14 Makanan yang Haram Disantap Penderita Kolesterol, Yang No. 3 Wajib Hukumnya! (Bagian 1)
Sumber: Inspirator Freak

Health / 21 February 2018

Kalangan Sendiri

14 Makanan yang Haram Disantap Penderita Kolesterol, Yang No. 3 Wajib Hukumnya! (Bagian 1)

Lori Official Writer
15272

Kolesterol adalah zat seperti lilin yang mengandung lemak steroid dan biasanya ditemukan pada membrane sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Tingkat kolesterol dalam tubuh harus terus dijaga karena jika tubuh mengandung kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), maka seseorang bisa mengalami beragam penyakit.

Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan di saluran pembuluh darah. Hal ini bisa berakibat pada serangan stroke dan juga jantung bagi penderita.

Kelebihan kolesterol sendiri timbul karena pola makan yang kurang sehat. Jenis makanan tertentu diyakini sebagai penyebab kenaikan kolesterol dalam tubuh. Dan 14 makanan ini adalah sumber kolesterol tinggi diantaranya. Nah, supaya nggak mengalami serangan kolesterol tinggi ada baiknya mengindarinya.

#1  Kerang

Kerang seperti lobster dan udang patut dihindari. Karena makanan ini ternyata mengandung kolesterol tinggi. Apalagi kalau kerang dikombinasi dengan mentega akan berakibat pada serangan jantung bagi penderita kolesterol.

#2  Mentega

Seperti disebutkan di atas, kombinasi makanan dengan mentega rupanya hanya akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kenapa? Karena kolesterol mengandung lemak trans dan sodium yang bisa meningkatkan kadar darah dan tekanan darah tinggi.

#3  Daging Merah


Hampir semua orang pasti suka daging merah. Apalahi kalau dagingnya babi. Tapi tahukah kamu kebanyakan menyantap daging merah justru hanya akan meningkatkan kolesterolmu. Kalau memang pengen mencicipi daging merah, akan lebih baik menggantinya dengan dada ayam atau ikan yang rendah kolesterol. Daging olahan seperti sosis, daging beku dan daging asap juga perlu dihindari ya.

#4  Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti pizza, keju, biskuit, burger, keripik, kentang goreng, dan kue adalah jenis-jenis makanan yang sebenarnya mengandung kolesterol tinggi. Makanan ini mengandung lemak trans yang sangat jahat.

#5  Keju


Keju adalah sumber kalsium dan protein yang baik. Tapi sayangnya, keju ternyata mengandung kolesterol yang sangat tinggi. 100 gram keju mengandung 123 miligram kolesterol. Kalau kamu adalah penggemar keju, kamu masih bisa sih menikmatinya. Tapi ingat, makannya harus dikontrol ya.

#6  Es Krim


Es Krim adalah makanan penutup yang paling disukai masyarakat pada umumnya. Hampir semua usia suka menikmati es krim dalam berbagai momen. Tapi sayangnya, penderita kolesterol tinggi harus menghindari es krim. Karena mengandung minyak nabati terhidrogenasi dan susu tinggi lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol.

#7  Hati

Hati sapi mengandung 564 miligram kolesterol per setiap 100 gramnya. Itu artinya, hati sapi bisa jadi boomerang besar bagi kesehatan tubuhmu. Kebanyakan menyantap hati sapi bisa berakibat pada meningkatnya tekanan darah tinggi.

Biasanya kolesterol tinggi bisa diidentifikasi jika menunjukkan gejala-gejala ini:

  • Kesemutan
  • Sering mual dan muntah
  • Kehilangan keseimbangan
  • Nyeri di bagian leher dan punggung disertai sakit kepala
  • Tubuh terasa lelah
  • Kaki dan tangan terasa nyeri
  • Wajah memerah
  • Nyeri dada dan sulit bernafas

Saat mulai merasakan gejala-gejala ini, sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik lewat obat atau treatment lainnya. Selain itu, mulailah memeriksa pola makan yang mungkin jadi penyebabnya.

Sumber : Jawaban.com/Boldsky.com
Halaman :
1

Ikuti Kami