Kurangi Jatah Makan Bisa Bikin Dompet Gendut, Mau Tau Bagaimana? Inilah 3 Caranya
Sumber: India TV

Finance / 12 March 2018

Kalangan Sendiri

Kurangi Jatah Makan Bisa Bikin Dompet Gendut, Mau Tau Bagaimana? Inilah 3 Caranya

Inta Official Writer
2074

Judul di atas pasti bikin kita bertanya-tanya, memang apa salahnya menghabiskan uang untuk makanan? Padahal uang yang kita dapatkan itu memang dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Toh makanan memang kebutuhan wajib yang harus terpenuhi disamping sandang dan papan.

Perlu kita ketahui kalau salah satu pos pengeluaran yang besar adalah makanan. Sebenarnya, hal ini tidak berarti kita harus berpuasa agar dompet jadi gendut. Tetapi, kita perlu lebih bijak lagi dalam mengalokasikan dana harian yang dikeluarkan untuk makanan.

Dibawah ini merupakan 3 cara bagaimana kita mengeluarkan uang untuk makanan secara efisien.

1. Bayar dengan uang tunai


Menghindari debit atau kartu kredit adalah salah satu cara termudah untuk mengurangi pengeluaran makanan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang menggunakan uang tunai menghabiskan sekitar 12-18 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang menggunakan debit atau kartu kredit.

Lagi pula, belanja menggunakan uang tunai juga membuat kita lebih berpikir dua kali saat membeli. Jadi, tidak perlu mengkhawatirkan pembelanjaan secara impulsif, bukan? Alasannya adalah ketika mengeluarkan uang tunai, kita merasakan kalau ada yang berkurang dalam dompet. Bedakan kalau membayar menggunakan debit atau kartu kredit yang tidak terlihat atau terasa pada saat itu juga ketika berkurang.

2. Stop belanja banyak stok di supermarket


Pernah nggak sih ketika kita belanja terlalu banyak, kita mendapati ada beberapa makanan yang basi atau sudah tidak layak makan? Terutama jika makanan tersebut adalah buah-buahan atau sayuran. Solusinya adalah membeli makanan yang memang sudah pasti termakan.

Membuat perencanaan makanan dalam seminggu juga sangat membantu agar kita lebih efisien dalam menghabiskan uang untuk makanan. Pelajari juga cara menyimpan makanan dengan baik, susun makanan yang ada di dalam kulkas berdasarkan tanggal expired untuk menghindari makanan yang mudah basi.

Baca juga: 4 Kebiasaan Belanja di Minimarket Ini Bisa Menyelamatkan Dompet dari Kekeringan, Lho

3. Pilihan makan di luar adalah opsi terakhir


Pilihan ini agak sulit untuk anak kos, terutama jika rumah kos yang kita tempati tidak menyediakan dapur untuk memasak. Meski demikian, cobalah rencanakan pengeluaran harian untuk makanan dan coba untuk mengikutinya.

Memasak di rumah merupakan langkah paling efisien untuk menghemat. Sesekali, boleh kok kita keluar untuk makan bersama teman-teman. Karenanya, alokasikan sedikit pendapatan untuk makan di luar.

Baca juga: 7 Rahasia Ini Untuk Seimbangkan Kantor dan Rumah, Nomor 2 dan 5 Super Efisien!

Perencanaan dilakukan agar kita sadar berapa uang maksimal yang bisa kita habiskan. Kita pasti tahu, ketika sudah bersama teman-teman, potensi untuk menghabiskan banyak uang untuk makanan akan sulit untuk dihindari.

Mengurangi jatah belanja makanan tidak berarti kita harus mengurangi porsi makanan, kok. Yang terpenting, kita tahu bagaimana cara mengaturnya dengan baik. Jangan sampai kita bisa menikmati makan enak di awal bulan, namun terpaksa makan lauk seadanya di akhir bulan.

 

 

Sumber : huffington/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami