahan, atau berteriak. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk benar-benar menghentikan suamimu dari games adalah dengan 5 cara ini:

1. Waktu dia tak ada di rumah, bereskanlah semua permainannya. Kalau perlu taruh barang-barang itu di tempat yang terkunci. Tindakan ini memang terbilang sangat ekstrim dan sangat bisa dilakukan kalau memang suamimu adalah tipe yang tidak emosional atau suka bertindak kasar. Kalau dia bukan tipe demikian, kamu bisa lebih aman untuk melakukannya.

2. Bicarakan baik-baik soal perasaanmu. Diskusikan kalau kecanduannya bermain games sangat berdampak buruk bagimu dan juga keluarga. Tanyakan suamimu apakah dia merasakan hal yang sama? Kalau ya, itu saatnya untuk mendorongnya lepas dari video games dengan kemauannya sendiri.

Mungkin kalian bisa melakukannya dari hal-hal sederhana, seperti menetapkan waktu-waktu yang bisa digunakan suami untuk bermain games. Sepakati bahwa di luar dari jadwal itu, dia tak diijinkan untuk bermain video games.

3. Curhatlah kepada keluarga soal kondisi pasanganmu. Dengan mengetahui kendala yang kamu hadapi, keluarga bisa membantumu untuk menghadapinya atau memperingatkan suamimu.

4. Ajak pasangan untuk memeriksakan diri dengan pengobatan atau terapi. Kamu bisa mengambil langkah ini kalau ternyata suamimu tak bisa lepas dari kebiasaannya. Lakukan hal ini bukan dengan paksaan tapi ajaklah dia berbicara lebih dulu dan ajukan keinginanmu, entah dia lebih memilih pengobatan medis atau terapi tertentu saja atau bahkan konseling bila perlu.

5. Ajak dia dalam kegiatan-kegiatan luar ruangan yang lebih menarik. Kamu bisa menarik minat suamimu dengan menawarkannya kegiatan yang lebih menarik di luar. Misalnya, bermain boom-boom car, pergi ke wahana air, atau menjelajah alam.

Sudah tahukan alasan kenapa tindakanmu untuk menghentikan kecanduan suami selalu gagal? Nah, kalau masih belum melakukan lima cara di atas, mendingan langsung lakuin dari sekarang ya. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer

Prisca Walukouw 16 June 2018 - 18:26:37

pembuangan

0 Answer

Prisca Walukouw 16 June 2018 - 18:26:13

Pembuangan di babel

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7438

advertise with us