Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
614


Pas saya merasa stress di tempat kerja, saya merasa sangat bad mood sehingga mudah tersinggung. Tugas yang tadinya mudah jadi sangat sulit. Saya mulai gelisah, dan nggak tenang. Nggak selera makan dan selalu telat makan siang. Alhasil lambung saya bermasalah karena itu.

Pernah dengar seseorang mengalami stres sampai jatuh sakit. Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat telepon dari saudara saya dari Medan, tante saya sudah beberapa hari nginap di rumah sakit karena stres. Dia menghidap penyakit Vertigo dan mengalami penyempitan pada bagian otaknya. Malang sekali!

Saya berharap kita nggak sampai mengalami hal demikian dan sebisa mungkin jauhi stres dari sekarang apalagi jika itu terjadi di tempat pekerjaan dengan segudang tanggung jawab berat.

Nah, berikut ada beberapa tips untuk membantu kamu mengurangi stres di tempat kerja :

1. Saatnya memandang gambaran besar pekerjaanmu


Yap! Kadang-kadang ada baiknya kamu meninggalkan pekerjaan kamu, mundur dari apa yang sedang kamu kerjakan dan melihat gambaran besar apa yang kamu kerjakan. Karena sangat mudah terjebak pada sesuatu yang kecil yang kita kerjakan sehingga kamu kehilangan fokus dari gambaran besarnya, seperti lingkup pekerjaan atau tujuan jangka panjang kamu.

Mengambil langkah mundur akan membantu kamu mendapatkan perspektif dan memungkinkan kamu untuk kembali fokus pada apa yang penting, mengurangi stres dan kecemasan kamu.

2. Temukan makna atau tujuan kamu bekerja


Apakah kamu mengingat bahwa dirimu adalah anak muda yang luarbiasa yang memasuki tempat kerja dengan tujuan, mimpi dan keinginan untuk membuat sebuah perbedaan?

Saatnya untuk kembali kepada tujuan itu lagi.

Entah kamu sudah kehilangan pandangan tentang semangat kamu atau kamu terjebak dalam siklus pekerjaan yang buntu, namun yang pasti bangkitlah dan fokuslah kepada tujuan awal karir kamu. Ini akan membantu kamu memerangi stres.

Mungkin kamu sudah melampaui  kekuatan dan posisi kamu, sehingga kamu butuh pekerjaan baru. Apapun itu, yang pasti kamu harus menemukan makna dalam kehidupan kerja kamu karena hal itu akan membantu kamu mengurangi stress suatu saat.

3. Periksa beban pekerjaan kamu


Perhatikan baik-baik beban kerja kamu. kemudian tanyakan pada diri kamu sendiri: apakah yang kamu kerjakan terlalu banyak dan berat? Jika demikian, mungkin ini waktunya untuk kamu berdiskusi dengan atasan kamu supaya tugas kamu dikurangi dan mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain sehingga kamu bisa melakukan pekerjaan dengan baik di tempat kerja kamu.

Mengurangi beban kerja dapat mengurangi stres lho, sehingga kinerja kamu semakin meningkat dan atasan kamu lebih bahagia.

4. Istirahat

Apakah kamu adalah orang yang overachiever dimana kamu berpikir bahwa untuk meningkatkan kinerja, kamu perlu bekerja  dengan makan siang, jarang istrahat dan melewatkan hari liburan weekend ?

Jika kamu berpikir itu membuatmu lebih produktif, maka kamu salah!

Otak juga butuh waktu untuk istrahat. Otak diciptakan nggak hanya untuk meningkatkan performa kerja, jadi biarkanlah dia istrahat supaya kamu nggak stres mulu. Dengan meninggalkan pekerjaan sebentar dan istirahat sepanjang hari terutama saat kamu merasa terbebani akan mengurangi stres kamu.

Nggak hanya istrahat dan tidur di rumah saja ya, tapi juga termasuk dengan istrahat HP, telepon dan media sosial.

5. Tidur yang cukup


Jam tidur yang berantakan nggak hanya bikin kamu rewel di tempat kerja, tetapi juga mengurangi kinerja kamu dalam perusahaan dan bikin kamu semakin stres.

Tidurlah 7-8 jam sehari, atau jadwalkan untuk tidur siang selama 10 menit di tempat kerja.

Jika masih ada kesempatan untuk istirahat kenapa nggak? Jangan menunggu stres mengakibatkan penyakit pada tubuhmu baru kamu menyesal.

Stres biasanya timbul karena kuatir. Kuatir kerjaan nggak selesai, kuatir kalau nggak ketemu jalan keluar dimarahi bos, dan lain sebagainya. Alkitab mencatat: “Siapakah diantara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?” (Matius 6:27).

Jadi jangan kuatir dan stress ya! Sebaiknya lakukan 4 hal diatas dan segeralah refreshing!

Sumber : dailyworth/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rony Asriwandi 25 May 2018 - 20:44:12

Salam..saya zarqani di panggil rizal...sy asli ber.. more..

2 Answer

inra rindi 24 May 2018 - 14:30:22

Kepercayaan

0 Answer

Helenabrookenangel 24 May 2018 - 05:46:17

Masalah di link komentar FB?by:M:IT$05*[email protected],,

1 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week 4


7429

advertise with us