6 Kebiasaan Pagi yang Bikin Tubuh Langsing dan Juga Sehat, Apa Itu? Yuk Cekidot...
Sumber: entrepreneur.com

Health / 31 January 2018

Kalangan Sendiri

6 Kebiasaan Pagi yang Bikin Tubuh Langsing dan Juga Sehat, Apa Itu? Yuk Cekidot...

Lori Official Writer
3037

Pengen langsing dan sehat?  Kamu nggak melulu mesti diet ketat yang nyiksa. Ada juga loh cara lain yang lebih gampang. Coba aja dulu 6 cara ini rutin tiap pagi. Apa itu? Cekidot yuk….

1. Menghirup udara pagi dan menikmati sinar matahari

Studi dari Northwestern University menemukan kalau orang yang terpapar cahaya matahari pagi punya postur tubuh yang proporsional dibanding mereka yang berjemur di bawah sinar matahari sore. Nggak heran sih, karena sinar matahari pagi menyumbang sekitar 20% IMT dalam tubuh. Kurang paparan sinar matahari justru hanya akan mengubah kinerja sistem metabolisme dan menyebabkan peningkatan berat badan.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk mendapatkan paparan matahari pagi selama 20-30 menit setiap pagi.

2. Sarapan dengan roti yang diolesi mentega           

Roti panggang yang diolesi mentega dan garam di bagian bawah kentangnya sangat bermanfaat menurunkan berat badan. Kedengarannya memang aneh, tapi ini adalah salah satu trik ampuh yang banyak dijalankan untuk menurunkan berat badan.

3. Memakai gelas yang tepat untuk minum

Kog bisa? Ya memilih gelas yang tepat saat minum bisa mengurangi konsumsi gula dan kalori. Gelas tinggi dan tipi adalah pilihan yang tepat. Sebuah studi di Universitas Cornell menemukan bahwa orang-orang yang minum dengan gelas pendek bisa mengkonsumsi gula sekitar 25-30% lebih banyak daripada yang memakai gelas tinggi.

4. Memilih sarapan tinggi protein

Orang Amerika sudah terbiasa sarapan dengan menu yang mengandung hanya sekitar 10-15 gram protein saja. Tapi ternyata, semakin banyak kandungan protein dalam sarapan bisa bermanfaat membakar kalori. Para peneliti dari Departemen Nutrisi dan Fisiologi menemukan bahwa protein bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Saat perut kenyang, maka nafsu makan akan menurun sehingga berat badan tetap bisa dikontrol.

5. Meluangkan waktu untuk olahraga


Olahraga pernapasan selama beberapa menit setiap pagi membantu meningkatkan sistem fokus pada otak. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari Brown University yang menyatakan bahwa mereka yang kurang fokus cenderung lebih mudah gemuk daripada mereka yang fokus. Para peneliti menyampaikan bahwa seseorang yang lebih fokus lebih mudah merasakan emosi negatif akibat makan terlalu banyak.

6. Rutin bergerak di pagi hari

Jalan cepat di pagi hari hanya dalam waktu 15 menit saja ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh.  Dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal psikologi, para peneliti menemukan kalau mereka yang berolahraga sebelum sarapan berguna untuk membakar lemak tubuh.

Gampang juga ya kalau mau pengen langsing. Apa kamu tertarik mau nyoba? 

Sumber : Reader Digest/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami