Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
576


Membangun sebuah rumah tangga yang harmonis, bisa berbagi keluh kesah adalah harapan pasangan yang baru saja menikah. Sekarang, kalau ada masalah bisa dibagikan berdua. Kenyataannya, menyatukan dua kepala menjadi satu itu bukan perkara mudah.

Pacaran 10 tahun pun tidak akan menjamin kita bisa mengenal pasangan dengan baik. Kalau kata orang tua, menikah itu ibarat membeli kucing di dalam karung. Kita tidak tahu baik buruknya kucing tersebut sampai kita membuka karungnya sendiri.

Karena itu, nggak jarang pertengkaran mengenai hal-hal yang ada di bawah ini banyak terjadi pada pasangan yang menikah pada tahun-tahun pertama.

1.  Cucian kotor

Saat menikah, sebagian dari kita akan menempati rumah yang baru untuk ditinggali bersama. Ada banyak penyesuaian yang harus kita hadapi di dalam rumah. Misalnya saja kebiasaan pasangan yang jarang mematikan lampu kamar mandi, menaruh handuk basah sembarangan, atau baju kotor yang sering lupa tercuci karena terlalu lama di gantung.

Solusinya? Sudah jelas, komunikasi. Kalau kita tidak menjelaskan kalau perbuatannya itu membuat kita jengkel, ia tidak akan tahu kalau ia telah melakukan kesalahan. Ketika kita meluapkan kekesalan ini, pastikan keadaan sedang sedikit santai, tidak pada keadaan kelelahan yang berpotensi membuat kita emosi.

2.  Kondisi dompet

Keputusan menikah akan menggabungkan aset kita dan pasangan. Bahkan, jika kita memutuskan untuk menyimpan uang secara terpisah, tetap saja harus ada penyesuaian kondisi dompet yang jelas berbeda pada masa pacaran dulu. Lagi, komunikasi dapat memperbaiki segalanya.

Sisihkanlah sedikit waktu untuk membahas masalah-masalah keuangan. Hal ini termasuk masalah keuangan yang kita hadapi saat sebelum menikah dahulu. Jelaskan mengenai tanggungan yang dimiliki oleh masing-masing agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.  

3. Masalah dengan mertua dan ipar

Memang sih, keluarga mengenal pasangan jauh lebih lama dibandingkan dengan kita. Terkadang hal ini membuat mereka berpikir kalau mereka tahu apa yang terbaik bagi kita dan pasangan. Akan ada banyak pendapat yang mungkin tidak sesuai dengan kepribadian kita. Dalam Alkitab, "Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging” (Kejadian 2:24).

4.  Kebersamaan

Sebelum menikah, mikirnya sih akan ada banyak waktu yang akan dihabiskan bersama. Dalam hal ini, kita berpikir waktu bersama saat menonton, tidur ada yang menemani, ada orang yang bisa diandalkan. Kenyataannya, sebagai keluarga baru, ada banyak kebutuhan yang harus tercukupi. Nggak jarang pasangan rela mengambil waktu lembur dan pulang hingga larut malam.

Saat disibukkan dengan pekerjaan, ingatlah kalau salah tujuan kita bekerja adalah untuk mencukupkan kebutuhan istri dan anak-anak. Dengan begitu, sesibuk apa pun pekerjaan, kita akan meluangkan sedikit waktu untuk dihabiskan bersama.

Tidak ada pernikahan yang sempurna. Setiap pribadi pasti memiliki kelemahannya masing-masing. Kejadian 2:24 menjelaskan mengenai kesatuan. Ketika Hawa diciptakan, ia tidak dikatakan untuk menjadi Adam versi perempuan. Jadi, kesatuan dalam pernikahan bukan tentang dua pribadi yang punya satu kepribadian. Namun untuk bisa selaras dengan tujuan dan nilai-nilai bersama-sama.

Sumber : purewow, jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us