Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
591


Kartu kredit memang sangat menggiurkan. Sebuah kartu kredit mampu menyelamatkan kehidupan kamu. Nggak perlu bawa uang, kamu sudah bisa membeli sesuatu, apa saja pas kamu membutuhkannya. Jika kamu sedang sakit dan butuh dibawah kerumah sakit tiba-tiba pun, kartu kredit tetap bisa menyelamatkan nyawa kamu. Tapi hutang yang terkumpul sebagai hasil pembelianmu tersebut harus dibayar dalam jangka waktu yang ditentukan

Karena kartu kredit sangat mudah digunakan, kartu kredit kelihatannya nggak begitu berbahaya, malah kelihatannya sangat membantu. Ada banyak orang yang menggunakan kartu kredit, sesekali pergi untuk rekreasi atau belanja di hari besar dan mengatur pembayaran hutangnya dalam setahun sebelum tahun berikutnya bergulir.

Dan kebanyakan orang yang menggunakan kartu kredit memiliki keuangan yang sangat buruk.

Banyak orang yang nggak mampu berhenti menggunakan kartu kredit apalagi ketika pembayaran mereka sangat kacau dan berantakan, disanalah hutang semakin lama semakin bertumpuk

Kartu kredit diciptakan untuk kemudahan. Kartu kredit memiliki pembayaran minimum yang sangat rendah dan bunganya cukup tinggi. Akibatnya kartu kredit dengan pembayaran 50 juta bisa memerlukan beberapa tahun untuk melunasinya.

Akibat kemudahan kartu kredit, banyak orang yang penuh dengan masalah keuangan.

Kebanyakan kartu kredit memiliki suku bunga yang relatif tinggi. Jika kartu kamu memiliki waktu pembayaran yang cukup  panjang, kemungkinan besar kamu harus membayar bunga kartu kredit minimal 3% perbulan atau 36% pertahun, itupun jika pembayaran sebelumnya lancar.

Bandingkan dengan KPR rumah atau mobil yang bunganya hanya sekitar 6- 13% per tahun saja.

Suku bunga kartu kredit nggak sama seperti suku bunga pinjaman rumah yang bisa mengurangi pajak.Inilah yang bikin mahal.

Kalau kamu mengendalikan keuangan dengan menghentikan pengeluaran karena ingin membayar hutang kartu kredit, maka kebutuhan kamu akan terancam.

Jika kamu ingin membayar kartu kredit kamu dengan cepat lunas, maka kamu membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk itu.

Ribet banget kan?

Tapi jika kamu bisa mengontrol keuangan kamu tanpa harus memiliki kartu kredit, kamu bisa memanfaatkan duit sisa dengan baik atau ditabung. Tapi karena kartu kredit, kamu tak akan bisa menabung karena ada cicilan yang harus dibayar lunas.

Contohnya, jika batas kartu kredit kamu 10 juta tapi kamu memakai hampir seluruhnya tanpa melunasinya tiap bulan, maka kamu akan membayar sekitar kalau bunganya 3% per bulan maka 300 ribu rupiah tiap bulan untuk bunganya saja lho, dan pertahun jadi 3.6 juta.

Itu artinya kamu sudah menyia-nyiakan uang dalam jumlah besar hanya untuk bunganya saja. Bagaimana dengan cicilannya?

Kalau kamu nggak punya kartu kredit, uang segitu bisa digunakan untuk rekreasi keluarga bukan?

Jika kamu ingin membayarnya dengan lunas, bersiaplah untuk mengontrol keuangan kamu dan hidup dengan sangat sederhana, menahan selera belanja dan hangout dengan teman.

Tapi jika kamu nggak bisa kontrol diri kamu dengan kartu kredit dan ingin menikmatinya, maka kamu akan terus mengajukan permohonan kartu yang baru dan meminta untuk meningkatkan jumlah limit kartu kredit kamu. Dengan demikian, akan semakin banyak uang yang dipakai, dan tentu banyak tagihan yang harus di bayarkan tiap bulan.

Kartu kredit adalah sarana yang sangat menakjubkan yang memudahkan orang untuk belanja namun harus digunakan dengan bijak.

Alkitab mengajar kita memberi pinjaman bukan menerima pinjaman.

"Janganlah kamu berutang apa-apa kepada siapa pun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat" (Roma 13:8).

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7229

Superyouth