Sudah Sekolah Tapi Anak Masih Ngompol Di Tempat Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya Mom...

Parenting / 22 February 2018

Kalangan Sendiri

Sudah Sekolah Tapi Anak Masih Ngompol Di Tempat Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya Mom...

Naomii Simbolon Official Writer
4320

Sudah sekolah tapi masih saja mengompol dan sprei basah pas dibangunin pagi hari. Hal ini bolak-balik bikin mama kesal karena ompol semalaman. Padahal usianya udah nggak balita lagi. Meminta dia pakai pampers udah bukan solusi yang tepat bukan?

Bukan soal kepantasan saja, masalahnya dipasaran juga sudah nggak tersedia popok untuk anak seusianya.

Hem, jangan langsung frustasi ya, Ma. Sebelum bahas langkah gimana cara hentikan kebiasaan si anak yang suka ngompol, kamu harus tahu dulu kenapa hal itu bisa terjadi pada si anak.

Mengompol merupakan gangguan yang kerap dialami anak. Dalam istilah medis disebut dengan enuresis nocturnal.  Dimana otak kanan tidak bisa mengirim sinyal ke kandung kemih untuk menahan air kencing saat si kecil tidur.

Penelitian di Amerika menyebutkan bahwa 1 dari 20 anak usia 10 tahun masih mengompol saat mereka tidur di malam hari. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sebelum anak usia 5 tahun, mengompol masih di anggap wajar dan akan membaik seiring bertambahnya usia. Namun kalau nggak ditangani dengan benar sejak awal, maka bisa menimbulkan infeksi saluran kemih.

 

Faktor genetika juga sangat berperan menyebabkan anak memiliki kebiasaan mengompol, bahkan pada beberapa kasus terjadi hingga anak berusia sampai dewasa lho mom.

 Nah, jika saat ini kamu sedang berusaha untuk menghentikan kebiasaan ngompol si kecil, mungkin beberapa langkah dibawah ini, bisa membantumu :

1. Jelaskan padanya apa yang terjadi pada tubuhnya.


Kesal sih mom, tapi meskipun kamu kesal melihat anak kamu mengompol setiap hari dan rasanya ingin marah, saran saya tahan amarah kamu dan jangan menghukum anak kamu.

Namun lakukanlah pendekatan kepada sang anak, caranya adalah dengan mulai dengan menjelaskan pada anak, apa yang terjadi pada tubuhnya.  Hal ini bertujuan supaya sang anak tidak merasa bersalah terhadap dirinya sendiri dan menjadi pemurung. Misalnya bicara: "Nak, memang ngompol itu nggak baik terus menerus, tapi sekarang ini saat kamu tidur, otak kamu nggak bisa mengendalikan kandung kemih kamu makanya kamu ngompol. Memang bukan hal yang kamu sengaja, entar semakin kamu besar, kamu nggak akan mengompol lagi kok."

2. Pasang alarm pada malam hari


Aktifkan alarm pada malam hari di dekat tempat tidur anak. Fungsinya tentu saja untuk membangunkan anak kamu supaya dia beranjak dari tempat tidurnya dan pergi ke kamar mandi. Jika sebelum alarm berbunyi dan anak kamu sudah ngompol, tetap saja lanjutkan proses ini. Lama kelamaan otaknya akan terlatih sehingga dia terbiasa bangun lebih awal.

3. Hindari makan makanan yang mengandung kafein

Si kecil mungkin belum minum kopi. Tapi kafein nggak melulu ada pada kopi. Cokelat, es krim, minuman bersoda juga mengandung kafein. Kafein itu bisa merangsang kencing. Meskipun gitu, bukan berarti kamu melarang anak kamu untuk komsumsi kafein ya. Hanya saja hindari pas menjelang malam.

Nah itulah 3 hal yang mama bisa perhatikan dan hindari serta ketahui kenapa si kecil masih saja mengompol bahkan di usianya yang sudah mulai besar saat ini. So, tetap semangat ya mom!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami