Lori Mora

Official Writer
1212


Sebuah kehormatan bagi TNI mendapat kunjungan dari Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo. Apalagi kunjungan ini merupakan serangkaian dari acara Pemberkatan Gereja Katolik bunda Maria Fatima di Kompleks Mabes TNI Cilangkap pada Rabu (21/2).

Kunjungan ini lebih kepada audiensi antara TNI dan keuskupan soal komitmen TNI untuk menjaga toleransi antarumat beragama di tanah air.

Sebelum melaksanakan audiensi, uskup Mgr Suharyo lebih dulu menandatangani prasasti pemberkatan Gereja Bunda Maria Fatima sebagai tonggak dimulainya peribadatan di Kompleks Mabes TNI Cilangkap itu. Kemudian dia memimpin ibadah Ekaristi Pemberkatan Gereja sebagai tanda gereja itu sah digunakan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan audensi bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Isi audiensi ini pun berkaitan dengan kondisi kritis yang dialami umat beragama belakangan ini. Salah satunya adalah soal kasus penyerangan di Gereja Santa Lidwina Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Terkait hal ini, Tjahjanto menegaskan bahwa seluruh jajaran TNI sangat berkomitmen menjaga toleransi antarumat beragama di tanah air. Hal ini sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika.

“Prajurit TNI selalu diberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan mental dan spiritual sebagai landasan keimanan dalam menjalankan tugas pokok menjaga kerukunan NKRI,” ucapnya.

Dia juga berjanji bahwa penyerangan gereja beberapa waktu lalu semoga tak lagi terulang. Karena tindakan tersebut hanya akan memecah belah umat beragama di Indonesia. “kehadiran saya pasca penyerangan Gereja Santa Lidwina Yogyakarta adalah untuk memberikan keteduhan kepada masyarakat dan dukungan kepada Polri untuk menangani dan menyelesaikan masalah intoleransi tersebut, agar tidak berkepanjangan,” ucapnya.

Menanggapi komitmen TNI ini, Mgr. Suharyo menyampaikan ucapan terima kasihnya karena sudah menerima kunjungan tersebut. “Saya mewakili umat Katolik yang ada di Mabes TNI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panglima TNI atas pembangunan Gereja Katolik Bunda Maria Fatima yang berada di Kompleks Mabes TNI Cilangkap,” ucap Uskup.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Panglima TNI beserta jajaran Kepolisian dan Ketua DPR RI yang sudah berkunjung ke Gereja Santa Lidwina Yogyakarta. Kunjungan itupun mendapat apresiasi dari pihak Gereja Vatikan. Karena dianggap sebagai tindakan yang meneduhkan dan menyejukkan hati umat Katolik di Indonesia.

Kita berharap semoga dengan pertemuan ini, serangan kriminal serupa tak lagi terjadi pada gereja-gereja di tanah air. Mari terus mendukung tugas Polri dan TNI untuk mencegah terjadinya beragama bentuk kejahatan.

Sumber : Koran Jakarta/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra Mei 2


7259

Banner Mitra April Week 3