Ketika Penyakitmu Harus Dioperasi, Jangan Lupa Tanyakan 4 Hal Ini Sebelum Melanjutkannya.
Sumber: https://image.freepik.com/free-photo/sur

Health / 12 March 2018

Kalangan Sendiri

Ketika Penyakitmu Harus Dioperasi, Jangan Lupa Tanyakan 4 Hal Ini Sebelum Melanjutkannya.

Naomii Simbolon Official Writer
2861

Tanggal sudah ditentukan, surat cuti dari kantor sudah di tangan dan sekarang kamu sedang cemas menunggu hari besar tersebut tiba.

Yap! Waktu untuk operasi, kesiapan adalah penangkal terbaik untuk mengatasi panik, namun sebagian besar kamu harus bertanya beberapa pertanyaan medis kepada dokter kamu jauh sebelum kamu melakukan operasi.

Bingung mau bertanya apa pada dokter kamu? Dibawah ini ada beberapa pertanyaan yang wajib kamu tanyakan kepada dokter kamu sebelum melakukan operasi besar tersebut. Percayalah, semua akan baik-baik saja!

1. Dok, operasinya akan makan waktu berapa lama ya? Berkas apa saja harus saya urus dan butuh waktu berapa lama untuk mengurusnya?


Ada banyak orang dimana waktunya habis bolak- balik untuk mengurus berkas karena tidak pernah bertanya prosedurnya kepada dokter atau siapa yang bertugas.

Nggak ada salahnya kamu dan keluarga kamu memastikan berkas apa yang harus dibutuhkan dalam operasi kamu hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk operasi.

Jangan sampai kamu atau keluarga kamu menghabiskan banyak waktu dari yang seharusnya. Yang tadinya bisa urus berkas sambil menunggu operasi. Tetapi malah menunggu operasi baru urus operasi.

Tanyakan secara pasti berapa lama proses operasi kamu, supaya keluargamu tidak menunggu terlalu lama.

2. Cari tahu siapa yang memegang pisau bedah kamu dan seberapa  dokter bedah tersebut melakukan operasi?


Dikutip dari Dailyworth, Kristen Demshock seorang RN di Horsham.pa merekomendasikan agar dokter yang membedah kamu adalah dokter kamu sendiri. Bila dia harus menunjuk rekannya atau orang lain, kamu bisa mempertanyakan ini dengan jelas. Mengapa?

Jika memang ada alasan tertentu, kamu wajib mencari tahu seberapa sering dokter ini membedah orang, seberapa ahli dia dalam membedah. Ada perbedaan besar antara ahli bedah yang melakukan 100 operasi tahun lalu dengan orang yang melakukan 100 operasi pada 20 tahun lalu.

So, nggak ada salahnya kamu mencari tahu hal ini! Semua akan baik-baik saja. Percayalah.

3. Tanyakan biaya operasi hingga biaya perawatan kamu dengan detail.


Jangan pernah gantung menayakan hal ini. Sebelm masuk ke prosedur kamu, jelaskan biaya operasi kamu, termasuk biaya perawatan di hari-hari berikutnya. Tanya, apakah ansuransi kamu cukup menutupi biaya operasi kamu atau kamu perlu mengeluarkanuang saku sendiri. Pastikan kamu menanyakan tentang operasi itu sendiri, misalnya untuk ruang operasi, biaya ahli bedah, dan ahli anestesi; biaya penginapan rumah sakit, terapi tingkat lanjut, obat/ suplemen dan peralatan seperti kursi roda, alat bantu jalan atau tempat tidur rumah sakit.

Tanyakan secara jelas dan juga detail.

Jangan lupa untuk mempertimbagkan biaya kecil yang bisa dengan cepat bertambah di rumah sakit, seperti wifi, dan makanan, snack ringan, atau bahkan tempat parkir.

Nah, dengan mengetahui baiya-biaya tersebut. Kamu siap menyediakan biaya-biaya yang kamu butuhkan tanpa harus panik kedepan.

4. Dok, resiko yang akan terjadi dalam operasi ini bahkan selesai operasi apa ya?


Yap! Kemungkinan besar, dokter akan beritahu resiko yang akan terjadi, dan dia akan menjelaskan kepada kamu, dan nggak ada kata terlambat untuk mengajukan pertanyaan ini.

Sebenarnya semua resiko tergantung pada jenis operasi apa yang sedang kamu jalani, jadi kamu bisa bertanya kepada dokter kemungkinan bertahan hidup, komplikasi dan gimana reaksi tubuh kamu setelah melakukan prosedur ini.

Itulah 4 pertanyaan yang bisa kamu tanyakan kepada dokter sebelum kamu melakukan operasi.

Saya percaya bahwa penyakit apapun, Tuhan bisa menyembuhkan. Nggak ada yang mustahil baginya. Jangan pernah merasa terintimidasi dengan penyakitmu. Ketika kamu membaca artikel ini, tanamkanlah sebuah iman dalam hatimu bahwa “kamu pasti sembuh.”

Jika kamu rindu ingin didoakan oleh kami, mari hubungi kami di SAHABAT24 : Telepon (1-500-224; 0811 9914 240); SMS (0817 0300 5566)

Kami siap melayanimu dengan sukacita!

Sumber : hellogiggles/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami