Gereja Makam Kudus di Yerusalem Akhirnya Dibuka Kembali Setelah 3 Hari Ditutup Karena Masalah Pajak
Sumber: bishko.org

Internasional / 28 February 2018

Kalangan Sendiri

Gereja Makam Kudus di Yerusalem Akhirnya Dibuka Kembali Setelah 3 Hari Ditutup Karena Masalah Pajak

Puji Astuti Official Writer
3077

Setelah sempat ditutup selama tiga hari karena terbentur dengan aturan pajak yang baru, Gereja Makam Kudus di Yerusalem akhirnya dibuka kembali. Para pemimpin gereja memprotes aturan pemerintah kota Yerusalem karena undang-undang yang ada mempengaruhi kemampuan gereja dalam menjual aset tanah. 

"Gereja berharap dapat terlibat dengan kementerian, dan semua orang yang mencintai Yerusalem, untuk memastikan Kota Suci di mana kehadiran kami terus menghadapi tantangan," demikian pernyataan resmi pihak gereja. 

Setelah proses negosiasi antara perwakilan gereja dan pemerintah,akhirnya jalan keluar pun didapat dan masalah terselesaikan. 

Baca juga : Setelah Berabad-abad Makam Yesus di Yerusalem Dibongkar

Lama Terkubur, Arkeolog Akhirnya Temukan Sisa Bangunan Gereja Tertua di Turki

"Israel bangga menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah, di mana Kristen dan kepercayaan lainnya memiliki kebebasan penuh untuk beragama dan beribadah," demikian pernyataan yang diberikan kantor Perdana Menteri Israel.

Aturan yang baru dibuat pemerintah membatasi gereja untuk tidak menjual aset gereja kepada pihak swasta. Saat ini bangunan gereja dibebaskan dari pajak, namun properti komersil yang dimiliki gereja seperti restoran dan hotel tetap dikenakan pajak sesuai dengan undang-undang. 

Gereja Makam Kudus adalah satu tempat ziarah di Yerusalem yang dipercaya dibangun di atas lokasi Yesus dikuburkan dan bangkit pada hari ke tiga. Bangunan ini belum pernah ditutup sejak tahun 1900. Kini gereja ini sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat umum sejak dibuka pada pada Rabu (28/2/2018) pukul 04.00  waktu setempat . 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami