Olahraga Tapi Nggak Kurus Juga? Menurut Dr.Sungadi, Ini 5 Penyebabnya

Health / 26 February 2018

Kalangan Sendiri

Olahraga Tapi Nggak Kurus Juga? Menurut Dr.Sungadi, Ini 5 Penyebabnya

Naomii Simbolon Official Writer
6010

Masalah berat badan adalah masalah yang sangat populer di zaman now.Nggak hanya kalangan pria namun juga para wanita. Banyak banget yang melakukan olahraga ketat dengan pergi gym, lakukan aerobic dan lain sebagainya demi mempertahankan badan tetap bagus dan ideal bahkan demi menurunkan badan yang gemuk dengan lemak yang berlipat-lipat.

Mungkin beberapa diantara kamu tengah melakukan hal yang sama. Malah sudah melakukan banyak hal demi badan yang ideal dan menurunkan berat badan. Misalnya diet makanan hingga berpuasa dan makan sekali sehari.

Tapi kenapa sih, sudah berusaha keras selama bertahun-tahun untuk diet, tapi berat badan tetap saja nggak turun malah menetap bahkan naik?

Nah, dikutip dari SB30 Health, Dr. Sungadi Santoso menjelaskan 6 hal ini adalah penyebabnya :

1. Kurang minum air putih


Nah, mungkin beberapa diantara kamu akan berkata," Saya kan sudah minum air putih 8 gelas sehari, itu artinya asupan cairan dari air putih sudah cukup dong. Lalu.."

Eh, tunggu dulu! Menurut Dr.Sung dosis air putih yang kamu minum tergantung badan masing-masing. Menurutnya, kamu harus meminum air dengan ketentuan 40cc per kg berat badan kamu dan jika hari sedangpanas, kamu banyak mengeluarkan keringat, kebutuhan airmu bertambah jadi 50 cc/KgBB.

Misalnya berat badan kamu 80kg, maka dosis air yang harus kamu minum per hari adalah 3200 cc.

Cairan didalam tubuh berfungsi untuk membantu proses metabolisme tubuh kamu dan juga mengurangi rasa lapar, jadi ketika asupan cairan dalam tubuh kamu nggak cukup, kamu akan mudah lapar lalu makan. Kalo makan melulu, berat badan kamu nggak akan turun bukan?

2. Kurang protein


Menurut Dr.Sung, protein berguna untuk membentuk maka otot kita. Nah, itu sebabnya jika protein kurang, maka masa ototpun turun juga, dan jika masa otot berkurang masa secara otomatis pembakaran lemak dalam tubuh akan berkurang juga, begitu sebaliknya.

3. Asupan Kalori yang kurang tepat.


Pernah nggak sih merasa sudah berolahraga mati-matian, namun tetap saja berat badan nggak turun. Yang terjadi malah suka lapar dan suka makan malam dan dalam hal ini jumlah kalori harian kamu bisa bertambah sehingga berat badan susah untuk turun.

Nah, menurut Dr Sung, kamu harus makan sebelum jam 7 serta jagalah porsi makan kamu.

4. Kamu mengalami stress


Menurut Dr. Sung, stress dapat mengakibatkan Hormon Neuropeptide Y atau NPY.

NPY adalah hormon yang diproduksi di otak dan memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita salah satunya meningkatkan asupan makanan dan penyimpanan energi sebagai lemak. Jadi nggak heran jika diantara kamu yang sedang mengalami stress, suka makan yang banyak.

5. Menghabiskan banyak waktu didepan TV

"Apa kaitannya berat badan dengan menonton TV?"

Yap! Memang nggak ada kaitannya dengan Tv tetapi berkaitan dengan teman nonton kamu, yaitu cemilan dan soda di depan meja.

Memang nggak semua orang memiliki kebiasaan demikian, tapi jika kamu salah satunya, sebaiknya ubahlah dan perbaiki hal itu dengan baik. Atur cemilan yang kamu makan dan perhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengemil. Jangan tiap hari ya!

Dengan membaca 5  penyebab berat badan nggak turun ala dr. Sung diatas, saya pikir kamu mendapatkan inspirasi baru untuk memperbaiki segala sesuatu dalam gaya hidup kamu. Tetap jaga kesehatan kamu ya!

Sumber : youtube.drsung/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami