Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
952


Lipstik adalah salah satu komponen make up wanita yang paling penting. Dengan membalut bibir dengan warna lipstik yang sesuai, seorang wanita akan tampil lebih bersinar.

Tapi tahukah kamu, lipstik bisa berdampak buruk buat kesehatan loh. Apalagi dengan kebiasaan sebagian wanita yang suka memakai lipstik sepanjang hari dan bahkan tak membersihkannya ketika hendak tidur.

Baca Juga : Cara Alami Cegah Bibir Kering

Faktanya, ada beragama produk lipstik yang berisi kandungan timbal yang sangat berbahaya dan menyebabkan kerusakan fatal bagi kesehatan. Seperti, menyebabkan alergi, iritasi, bengkak di sekitar kulit bibir. Biasanya hal ini terjadi karena lipstik yang dipakai mengandung bahan kimia dan logam yang sangat berbahaya.

Berikut 6 bahaya lipstick yang perlu kamu tahu:

1. Kandungan logam berat (merkuri) yang digunakan di dalam lipstik bisa menyebabkan gagal ginjal

Lipstik yang mengandung logam berat seperti kadmium, magnesium, dan kromium umumnya bisa menyebabka penyakit berbahaya dan kerusakan pada organ tubuh tertentu. Jumlah kadmium yang tinggi bisa meningkatkan risiko gagal ginjal dan bisa juga mengakibatkan tumor perut yang kronis.

2. Kandungan timah dalam lipstik bisa menyebabkan kerusakan pada sistem saraf

Timah adalah campuran yang banyak digunakan di dalam lipstik. Pasalnya, timah dengan kandungan neurotoksin, kalau masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kerusakan otak, ketidakseimbangan hormon dan tidaksuburan (impotensi).

3. Bahan petrokimia di dalam lipstik bisa menghambat pertumbuhan

Banyak sekali produk lipstik yang menggunakan bahan petrokimia atau bahan kimia yang diperoleh dari bahan bakar fosil, seperti metana, propane, butane, minyak tanah dan sebagainya. Lipstik dengan kandungan ini sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti menghambat pertumbuhan, perkembangan, reproduksi dan kecerdasan.


4. Pengawet yang digunakan dalam lipstik bisa menyebabkan kanker

Ada banyak produk lipstik yang menggunakan bahan pengawet berupa formaldehida dan paraben yang dikenal sebagai karsinogen. Kandungan inilah yang biasanya menyebabkan iritasi mata, batuk, nyeri dan iritasi kulit. Sementara minyak mineral yang terkandung dalam lipstik bisa menghambat kulit dan menyebabkan efek berbahaya lainnya.

5. Bahan kimia dalam lipstik juga nggak kalah berbahayanya

Bahan kimia seperti karsinogenik yang ada dalam lipstik sama bahanya seperti formaldehid yang berfungsi sebagai pengawet. Sebagaimana kita tahu, bahan pengawet kimia apapun jelas-jelas tidak baik bagi kesehatan tubuh.

6. Lipstik meningkatkan toksin dalam tubuh

Penggunaan lipstik yang terlalu sering bisa membuat wanita keracunan. Hal ini terjadi karena lipstik wanita bisa saja tertelan baik saat makan atau ketika membasahi bibir. Kandungan seperti aluminium, kadmium, kromium dan magnesium di dalam lipstik lah yang jadi racun. Zat-zat bisa mencapai lebih dari 20% dari batas asupan harian toksin yang masuk ke dalam tubuh.

Menyadari efek bahaya lipstik ini, sangat diharapkan supaya wanita benar-benar lebih teliti dan waspada dalam memilih jenis lipstik tertentu. Jangan sampai lipstik yang dibeli mengandung zat-zat berbahaya di atas ya. 

Sumber : Newvision.co.ug/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer

Prisca Walukouw 16 June 2018 - 18:26:37

pembuangan

0 Answer

Prisca Walukouw 16 June 2018 - 18:26:13

Pembuangan di babel

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7438

advertise with us