Banyak Relasi Banyak Rejeki, Stop Lakuin 5 Kesalahan Ini Saat Ketemu Orang Baru
Sumber: Post Feed

Single / 26 February 2018

Kalangan Sendiri

Banyak Relasi Banyak Rejeki, Stop Lakuin 5 Kesalahan Ini Saat Ketemu Orang Baru

Inta Official Writer
2909

Makin dewasa, kita semakin harus terbiasa dengan bertemu orang-orang baru. Bisa jadi orang baru tersebut adalah klien kerja, rekan kerja baru, organisasi, atau orang yang tanpa sengaja bertemu di perjalanan saat pulang. Siapa tahu, dari kesan pertama saat bertemu berakhir teman sampai tua nanti. Karenanya, kita harus jaga sikap dengan tidak melakukan kesalahan-kesalahan dibawah ini. 

1. Menghindari kontak mata 

Saat SMA dulu, saya diajari oleh para senior untuk tidak menatap mata orang yang usianya lebih dewasa. Kebiasaan ini ternyata terbawa hingga saya kuliah. Namun suatu kali, saya ditegur karena tidak menatap mata salah satu teman saya di kampus. 

Katanya, tidak menatap mata berarti kita tidak menghargai lawan bicara kita. Kontak mata boleh aja, lho. Asalkan tulus dan penuh kasih, orang lain pasti bisa tahu kalau kita tidak ada niatan untuk tidak menghargai apalagi mengintimidasi. 

Menatap mata seseorang juga mencirikan kalau kita percaya diri. Jika kita bertemu dengan beberapa orang sekaligus, biasakan untuk menatap mata mereka satu-persatu, ya. Ohya, terutama saat interview pekerjaan, agar tidak nervous, kita juga bisa menatap diantara kedua mata lawan bicara kita. 

2. Banyak nanya

Di Indonesia, ada banyak unggah ungguh atau tata krama yang harus kita pakai saat bertanya dengan seseorang. Biasakan untuk tidak terlalu membahas mengenai agama, politik, finansial atau kehidupan pribadi seseorang, ya. 

Kecuali saat kita tahu kalau orang tersebut memiliki minat yang sama dengan kita. Misalnya ia adalah seorang pelayan di gereja A, kebetulan kita juga adalah seorang pelayan di gereja B. Bicara mengenai kasih Kristus dalam kehidupan kita juga merupakan pembicaraan yang menarik. 

3. Tidak menjabat orang dengan baik 

Pernahkan kita menjabat tangan orang-orang sukses? Biasanya, orang-orang sukses atau besar akan menjabat tangan dengan kuat dan percaya diri. Cobalah sebisa mungkin untuk merespon jabatan tangan lawan bicara kita dengan baik, penuh semangat dan langsung agar menimbulkan kesan pertama yang baik pada orang tersebut. 

4. Terlalu terbuka 

Pasti dong ya kita kenal sama yang namanya basa-basi? Saat bertemu dengan orang baru, ada baiknya kita untuk sekedar mencairkan suasana dengan obrolan-obrolan yang ringan. Memang sih menyenangkan saat kita tahu ada orang yang mau mendengarkan cerita hidup kita, tetapi kita harus ingat kalau tidak semua orang menganggapnya demikian. Jadi, biasakan untuk berkomunikasi dua arah tanpa ada yang mendominasi baik kita atau pihak lawan bicara, ya.

5. Mainan handphone 

Gimana sih perasaan kita lawan bicara kita justru malah sibuk dengan handphonenya? Pasti badmood banget dong, ya? Karena itu, biasakan untuk menghargai lawan bicara kita dengan tidak membuka handphone. Sesekali boleh kok untuk sekedar memastikan ada pesan atau telepon yang masuk. 

Ternyata semudah itu lho untuk membangun sebuah relasi dengan orang yang baru saja kita temui. Siapa tahu kalau dari orang baru, ternyata orang tersebut adalah jodoh kita? Kan kita tidak pernah tahu rencana Tuhan. 

Menghargai orang lain adalah bukti kasih kita kepada sesama, lho. Memperlakukan orang-orang disekitar kita dengan baik adalah bentuk kasih kita kepada sesama, termasuk jika orang tersebut adalah orang baru. 


Sumber : gogirl/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami