Pasanganmu Suka Bergosip? Jangan Diam Aja, Tegas dan Tolak dengan Cara Ini
Sumber: linkedin.com

Marriage / 29 January 2018

Kalangan Sendiri

Pasanganmu Suka Bergosip? Jangan Diam Aja, Tegas dan Tolak dengan Cara Ini

Lori Official Writer
3515

Pernah punya pengalaman dimana istri kamu suka curhat soal rumah tangga teman dekatnya? Atau ibu kamu mulai ngasih tahu soal sisi buruk dari pasanganmu? Waktu seseorang memberitahu kita soal keburukan orang lain, pastinya kita bakal mulai bereaksi. Fatalnya, paradigma kita soal orang yang digosipin pasti bakal berubah.

Inilah sisi negatif dari gosip, nggak cuma bikin pola pikir kita negatif tapi juga bisa bikin suami istri berantem hebat. Mungkin kamu pernah dengar ibu mertua kamu ngomongin hal yang kurang soal kamu ke suami dan suami akhirnya menyampaikan apa yang dia dengar ke kamu. Jangan diam aja! Tegaslah ke pasanganmu. Sampaikan kalau kamu mau menjalani hubungan yang sehat dengan ibu mertua kamu. Mintalah supaya ibunya menyampaikan kritikan atau uneg-uneg secara langsung.

Kamu bisa bilang, “Aku mau membangun hubungan yang sehat dengan ibumu. Aku minta kalau lain waktu ibu mulai menyampaikan hal negatif soalku ke kamu, tolong bilang ke ibu supaya menyampaikannya secara langsung ke aku.”

Kalau kamu yang justru mulai menggosipkan atau membicarakan sesuatu yang kurang baik soal ibu mertuamu ke suami, segeralah meminta maaf ke dia. Posisikanlah dirimu sama seperti waktu kamu dikata-katai di belakangmu. Hal ini juga berlaku ke semua anggota keluarga yang lain, seperti kakak/adik ipar, tante/paman, dan saudara yang lain. Dalam kehidupan berkeluarga, jangan pernah merusak pikiran keluargamu dengan gosip-gosip yang kamu buat. Jauhkanlah kebiasaan ini sebelum kamu merusak pernikahanmu sendiri.

Kalau kamu bergosip soal suamimu ke keluargamu sendiri, kamu juga perlu menghentikannya. Kamu harus mulai menghindari ucapan-ucapan yang mengkritik, membandingkan, atau memburuk-burukkannya dengan menyadari bahwa dia adalah suamimu dan masalah pernikahanmu harusnya tak perlu dibagikan ke orang lain.

Kamu bisa mengontrol kebiasaan bergosipmu dengan melakukan beberapa cara ini:

1. Hindari pikiran yang terus membanding-bandingkan

Kita akan mudah tergoda untuk bergosip kalau kita masih suka membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Misalnya, waktu kamu merasa pernikahan orang lain jauh lebih bahagia dari pernikahanmu, kamu pun akan terpancing untuk mulai mengata-ngatai suamimu ke orang lain. Nggak cuma suami, mungkin mertuamu atau kakak/adik iparmu dan orang lain juga.

2. Jaga kehormatan keluargamu

Mengata-ngatai orang terdekatmu ke orang lain berarti memposisikan mereka sebagai orang yang tidak dihormati. Jangan pernah membiarkan rasa kecewamu membuatmu jadi kehilangan hormat kepada orang-orang yang kamu cintai.

3. Bangunlah komunikasi yang baik dengan pasangan

Komunikasi yang kurang baik seringnya bisa jadi celah bagi pasangan mudah terhasut dengan gosip. Karena itu mulailah untuk berkata ‘TIDAK’ untuk gosip dan sepakati dengan pasangan untuk tak terjebak dalam kebiasaan buruk ini. Biasakanlah untuk menanyakan langsung ke orangnya kalau memang hal itu membuat kalian bertanya-tanya.

Banyak sekali hubungan yang rusak karena kebiasaan bergosip, seperti perceraian, konflik dengan rekan kerja dan kehilangan rasa hormat ke orang lain. Jangan pernah kasih celah buat hidup kita diperalat oleh kebohongan si iblis untuk merusak hidup kita.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami