Tuhan Mau Kita Memeliharanya, Bukan Memusnahkannya. Apakah Itu?
Sumber: Google

Kata Alkitab / 2 March 2018

Kalangan Sendiri

Tuhan Mau Kita Memeliharanya, Bukan Memusnahkannya. Apakah Itu?

Inta Official Writer
2198

Sungguh luar biasa bagaimana Tuhan menciptakan dunia ini. Ia menyediakan bumi dengan segala isinya tanpa kekurangan suatu apa pun. Salah satu ciptaanNya yang sangat berguna bagi kehidupan manusia adalah tumbuhan. tanpa tumbuhan, tidak mungkin ada kehidupan di bumi ini. Tidak hanya menyediakan bahan makanan, tumbuhan juga mengeluarkan oksigen ke udara untuk di hirup manusia sehingga kita bisa bernapas.

Selain oksigen, tumbuhan juga memberikan bahan baku untuk pakaian, parfum, kertas, karet dan lain sebagainya. Bahkan, di dalam pasta gigi atau esktrim yang kita konsumsi juga terkandung ekstrak tumbuhan laut.

Saat ini juga ada banyak obat yang berasal dari senyawa yang ada di tumbuhan. Fosil tumbuhan juga memasok daya di dalam batu bara. Sejak berabad-abad lalu hingga sekarang, manusia banyak bergantung pada ciptaan Tuhan yang satu ini. Bahan pokok seperti makanan, tempat tinggal hingga pakaian kita dapat dari tumbuhan.

Tumbuhan memang disediakan oleh Tuhan untuk kita pakai. Pada awalnya manusia menjaga dan merawat tumbuhan dengan baik dan benar. manusia menggunakan tumbuhan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Akan tetapi, semuanya mulai berubah saat manusia jatuh ke dalam dosa.

Terutama di sekarang ini, karena sikap serakah yang dimiliki oleh manusia, tanpa sadar kita justru merusak ciptaan Tuhan yang telah disediakan untuk kita tersebut. Tidak sedikit orang yang tega menggunduli hutan-hutan hingga menyebabkan erosi hanya untuk kepentingan pribadi.

Baca juga: Mood Naik Turun Karena Hectic Sepagian? Awali Pagi Yang Baik Dengan Cara Kristus Ini, Yuk

Pepohonan yang dulu melimpah, kini sudah jarang terlihat dan digantikan oleh gedung-gedung pencakar langit. Banjir ada di mana-mana. Di luar sana, masih ada penebang kayu yang tidak bertanggung jawab untuk menumbuhkan kembali pohon yang telah ditebangnya.

Pada penciptaan, mula-mula Tuhan berfirman “Penuhilah bumi dan taklukanlah itu.. Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi…” Hal ini jelas bukan berarti kita bisa memperlakukan alam dengan semena-mena.

Sebagai orang percaya, sudah sepantasnya kita menjaga lingkungan yang ada disekitar kita. Termasuk tumbuhan yang telah disediakan oleh Tuhan. Mulailah dengan tidak membuang sampah sembarangan atau memilih menggunakan produk yang bisa dengan mudah di daur ulang.

Memang awalnya kita tidak bisa melihat adanya perubahan yang besar saat melakukan hal tersebut, namun jika hal ini kita lakukan, maka aka nada orang banyak yang mencontoh kita. Bukankah Tuhan bilang kalau perkara yang besar itu dimulai dari perkara-perkara yang kecil?

Tuhan telah menyediakan semua yang kita perlukan. Satu hal yang Tuhan mau adalah agar kita menjaga ciptaanNya tersebut. Ingat, kalau akan ada anak cucu kita yang hidup di bumi ini. Jadi, mari kita hargai lingkungan sekitar dengan tindakan kecil. 

Sumber : jawaban.com/berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami