14 Makanan yang Haram Disantap Penderita Kolesterol, Yang No. 3 Wajib Hukumnya! (Bagian 2)
Sumber: Inspirator Freak

Health / 23 February 2018

Kalangan Sendiri

14 Makanan yang Haram Disantap Penderita Kolesterol, Yang No. 3 Wajib Hukumnya! (Bagian 2)

Lori Official Writer
6179

Di artikel sebelumnya sudah dipaparkan tujuh jenis makanan yang rupanya mengandung banyak kolesterol. Selain itu penulis juga sudah menjelaskan tentang apa itu kolesterol dan gejalanya.

Nah, di artikel ini terdapat tujuh jenis makanan lainnya yang harus diwaspadai penderita kolesterol. Hati-hati loh ya, jangan sampai kena kolesterol tinggi hanya karena nggak sanggup nahan nafsu makan.

Baca Juga : 14 Makanan yang Haram Disantap Penderita Kolesterol, Yang No. 3 Wajib Hukumnya! (Bagian 1)

Yuk mari simak makanan-makanan apa saja yang termasuk haram buat kolesterol.

#8  Kuning Telur


Telur ayam memang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sementara pendeirta kolesterol tinggi dan serangan jantung harus terpaksa menghindari makanan yang satu ini. Apalagi kuning telurnya.

Pilihan hidangan orak arik bisa saja kamu santap, asal jangan berlebihan ya.

#9 French Fries

French Fries (kentang goreng) adalah maknan favorit masyarakat modern masa kini. Tapi sebelum terus menyantapnya tanpa henti, perlu diketahui kalau makanan ringan ini mengandung kalori tinggi karena digoreng di dalam minyak nabati terhidrogenasi.

Sebagaimana diketahui, minyak nabati terhidrogenasi membuat makanan lebih gurih dan tidak mudah rusak. Karena itu, makanan yang digoreng dengan minyak nabati terhidrogenasi sebagian bisa mengandung lemak trans yang sangat tinggi.

#10 Popcorn


Popcorn adalah makanan ringan (snacks) yang bisa baik dan buruk bagi kesehatanmu, tergantung pada caramu menyajikannya. Nah, salah satu penyajian popcorn yang perlu dihindari adalah dengan memanggangnya di microwave. Karena popcorn jenis ini sarat dengan mentega, minyak dan garam. Ketiga jenis bumbu penambah rasa ini sangat tidak baik bagi kesehatan.

Jadi, lebih baik mengkonsumsi popcorn tawar daripada yang ditambah perasa. Hal ini sama sekali tak akan meningkatkan kadar kolesterolmu dalam tubuhmu.

Baca Juga : Jenis Makanan untuk Tingkatkan Kadar Kolesterol HDL
#11 Krim Keju

Krim keju memang akan sangat menggoda apalagi menikmatinya saat masih panas-panas atau dijadikan campuran kue panggang. Tapi dibalik kenikmatan makanan yang satu ini, rupanya kandungannya sangat tinggi kolesterol.

Bayangkan saja, satu ons krim keju bisa mengandung 27 miligram kolesterol.

# 12 Roti Olahan

Roti putih, bagel, pasta dan tortilla yang mengandung tepung roti olahan ternyata mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Makanan inilah yang jadi salah satu sumber penyebab kolesterol tinggi karena hanya akan menyumbat saluran arteri.

Penderita kolesterol tinggi memang masih bisa menikmati roti olahan, asal tahu kadarnya ya.

#13 Minyak Kanola

Minyak Canola adalah minyak terhidrogenasi yang tinggi lemak trans. Saat penderita kolesterol mengkonsumsi minyak ini maka kolesterol jahat akan meningkat.

#14 Alkohol


Alkohol adalah minuman keras yang dihasilkan dengan proses fermentasi. Minuman yang satu ini sangat tidak dianjurkan dikonsumsi penderita kolesterol karena bisa meningkatkan tekanan darah dan penyakit kardiovaskuler.

Yuk mulai pilih-pilih lagi makanan kamu. Jangan sembarang ya, karena kesehatanmu yang jadi taruhannya. Mau pengen sehat, ya pasti perlu atur pola makan dong!

Sumber : Jawaban.com/Boldsky.com
Halaman :
1

Ikuti Kami