Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
379


 

Yap! Memang sangat diperlukan daya tahan tubuh yang kuat untuk menghadapi cuaca yang nggak menentu, karena ada banyak macam penyakit yang dapat tiba-tiba menyerang jika daya tubuh kita lemah. Salah satunya adalah sakit Flu. Penyakit flu bisa menyerang siapa saja mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Meskipun sudah ada obatnya, nggak jarang flu bahkan bisa bikin seseorang terpaksa dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat karena semakin parah.

Sebelum penyakit flu datang menyerang, biasanya akan diawali dengan beberapa gejala yang sangat khas, seperti bersin-bersin, batuk, hidung gatal, hidung berair, hidung tersumbat dan juga demam. Nah, sebelum gejala tersebut berubah menjadi semakin parah dan membuat si penderita jatuh lemah dan nggak bisa berbuat apa-apa di tempat tidur, berikut ada 6 langkah sederhana yang patut banget kamu coba untuk meringankan gejala flu supaya nggak makin parah.

1. Banyak minum air putih


 Ketika seseorang mengalami flu, anjuran dari setiap dokter pasti akan mengatakan hal yang sama, perbanyaklah minum air. Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena ketika seseorang mengalami flu, maka tubuhnya membutuhkan banyak cairan untuk menjaga supaya nggak sampai mengalami dehidrasi. Dikutip dari detik health, secara teori minum banyak cairan baik yang berupa air putih atau berasal dari jus buah atau sayuran (tanpa es) dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang karena demam dan mengevaporasi saluran pernafasan. Namun tetap harus kamu ingat, minumlah air putih dengan cara yang bijak. Lebih baik meminum sedikit demi sedikit tapi rutin daripada sekaligus namun dalam jumlah yang banyak.

2. Makanlah makanan yang berkuah dan hangat


Makanan yang berkuah dan hangat seperti soto ayam, dan sup sangat dapat meringankan gejala flu yang sedang kamu alami. Alasannya, karena makanan hangat sangat sesuai dengan suhu tubuh kita yang pasti sedang mengalami kenaikan karena demam. Karena itu pula, mengapa pas lagi flu seseorang dilarang untuk meminum sesuatu yang dingin contohnya es.

3. Istirahat yang cukup

Pas tubuh kamu sedang sakit dan sangat butuh untuk istirahat jangan abaikan tanda-tandanya. Jangan memaksakan diri untuk tetap beraktivitas dengan tujuan supaya tubuh kamu yang sedang sakit nggak berubah menjadi parah.

Kamu harus tahu bahwa ketika tubuh kita istirahat, maka hal ini memungkinkan antibodi di dalam tubuh semakin diperbanyak, sehingga mampu untuk mengatasi virus-virus yang sedang menyerang kekebalan tubuh.

4. Mandi uap

Menghirup udara hangat yang lembab adalah cara alternatif untuk meringankan gejala flu yang sedang menyerang kamu. Cobalah lakukan mandi uap atau dengan cara menutup kepala kamu dengan handuk kemudian menghirup air hangat yang sebelumnya sudah kamu tuangkan ke dalam ember, tambahkan aroma terapi seperti peppermint untuk melegakan pernafasan atau eucalyptus bila flu kamu disertai dengan batuk yang tidak berdahak.

5. Minum air hangat


Nggak sekedar minum air saja, tetapi kombinasikan minuman kamu dengan beberapa bahan yang dapat meringakan gejaja flu seperti lemon hangat dengan madu, jahe dengan madu, serai dengan madu dan sebagainya. Kandungan viamin C yang terdapat di dalam lemon dan vitamin-vitamin tambahan lainnya yang terdapat di dalam madu, akan sangat berguna untuk menutrisi kembali sistem kekebalan tubuh kamu supaya semakin kuat melawan virus-virus yang sedang menyerang.

6. Minum Obat

Kalau kamu merasakan flu kamu nggak kunjung baik dan malahan semakin parah, maka jangan sungkan-sungkan untuk segera mengunjungi tempat pelayanan kesehatan terdekat di kota atau daerah kamu. Dokter akan segera memberikan kamu obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit flu yang sedang kamu derita.

Nah itu dia 6 hal yang sangat sederhana yang bisa kamu lakukan sekarang juga jika kamu tengah mengalami gejala flu. Jangan sungkan-sungkan membagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang lain ya. Saya berdoa, di dalam nama Tuhan Yesus, segera sembuh!

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer

Adhe Adhe 12 August 2018 - 14:31:24

Tdak mungkin bagi manusia.. Apalagi sya sdh melaku.. more..

1 Answer

Adhe Adhe 12 August 2018 - 13:58:09

Apakah hidupku bsa dpulihkan setelah aku melakukan.. more..

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7188

Gempa Lombok