Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
474


Perayaan Tahun Baru China atau biasa disebut Imlek rupanya sudah jadi momen yang dirayakan secara meriah di seluruh belahan negara. Hari besar kaum Tionghoa ini bahkan dijadikan sebagai Festival Musim Panas baik di China, Amerika sampai Australia. Bayangkan saja terdapat sekitar 1.4 juta warga keturunan Tionghoa di seluruh dunia yang secara serentak merayakan tahun baru ini dengan berbagai acara unik yang merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang mereka.

Pergantian tahun ini pun dirayakan dengan berbagai perayaan meriah, mulai dari parade dan festival budaya, pertunjukan kostum penuh warna yang melambangkan tema untuk tahun yang baru dan beragam lomba-lomba menarik lainnya.

Serangkaian acara ini pun bisa jadi momen liburan long weekend yang nggak boleh terlewatkan. Nah, kamu bisa menikmati 6 tradisi unik Imlek ini loh.

1. Festival Kembang Api

Nggak jauh beda dengan tradisi malam pergantian Tahun Baru, kembang api jadi salah satu panorama yang bisa kamu saksikan lagi di liburan Imlek ini. Memang sih, nggak semua tempat ngerayain Imlek dengan meriah, apalagi menyalakan kembang api yang meriah. Karena itu, kamu perlu nyari tempat atau daerah mana yang kira-kira bisa dikunjungi buat liburan sekaligus bisa menikmati malam Imlekan dengan pertunjukan kembang api yang paling meriah.

2. Festival Penyalaan Lentera

Rata-rata warga keturunan Tionghoa akan merayakan tradisi penyalaan lentera atau lampu. Biasanya acara ini bisa digelar di malam tahun barunya atau keesokan harinya. Festival penyalaan lentera merah ini biasanya akan dilakukan dengan arak-arakan di jalanan. Orang-orang yang ikut menyalakan lenteranya akan menulis teka-teki atau sajak mereka di lentera itu. Teka teki inilah yang akan dijadikan sebagai lomba. Siapa yang bisa menebak teka teki maka mereka akan mendapatkan hadiah.

3. Festival Tarian Barongsai

Ini adalah salah satu tradisi yang nggak lepas dari perayaan Imlek. Biasanya festival tarian barongsai ini pun digelar dengan sangat meriah karena memang sangat menarik dan melibatkan banyak orang. Mereka yang memainkan barongsai kain ini biasanya akan menari-nari dengan berbagai bentuk tarian. Lalu orang-orang yang menontonnya akan terpancing untuk meneriakkan supaya barongsai terus menari.

4. Dapat Angpao

Dalam Imlek, orang-orang Tionghoa biasanya akan memberikan sumbangan uang di dalam amplop merah. Biasanya uang ini akan diberikan oleh mereka yang lebih tua kepada anak-anaknya. Amplop merah yang dipakai untuk angpao ini jadi simbol dari kelimpahan, kekayaan, dan keberuntungan. Jadi nggak heran ada banyak orang muda yang lalu pulang kampung hanya demi mendapatkan angpao dari keluarganya. Nah, buat kamu yang mungkin pengen dapat angpao bisa aja kan puar-pura datang bertamu ke rumah rekan atau saudara yang merayakan. Dijamin deh kamu pasti kedapatan juga!

5. Hidangan Kuliner Imlek yang Serba Enak

Daripada nggak kemana-mana di long weekend ini mendingan datang ke beberapa tempat kuliner yang menyediakan hidangan imlek yang biasanya cukup ramai. Kamu bisa mencicipi mulai dari hidangan pembuka sampai penutupnya yang cukup lengkap. Biasanya juga dikasih diskonan loh!

6. Dekorasi Imlek di Berbagai Tempat Bisa Jadi Spot Buat Foto

Sama halnya seperti perayaan Natal dengan beragam dekorasinya yang unik, perayaan Imlek juga biasanya dimeriahkan dengan dekorasi-dekorasi khasnya yang lebih dominan berwarna merah. Dekorasi-dekorasi Imlek ini pun bakal dipasang di berbagai tempat, khususnya tempat wisata. Nah, ini waktunya kamu nyari tempat dengan dekorasi Imleknya yang paling cantik. Lumayankan bisa jadi tempat berfoto atau sekadar menikmati beragam dekorasinya pun nggak apa-apa. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sifra gracia 18 October 2018 - 17:48:37

Apa yang harus dilakukan gereja dalam memghadapi t.. more..

0 Answer

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7273

advertise with us