Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1200


Setelah peristiwa penyerangan di Gereja St Lidwina, Sleman, kini tanah air dihebohkan dengan pengrusakan gereja Katolik di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) pada Kamis, 8 Maret 2018 kemarin sekitar pukul 00.30 WIB.

Adapun gereja yang dirusak adalah Gereja Katolik Stasi Santo Zakharia yang berlokasi di Dusun 3, Desa Mekar Sari, Kecamatan Rantau Alai, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel.

Sesaat setelah tahu soal peristiwa ini, pihak kepolisian dengan segera melakukan pengusutan.


Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara pun mengaku terpukul dengan kejadian ini. Dia mengaku bahwa tindakan tak bertanggung jawab seperti itu baru pertama kalinya terjadi di Sumsel. Apalagi mereka masih belum tahu pasti apa motif dari pelaku menyasar rumah ibadah sebagai target pengrusakan.

“Ini kejadian pertama kali di Sumsel, kami masih selidiki dahulu motifnya seperti apa,” ucap Irjen Pol Zulkarnain.

Sampai saat ini, pihaknya sudah mendapat perkembangan positif terkait pelaku. Ditemukan, pengrusakan gereja dilakukan oleh enam orang pria. Saat kejadian, mereka mendatangi gereja dengan mengendarai tiga unit sepeda motor.

Menurut pengakuan seorang saksi yang tak disebutkan namanya, dia mengenali wajah pelaku. “Ada saksi yang bilang dia kenal dengan pelaku perusakan. Kalau ketemu pun dia masih ingat wajahnya. Ada juga 2 rumah yang didatangi anjing pelacak saat kami kemarin olah TKP di lokasi,” ucapnya.

Akibat pengrusakan itu, gereja mengalami kerusakan cukup parah dibagian pintu dan kaca. Sedang dalam ruangan gereja kacau balau. Selain itu, kursi-kursi gereja juga sempat dibakar pelaku, namun berhasil dipadamkan warga setempat.


Belakangan ini kita banyak menyaksikan peristiwa penyerangan terkait rumah ibadah dan juga pemuka agama. Kejadian yang meresahkan ini memang sudah disikapi dengan cepat oleh pemerintah dan pihak kepolisian. Sampai saat ini, Menko Polhukam dan jajaran kepolisian berjanji untuk menindak tegas pelaku kriminalisasi rumah ibadah dan pemuka agama. Dan untuk kasus pengrusakan di Sumsel ini, kita juga berharap supaya pelaku segera ditangkap dan diadili sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7271

Banner Mitra September week 3