Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2229


“Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.” (Yesaya 43: 2)

Kita semua pasti pernah merasa hancur hati. Mungkin rasanya cuma retakan kecil yang ada di hati atau justru rasa sakit yang amat menyakitkan. Kita pun berjuang untuk kembali menyatukan kepingan-kepingan itu satu per satu.

Tapi tahukah kamu kalau setiap luka yang kita alami, baik kecil dan besar, hanya Yesus saja yang bisa menyembuhkannya. Nggak cuma menyembuhkan, Dia bahkan bisa memakai pengalaman sakit itu untuk memakai kita dengan caraNya yang luar biasa. Asal, kita mau mengundang Dia untuk menyembuhkan rasa sakit itu.

Aku pernah ditanyai soal pengalaman paling menyakitkan apa yang pernah aku alami. Dan aku butuh beberapa detik mengingat kembali hal itu. Pasti ada rasa nggak nyaman dan nggak pengen mengingat pengalaman itu lagi. Karena kebanyakan dari kita belum move on dari rasa sakit ini dan kita nggak biarin orang lain mengintip kehidupan kita. Padahal, kalau saja kita mau dibongkar sama Tuhan, kita justru menjadikan pengalaman sakit itu sebagai jalan untuk memberkati orang lain.

Baca Juga : Buah Manis Dari Rasa Sakit

Gimana mungkin pengalaman sakit atau buruk bisa jadi sesuatu yang indah?

Di Yesaya 43: 2, Allah bilang kalau Dia akan senantiasa menyertai kita, baik waktu menyeberangi air atau melalui sungai-sungai, dana pi, yang kita tahu perjalanan ini pasti mengerikan. Tapi Allah berjanji semua perjalanan mengerikan itu nggak bakal melukai kita.

Di bagian inilah Allah benar-benar menunjukkan perlindungannya atas kita. Kita bisa terhibur dengan ayat ini bukan? Dunia dan orang-orang di sekitar kita mungkin menyebalkan, mengecewakan dan menyakiti, tapi kita bisa menghadapinya bersama Tuhan. Dia bisa mendengar tangisan kita dan akan bersedia merentangkan tanganNya untuk memeluk kita saat kita butuh rangkuman.

Kalau kamu memang sedang berada di tengah masa-masa berat dan menyakitkan belakangan hari ini, ingatlah untuk melakukan 3 langkah ini:

Pertama, bersandarlah pada Dia.

Saat dalam kondisi putus asa, berpeganglah erat pada Tuhan. Duduklah dengan tenang di hadirat Tuhan. Dengarkan suaraNya. Dia mau kita bersandar dan mendengar Dia. Dia mengundang kita masuk ke hadirat-Nya dan Dia mau mengajak kita untuk meminta pertolonganNya.

Kedua, melangkah dengan kebijaksanaan.

Untuk tumbuh lebih baik itu nggak pernah melewati perjalanan yang nyaman. Tapi perjalanan yang penuh tantangan itulah yang justru membentuk kita jadi pribadi yang lebih baik. Nggak peduli berapa umur kita, kita semua diberi kesempatan untuk tumbuh jadi lebih baik. Karena itulah kita butuh kebijaksanaan dari Tuhan untuk mengambil setiap keputusan dalam setiap perjalanan hidup kita.

Ketiga, pengalaman kita menolong orang lain.

Percaya atau nggak, pengalaman pahit dan buruk kita di masa lalu justru bisa jadi berkat buat orang lain loh! Bisa saja kita justru menolong orang lain yang juga sedang mengalami hal serupa saat ini. Karena orang lain juga butuh ditolong dan dikuatkan karena lewat pengalaman serupa yang dialami seseorang. Di sinilah letak keindahan dari rasa sakit dan perjuangan kita di masa lalu.

Mari menegok ke dalam Alkitab. Kita akan menemukan banyak kisah menyedihkan yang justru berakhir indah. Dan bagian terindah dari kisah di sana adalah saat Yesus berjalan bersama dengan orang-orang melewati perjuangan mereka masing-masing. Kalau Yesus saja berhasil menyelesaikan perjuanganNya di kayu salib, maka Dia juga mau kita menyelesaikan perjalanan kita dengan kemenangan.

Baca Juga : Tinggalkan Rasa Sakit Anda di Pasir

Kalau kamu merasa nggak berdaya dan nggak punya kekuatan lagi untuk melewati rasa sakit yang saat ini menyerangmu, mintalah kekuatan dari Tuhan. Minta Dia untuk membuatmu kembali percaya kalau Dia senantiasa setia menanggung bebanmu. 

Sumber : Godvine.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Seldi Marbun 16 February 2018 - 16:43:26

saya minta dukungan doa untuk rumah tangga dan pek.. more..

0 Answer

T.Susanto Wibowo 15 February 2018 - 19:33:28

Saya minta dukungan doa u/ pemulihan hub. di RT, p.. more..

1 Answer

Manuel Elroy 15 February 2018 - 13:50:24

Shalom, perkenalkan nama saya manuel elroy maridea.. more..

1 Answer


Roxel Cristiancen 17 February 2018 - 07:28:35
Shalom kk dan sodara juga temanku semua. Saya tida... more..

Damai indonesia 16 February 2018 - 06:30:51
Selamat pagi admin jawaban.com saya bukanlah manu... more..

Eva Manurung 15 February 2018 - 15:34:39
Saya mohon dukungan doanya. Mgkn krn pacaran kami ... more..

Penhable 12 February 2018 - 13:42:34
Syalom ,tolong doakan tante saya sedang sakit kank... more..

Banner Mitra Week  3


7374

advertise with us