Buat Kamu Yang Ngaku Makin Gendut Saat Bekerja, 5 Kebiasaan Ini Yang Menjadi Pendukungnya
Sumber: http://techvibes.com/wp-content/uploads/

Health / 8 February 2018

Kalangan Sendiri

Buat Kamu Yang Ngaku Makin Gendut Saat Bekerja, 5 Kebiasaan Ini Yang Menjadi Pendukungnya

Inta Official Writer
2478

Salah satu hal yang dikeluhkan oleh seseorang saat bekerja adalah perubahan bentuk badan yang semakin berisi. Awalnya memang berpikir kalau bekerja menguras tenaga dan pikiran yang bikin tidak nafsu makan. Namun, kenyataannya berat badan tiap bulan semakin bertambah. 

Memang sih, banyak yang bilang kalau naiknya berat badan bisa menandakan kalau kita betah di kantor tersebut. Tetapi tahu nggak sih kalau ada lima faktor pendukung lainnya yang berpotensi bikin badan menjadi lebih berisi. Penting diketahui buat kita yang lagi menjaga berat badan nih.

1. Faktor teman


Dari rumah kita sudah berniat untuk membawa bekal agar asupan makanan terjaga, ternyata sampai kantor ada teman yang sedang berulang tahun mengajak makan siang bersama. Jadilah bekal tadi dimakan untuk sarapan dan siangnya makan bersama teman-teman. 

Belum lagi ada teman yang baru saja pulang kampung dan membawakan sedikit oleh-oleh khas kampungnya. Inilah kondisi tersulit buat kita yang sedang menjaga pola makan di kantor. Faktor teman bisa jadi salah satu alasan mengapa berat badan terus naik setiap bulannya. 

2. Tidak memperhatikan asupan makanan 


Waktu yang terus berkutat dengan deadline bikin kita berpikir untuk makan apa saja yang penting perut terisi. Hal ini bisa menjadi faktor lain yang membuat tubuh semakin gemuk. Paginya makan gorengan, siang makan pizza, sorenya nyemil keripik. Kenyang sih, tetapi dengan tidak menjaga asupan makanan, otomatis kita harus rela kalau angka pada timbangan juga akan bertambah. 

3. Bekerja hingga larut makan 


Sekarang, siapa sih yang bisa bekerja tanpa ada makanan ringan yang menemani? Khususnya buat kita yang lembur, camilan adalah hal wajib yang harus ada di atas meja saat lembur. Bekerja hingga larut malam juga berpotensi untuk mengurangi waktu berolahraga dan membuat kita menghabiskan banyak waktu untuk duduk diam tanpa membakar kalori yang ada di dalam tubuh. 

4. Stres


Sikap yang timbul dari stres memang berbeda-beda setiap orang. Salah satunya adalah memilih untuk menjejali mulut dengan makanan jenis apa pun. Ketika dalam kondisi tertekan, level hormon kortisol akan menjadi lebih meningkat. Hormon ini yang membuat tubuh ingin terus menerus mengonsumsi makanan manis. Tidak heran kalau makanan seperti coklat atau permen dapat sedikit membantu saat kita sedang stres. 

Baca juga: Jangan Dibiarkan, 7 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Kita Alami Depresi, Lho

5. Cahaya lampu dan temperatur ruangan 

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang bekerja dalam kondisi cahaya lampu lebih gelap dan mata yang kerap terpaku pada monitor dapat menyebabkan suasana hangat yang bisa meningkatkan nafsu makan. Ruangan yang terlalu dingin juga membuat kita menjadi lebih cepat lapar.

Menjaga berat badan memang bukanlah perkara yang mudah. Kira-kira, mana nih yang paling benar menurutmu? Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, selain menjaga pola makan kita juga perlu untuk berolahraga dan menghindari stres. 


Sumber : jawaban/bernas
Halaman :
1

Ikuti Kami