Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
471


Iya sih, tubuh memang membutuhkan kadar glukosa atau gula. Tetapi, mengonsumsi gula secara berlebih akan mengantarkan kita kepada beberapa penyakit. Misalnya diabetes atau obesitas. Tetapi hal ini tidak berarti kita harus menghentikan konsumsi makanan manis. Kita masih bisa mengonsumsi pemanis-pemanis alami lainnya selain gula. Dibawah ini adalah bahan yang bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti gula.

1.  Sirup maple

Biasanya, sirup ini akan kita temukan ada topping pancake. Dibuat dengan cara merebus getah pohon maple, sirup ini mengandung beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan dalam jumlah yang cukup kecil. Misalnya, satu sendok makan sirup maple hanya akan menyediakan sekitar 1% kebutuhan harian untuk kalsium, potasium dan zat besi.

2.  Madu

Selama bertahun-tahun, madu dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Sebut saja saat terserang penyakit flu, mencampurkan madu dengan lemon akan menjadi sebuah pilihan tepat untuk mengembalikan tubuh kembali fit.

Manfaat yang dimiliki oleh madu adalah sebagai antioksidan, senyawa anti bakteridan anti inflamasi.Tetapi, semua manfaat tersebut hanya bisa didapat dalam jumlah yang cukup. Karena satu sendok teh madu masih mengandung sekitar 20 kalori dan 5 gram gula pasir.

3. Gula aren

Gula aren mengandung 16 kalori pada setiap satu sendok tehnya. Walaupun kandungan karbohidrat dan kalori gula aren mirip seperti gula pasir, namun tingkat sukrosa gula aren hanya sekitar 70-79 persen lebih rendah dibanding gula putih yang mencapai 99-100 persen.

4. Sirup jagung

Biasanya, kita akan menemukan sirup jagung tinggi fruktosa sebagai pemanis buatan pada olahan makanan atau minuman. Sirup ini mengandung banyak glukosa. Meskipun demikian, glukosa tersebut akan diubah dengan bantuan enzim sehingga berbentuk fruktosa. Meskipun demikian, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sirup jagung ini dalam jumlah yang banyak.

5. Agave nektar

Sirup ini dihasilkan dari tanaman yang sama dengan tequila, kemudian melalui serangaian proses agar karbohidrat bisa dipecah menjadi gula. Jumlah kalori yang dimiliki oleh agave nektar hampir sama dengan madu, namun ia tidak memiliki kandungan antioksidan.

Meskipun alami, ada baiknya kita untuk membatasi konsumsi pemanis diatas. Siapa sih yang tidak menyukai makanan manis? Tetapi dengan pertimbangan penyakit yang bisa timbul dari kelebihan gula yang disebutkan di atas, kita bisa mengganti dengan mengonsumsi buah-buahan yang manis. Misalnya manga, melon, atau pisang.

Hindari untuk membeli jus buah di pasaran, karena biasanya mereka akan mencampur jus dengan air gula. Selain menjaga untuk mengurangi makanan yang manis, kita juga harus menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur, serta olahraga yang seimbang dan teratur.

 

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us