Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

10210498103119200

Contributor
4725


Maka aku menjawab: “Ah, Tuhan Allah! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda.” Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: “Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN.” (Yeremia 1:6-8)

Bro, Sist..., belakangan di media sosial viral dengan satu istilah “Kidz zaman now”. Ada apa sebenarnya dibalik istilah yang nampaknya menjadi perbincangan hangat dan merupakan campuran dua bahasa ini? Hehe... jika ada asap, tentu ada api. Istilah tersebut menjadi viral karena fenomena zaman ini dengan berbagai hal yang dilakukan oleh banyak anak di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari kelakuan yang aneh, banyak gaya, pergeseran nilai-nilai budaya, penyimpangan moral, bahkan sampai kepada batas kriminalitas. Generasi ini sering disebut generasi Z, generasi yang berada dalam ambang kehilangan jati diri.

Generasi zaman ini sering dilihat psimis oleh banyak generasi sebelumnya, bahkan beranggapan generasi ini adalah generasi yang tidak bisa dimengerti. Lihat saja di media sosial, banyak hal negatif yang dilakukan oleh anak-anak zaman ini. Kalau diibaratkan mereka seperti segi banyak tak beraturan. Banyak fenomena baru terjadi di generasi muda zaman ini hingga membuat banyak orang tua terdiam dan geleng-geleng kepala. 

Media sosial memberikan informasi keberadaan generasi ini dengan berbagai aktivitas yang memperlihatkan suatu degradasi besar-besaran. Media sosial online memberikan ruang yang begitu besar bagi anak untuk mengeksplorasi diri dan mengekspresikan diri. Lihat saja di media sosial, kita akan dengan mudah menemui beberapa kasus yang membuat kita berpikir keras. Mulai dari cinta yang baper-baperannya ngalahin anak kuliahan, kejahatan seksual di usia dini, bullying, enggak punya etika, dan masih banyak hal lainnya. Dunia saat ini penuh dengan generasi yang membutuhkan perhatian penuh.

Sobat Kristen, apakah kamu menjadi salah seorang yang menyadari hal ini? Yang perlu dipikirkan bukan, “Ini salah siapa sih? Kenapa bisa begini?”. Akan tetapi pertanyaan penting yang perlu dipikirkan adalah, “Potensi apa yang akan terjadi ke depan bila keadaannya tetap seperti ini? Bagaimana cara menolong generasi ini?”. Sobat, Tuhan mengasihi penuh setiap generasi dengan Kasih Tuhan. Tuhan yang mendesain setiap zaman dengan berbagai keunikan dan kesulitan tersendiri.

Pepatah lama mengatakan, untuk menghancurkan satu bangsa yang sangat besar itu sangatlah mudah, racuni saja generasi mudanya, maka tak lama kemudian kematian besar siap merenggut. Jujur saja, kalau dilihat dari jumlahnya, saat ini sangat sedikit orang yang mau melakukan tindakan untuk menolong generasi sekarang. Banyak faktor yang menjadi penghalang untuk menolong generasi zaman ini, dan memang kemajuan zaman saat ini tidak bisa dibendung, kemajuan zaman yang begitu cepat ini menciptakan generasi baru yang tidak terprediksi seperti zaman sebelumnya. Kemajuan zaman telah melibas habis manusia, dan manusia siap tidak siap harus mau menanggung dampaknya.  Salah satu dampak besar tersebut adalah perubahan karakter pada generasi sekarang, kemajuan zaman ini membawa iklim baru bagi generasi ini. Saya sih melihatnya sebagai suku baru yang memiliki budaya baru.

Tuhan mengasihimu, dan kamu memerlukan Tuhan. Bagi kita yang sudah bertumbuh, Tuhan memanggil kita bagi generai zaman ini. So please, God called His people to save “Kidz zaman now”. Siapkah kamu untuk mengerjakan bagianmu untuk generasi zaman ini? 

Dalam kisah nyata di Alkitab, Tuhan pernah berbicara kepada seorang pemuda bernama Yeremia untuk sebuah menyampaikan pesan pertobatan bagi satu bangsa, 

“Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa”, tetapi pemuda ini menolak dengan berdalih "Ah, Tuhan Allah! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda”.

Kemudian Tuhan dengan tegas bersabda sebagai seorang pemberi utusan, 

“Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN”. 

Kemudian Tuhan memberikan berkat khusus bagi pemuda ini untuk mengerjakan yang Tuhan perintahkan. Sobat muda, setiap orang percaya memiliki panggilan Tuhan, zaman ini kita dipanggil untuk menolong menolong mereka dari kehilangan jati diri. Generasi yang begitu dikasihi oleh Tuhan ini sedang membutuhkan anak-anak terang untuk mewartakan kasih Tuhan di dalam Yesus, mereka saat ini sedang berada di sekitar kita, sedang melakukan sesuatu dan mencari-cari sesuatu. Mari siap sedialah untuk digerakkan oleh Roh Kudus untuk menolong “kidz zaman now” ini. 

Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, Anda juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapat Anda tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gereja Anda dengan menguploadnya langsung melalui fitur Berani Bercerita di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sifra gracia 18 October 2018 - 17:48:37

Apa yang harus dilakukan gereja dalam memghadapi t.. more..

0 Answer

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7273

advertise with us