Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1871


Masih ingat peristiwa gerhana matahari pada 9 Maret 2016 lalu? Fenomena ini bahkan menyedot perhatian masyarakat karena Indonesia adalah salah negara yang langsung dilintasi oleh gerhana ini.

Di awal tahun ini, lembaga penelitian luar angkasa NASA secara resmi menyampaikan kalau akan ada peristiwa gerhana yang muncul pada Rabu, 31 Januari 2018 nanti. Gerhana ini bahkan dinilai berbeda karena terjadi dengan kombinasi gerhana bulan dan matahari yang disebut Blue Blood Supermoon.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun telah mengklarifikasi hal ini. Blue Blood Supermoon kali ini dinilai sebagai peristiwa langka karena gerhana bulan total ini tejradi pada saat supermoon atau saat bulan purnama berada di titik orbitnya yang terdekat ke bumi yang akan membuat gerhana tampak lebih terang 30 % dan lebih besar 14 %.

“Ini fenomena alam biasa tapi langka. Kejadiannya seratus tahun lebih, bahkan yang terakhir, mungkin 150 tahun,” ucap Dwikorita, Kepala BMKG.

Baca Juga : Gerhana Matahari Jadi Daya Tarik Wisata Maluku Utara

Meski begitu, fenomena langka ini rupanya banyak menarik minat masyarakat Indonesia juga. Berbagai persiapan untuk menyambut gerhana ini sudah dibuat, beberapa diantaranya yang akan terjadi adalah:

Pemadaman lampu-lampu di Monas

Lampu-lampu yang menghiasi kawasan Monas dipastikan akan padam di malam gerhana Blue Blood Supermoon terjadi. Masyarakat juga dipersilahkan melihat gerhana bulan dari puncak Monas karena akan dibuka sepanjang terjadinya gerhana. “Bisa juga naik ke cawan Monas. Muungkin ada yang bawa teropong untuk lihat gerhana,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Pengelola Kawasan Monas Arista Nurbaya.

Umat Islam Dihimbau Lakukan Ibadah Massal

Umat beragama Islam justru menyambut fenomena ini dengan beribadah salat. Hal ini dilakukan karena gerhana ini muncul persis dengan salah satu peringatan keagamaannya yang disebut 14 Jamadil Ula 1439 H. Selain salat, umat beragama di Indonesia juga diimbau melakukan ibadah dan kebaikan lainnya seperti beramal dan bersedekah.

Bisa Picu Tingginya Air Pasang

Lembaga BMKG mengklaim kalau fenomena Blue Blood Supermoon nanti akan berdampak pada cuaca dan gelombang laut di wilayah Indonesia mulai 30 Januari sampai 1 Februari.

“Masyarakat diimbau untuk mewaspadai tinggi pasang maksimum. Pasang maksimum dapat mencapai 100-140 sentimeter,” ucap Dwikorita, seperti dikutip Tribunnews.com.

Baca Juga : Apa Arti Dibalik Terjadinya Gerhana Matahari Total 21 Agustus Dilangit Amerika?

Dia juga menghimbau kalau gerhana ini bisa juga menyebabkan surut minimum mencapai minus 100-110 sentimeter. “Dapat terjadi di seluruh wilayah pesisir, antara lain pesisir Sumatera Utara, barat Sumatera Barat, selatan Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah dan Jawa Timur dan Kalimantan Barat,” terangnya.

Sementara seorang peneliti asal Belanda Frank Hoogerbeets mengklaim kalau fenomena gerhana ini akan memicu gempa bumi yang dahsyat. Dia mengklaim kalau peningkatan gaya elektromagnetik pada fenomena Supermoon mendorong terjadinya tekanan di garis-garis patahan bumi. Dia memperkuat klaimnya dengan membeberkan fakta bahwa beberapa gempa besar terjadi saat bulan penuh. “Faktanya, sejarah mencatat beberapa gempa besar terjadi ketika bulan penuh, seperti gempat 9.3 skala richter di Aceh pada 26 Desember 2004, dan gempa 9.2 skala richter di Alaska pada 28 Maret 1964,” ucap Hoogerbeets.

Meskipun prediksi ini diyakini kuat oleh Hoogerbeets dan timnya, sejumlah besar ilmuwan justru meragukan hal itu. Dia bahkan pernah memprediksi gempa besar pada Desember 2015 lalu tapi justru tak terbukti. Hal inilah yang membuat ilmuwan ragu dengan prediksinya kali ini.

Apa ya kira-kira kejadian yang bakal terjadi waktu fenomena gerhana ini? Daripada terus nanya-nanya mending didoain aja ya supaya gerhana langka ini terjadi tanpa menimbulkan efek negatif dan kita berharap hal yang baiklah yang bakalan terjad dan Tuhan ambil kendali atas hal itu.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7190

Gempa Lombok