Stres Ditempat Kerja Bisa Bikin Penyakit? Yuk, Atasi Dengan 5 Cara Ini.
Sumber: Pak101.com

Health / 5 March 2018

Kalangan Sendiri

Stres Ditempat Kerja Bisa Bikin Penyakit? Yuk, Atasi Dengan 5 Cara Ini.

Naomii Simbolon Official Writer
2238

Pas saya merasa stress di tempat kerja, saya merasa sangat bad mood sehingga mudah tersinggung. Tugas yang tadinya mudah jadi sangat sulit. Saya mulai gelisah, dan nggak tenang. Nggak selera makan dan selalu telat makan siang. Alhasil lambung saya bermasalah karena itu.

Pernah dengar seseorang mengalami stres sampai jatuh sakit. Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat telepon dari saudara saya dari Medan, tante saya sudah beberapa hari nginap di rumah sakit karena stres. Dia menghidap penyakit Vertigo dan mengalami penyempitan pada bagian otaknya. Malang sekali!

Saya berharap kita nggak sampai mengalami hal demikian dan sebisa mungkin jauhi stres dari sekarang apalagi jika itu terjadi di tempat pekerjaan dengan segudang tanggung jawab berat.

Nah, berikut ada beberapa tips untuk membantu kamu mengurangi stres di tempat kerja :

1. Saatnya memandang gambaran besar pekerjaanmu


Yap! Kadang-kadang ada baiknya kamu meninggalkan pekerjaan kamu, mundur dari apa yang sedang kamu kerjakan dan melihat gambaran besar apa yang kamu kerjakan. Karena sangat mudah terjebak pada sesuatu yang kecil yang kita kerjakan sehingga kamu kehilangan fokus dari gambaran besarnya, seperti lingkup pekerjaan atau tujuan jangka panjang kamu.

Mengambil langkah mundur akan membantu kamu mendapatkan perspektif dan memungkinkan kamu untuk kembali fokus pada apa yang penting, mengurangi stres dan kecemasan kamu.

2. Temukan makna atau tujuan kamu bekerja


Apakah kamu mengingat bahwa dirimu adalah anak muda yang luarbiasa yang memasuki tempat kerja dengan tujuan, mimpi dan keinginan untuk membuat sebuah perbedaan?

Saatnya untuk kembali kepada tujuan itu lagi.

Entah kamu sudah kehilangan pandangan tentang semangat kamu atau kamu terjebak dalam siklus pekerjaan yang buntu, namun yang pasti bangkitlah dan fokuslah kepada tujuan awal karir kamu. Ini akan membantu kamu memerangi stres.

Mungkin kamu sudah melampaui  kekuatan dan posisi kamu, sehingga kamu butuh pekerjaan baru. Apapun itu, yang pasti kamu harus menemukan makna dalam kehidupan kerja kamu karena hal itu akan membantu kamu mengurangi stress suatu saat.

3. Periksa beban pekerjaan kamu


Perhatikan baik-baik beban kerja kamu. kemudian tanyakan pada diri kamu sendiri: apakah yang kamu kerjakan terlalu banyak dan berat? Jika demikian, mungkin ini waktunya untuk kamu berdiskusi dengan atasan kamu supaya tugas kamu dikurangi dan mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain sehingga kamu bisa melakukan pekerjaan dengan baik di tempat kerja kamu.

Mengurangi beban kerja dapat mengurangi stres lho, sehingga kinerja kamu semakin meningkat dan atasan kamu lebih bahagia.

4. Istirahat

Apakah kamu adalah orang yang overachiever dimana kamu berpikir bahwa untuk meningkatkan kinerja, kamu perlu bekerja  dengan makan siang, jarang istrahat dan melewatkan hari liburan weekend ?

Jika kamu berpikir itu membuatmu lebih produktif, maka kamu salah!

Otak juga butuh waktu untuk istrahat. Otak diciptakan nggak hanya untuk meningkatkan performa kerja, jadi biarkanlah dia istrahat supaya kamu nggak stres mulu. Dengan meninggalkan pekerjaan sebentar dan istirahat sepanjang hari terutama saat kamu merasa terbebani akan mengurangi stres kamu.

Nggak hanya istrahat dan tidur di rumah saja ya, tapi juga termasuk dengan istrahat HP, telepon dan media sosial.

5. Tidur yang cukup


Jam tidur yang berantakan nggak hanya bikin kamu rewel di tempat kerja, tetapi juga mengurangi kinerja kamu dalam perusahaan dan bikin kamu semakin stres.

Tidurlah 7-8 jam sehari, atau jadwalkan untuk tidur siang selama 10 menit di tempat kerja.

Jika masih ada kesempatan untuk istirahat kenapa nggak? Jangan menunggu stres mengakibatkan penyakit pada tubuhmu baru kamu menyesal.

Stres biasanya timbul karena kuatir. Kuatir kerjaan nggak selesai, kuatir kalau nggak ketemu jalan keluar dimarahi bos, dan lain sebagainya. Alkitab mencatat: “Siapakah diantara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?” (Matius 6:27).

Jadi jangan kuatir dan stress ya! Sebaiknya lakukan 4 hal diatas dan segeralah refreshing!

Sumber : dailyworth/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami