Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
450


Masalah yang paling banyak dihadapi para pekerja biasanya kurangnya produktivitas kerja. Mereka mengeluh kurang bisa memanajemen waktunya sehingga ‘To Do List’ pekerjaan hariannya sering nggak tuntas.

Kamu mungkin salah satu dari pekerja yang juga punya masalah yang sama, coba deh memulai 10 langkah sederhana ini.

1. Mulai harimu dengan memberikan penghargaan ke diri sendiri    

Jangan bangun dari tempat tidur dan berkata, “Hari ini aku harus lapor pajak, mencuci mobil, memanggil tukang dan mengatur sejumlah tagihan.”

Sebaliknya, bangunlah dari tempat tidurmu dan katakan, “Masuk kamar mandi, berpakaian, sarapan pagi dan memberi makan kucingku”. Saat kamu berhasil menyelesaikan keempat hal ini berikanlah penghargaan ke dirimu sendiri atas pencapaian itu.

Baca Juga : Dipanggil Untuk Jadi Berbeda. Sudahkah Kamu Memberi Dampak di Pekerjaanmu?

2. Tanyakan setiap hari cara yang lebih baik untuk menuntaskan pekerjaanmu

Setiap kali merasa frustrasi dengan kekacauan di rumah atau di tempat kerja, cobalah mencatatnya di note harianmu. Kemudian pikirkan masalah itu dan coba mencari cara baru untuk menyelesaikannya supaya kamu nggak terus menerus menghadapi masalah itu.

3. Hadapi lebih banyak pertanyaan

Kalau kamu seorang manajer, jangan pernah malarang bawahanmu untuk tidak bertanya. Tapi justru mintalah supaya mereka bertanya tentang apapun. Hal ini akan membuatmu pola pikirmu berubah dan semakin mendapatkan banyak wawasan yang berguna untuk pekerjaanmu.

4. Jangan paksakan diri untuk bekerja

Hal utama yang kita butuhkan untuk bisa bekerja produktif adalah kondisi tubuh. Saat tubuh masih memiliki suplai energi yang besar, tentu sebanyak apapun pekerjaanmu akan bisa kamu selesaikan. Sebaliknya, saat energi di tubuhmu makin melemah jangan pernah paksakan tubuhmu bekerja.

5. Ambil waktu istirahat

Jangan memaksakan diri mengerjakan sesuatu yang menguras begitu banyak tenaga hanya karena takut pekerjaanmu nggak selesai. Saat tubuhmu sudah menunjukkan alarm untuk beristirahat, ambillah waktu beristirahat sejenak.

Baca Juga : Kamu Millenial yang Lagi Bangun Startup Digital, Coba Ikutin Tips Menkominfo Ini Deh

6. Ambil waktu untuk menghirup udara segar di luar

Supaya pikiran dan tenagamu kembali, cobalah untuk meluangkan waktu setiap sore sepulang kerja untuk berjalan-jalan di luar. Kamu bisa jongging, atau sekadar membawa anjingmu jalan-jalan di pekarangan depan.

7. Ingatlah targetmu

Apakah kamu justru mendapat gaji yang nggak sesuai dengan apa yang kamu kerjakan? Lalu kamu masih terus berharap supaya kamu mendapat upah yang setara dengan apa yang kamu sudah kerjakan?

Ambillah sedikit waktu untuk merenung. Kalau memang pekerjaan saat ini tampaknya masih kurang memenuhi keinginanmu, segeralah mengambil keputusan. Keberhasilanmu ada ditanganmu sendiri.

8. Bermimpi besarlah akan sesuatu yang kamu kerjakan

Izinkan dirimu bermimpi besar. Apa karir idealmu? Apa hidup idealmu? Visimu menentukan bagaimana kamu menghabiskan setiap menit per harinya. Kalau kamu memiliki keberanian untuk melihat visi ke depan sebagai sesuatu yang nyata dan yang menunggumu di depan maka kamu nggak terlalu jauh dari sana.

9. Daripada memaksakan harus mengerjakan pekerjaan sesuai dengan urutannya di daftar ‘To Do List’ mu, mending selesaikan pekerjaan yang lebih mudah lebih dulu

Kamu mungkin akan merasa kalau ada pekerjaan yang mudah dikerjakan dan sebagian lainnya sulit dikerjakan. Kenapa demikian? Ibarat ujian, kita juga akan menghadapi soal yang mudah dan soal yang sulit. Tapi cara bijak yang bisa kita ambil untuk menyelesaikan ujian ini adalah dengan lebih dulu menyelesaikan soal yang lebih mudah dan soal yang sulit bisa menyusil.

10. Tetaplah memperlakukan dirimu dengan fair

Jangan pernah menyelesaikan pekerjaanmu hanya sekadar saja. Tapi lakukanlah itu dengan memberikan dirimu perlakuan yang adil. Nggak ada seorang pun yang tahu seberapa besar kerja kerasmu atau seberapa besar rasa pedulimu atas pekerjaanmu. Orang lain mungkin nggak mengenalmu atas kerja keras dan prestasimu, jadi jangan lupa untuk tetap berlaku fair sama dirimu sendiri.

Untuk jadi produktif, kamu memang perlu proses. Nggak cukup butuh sekali praktik tapi lakukanlah dengan konsisten.

Sumber : Forbes.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rony Asriwandi 25 May 2018 - 20:44:12

Salam..saya zarqani di panggil rizal...sy asli ber.. more..

2 Answer

inra rindi 24 May 2018 - 14:30:22

Kepercayaan

0 Answer

Helenabrookenangel 24 May 2018 - 05:46:17

Masalah di link komentar FB?by:M:IT$05*[email protected],,

1 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week 4


7429

advertise with us