Membentuk Karakter Remaja Era Digital

Our Impact / 2 March 2018

Kalangan Sendiri

Membentuk Karakter Remaja Era Digital

Lusiana Official Writer
5195

Di Era Digital sekarang ini, Anda bisa melihat bahwa tren remaja masa kini sudah mengarah kepada ketergantungan oleh teknologi. Selalu saja ada hal yang dibagikan di media sosial agar semakin up-to-date, sehingga mereka seperti mempunyai dunia mereka sendiri ketika memegang gadget mereka. Hubungan sosial nyata, yang menjadi sumber pembentuk karakter diri pun harus menjadi korbannya. Temperamen, sulit diatur, lebih percaya diri, bahkan ada juga yang sampai hati membentak orang tua. Dampak negatif ini rupanya dirasakan juga oleh Ibu Susi.

“Saya single parents, sekarang saya kewalahan menghadapi anak saya yang mulai memasuki masa remaja. Anak saya jadi tidak bisa diatur dan emosinya meledak-ledak untuk hal-hal tertentu, tolong bantu saya untuk melewati fase ini, terima kasih.” Seperti itulah keluhan Ibu Susi kepada Sahabat 24.

Berikut tanggapan Sahabat 24, “Hai Ibu Susi, menghadapi anak remaja memang cukup rumit. Masa remaja adalah masa di mana anak mengalami transisi, mereka ingin bebas dan tidak suka diatur. Terlebih cara berpikir anak remaja sudah berbeda dengan anak kecil. Jika anak kecil hanya tahu sebatas hitam atau putih, benar atau salah, namun anak remaja sudah mulai berpikir secara abstrak. Tetapi tidak semua negatif, justru dalam masa remaja ini seorang anak cocok untuk diajak diskusi. Mereka dapat mengembangkan nilai-nilai positif. Sebisa mungkin cobalah Ibu ajak anak Ibu berdiskusi santai, dan hindari mendikte langsung anak. Saat santai, biasanya anak remaja bisa diajak diskusi. Ibu juga bisa mengutarakan maksud Ibu, mengapa harus melarang sesuatu. Dalam periode ini yang Ibu butuhkan adalah kesabaran dan tetap ada untuk anak Ibu. Kami akan bantu Ibu di dalam doa supaya Ibu sanggup melewati masa sulit Ibu.”


Apa yang dialami Ibu Susi mungkin juga sedang Anda alami saat ini, dan untuk menghadapinya Anda memerlukan dukungan seorang sahabat, sama seperti Sahabat 24 yang membutuhkan dukungan Mitra CBN. Sudahkah Anda bergabung menjadi mitra CBN? Mari mendaftar sekarang melalui SMS ke 081.5965.5960 dengan format JC#Nama Lengkap#Email atau dengan mengisi formulir pada kolom di bawah artikel ini.

Halaman :
1

Ikuti Kami