Dikejutkan Oleh Semak Yang Menyala Yang Tidak Dimakan Api
Kalangan Sendiri

Dikejutkan Oleh Semak Yang Menyala Yang Tidak Dimakan Api

Puji Astuti Official Writer
      4162

Keluaran 3:2

Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 28; Matius 28; Keluaran 5-6

Gambaran semak duri yang menyala namun tidak dimakan api adalah kata yang mencolok untuk menggambarkan Roh Kudus. Kalimat itu seperti melompat dari halaman Alkitab dan secara jelas menggambarkan apa yang ingin Tuhan yang perkasa lakukan - menyala tapi tidak dimakan api. 

Semak yang terbakar adalah gambaran Tuhan sendiri dan setiap orang yang lahir baru memiliki baikk Roh Allah maupun Firman yang di Ilhamkan itu dalam bejana lahiriah mereka. 

Yeremia 20:9 berkata, 

Tetapi apabila aku berpikir: "Aku tidak mau mengingat Dia dan tidak mau mengucapkan firman lagi demi nama-Nya", maka dalam hatiku ada sesuatu yang seperti api yang menyala-nyala, terkurung dalam tulang-tulangku; aku berlelah-lelah untuk menahannya, tetapi aku tidak sanggup.

Gagal melepaskan apa yang ada di dalam

Anak-anak Tuhan berbincang dengan Tuhan melalui doa dan menyampaikan Firman Tuhan kepada yang membutuhkan. Kalau kita gagal melepaskan apa yang di dalam kita, maka kitar menyala namun tidak terbakar habis. Namun tidak melepaskan kuasa Roh Kudus dapat menyebabkan tubuh menjadi menyala, karena tubuh kita menjadi seperti semak yang menyala itu. Kedagingan dan Roh akan selalu berperang. 

Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.  - Galatia 5:17

Apakah kamu pernah meledak karena marah atah tergoda untuk mengambil alih kendali? Jika pernah, ini adalah gambaran bagaimana kedagingan dan Roh berperang satu sama lain. Pada akhirnya kita akan melepaskan api Roh Kudus atau kita akan melepaskan keinginan daging. 

Membawa api dalam kardus

Tidak bersaksi adalah seperti membawa api dalam sebuah kardus. Panas dari api Roh Kudus akan dengan cepat menjalar kepada yang memegangnya dan hanya meninggalkan abu kekecewaan saja. Anak-anak Tuhan harus mengijinkan Roh Kudus mengambil alih keinginan daging mereka dan Firman Tuhan menjadi tuan atas hidup mereka. 

Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. ~ Galatia 5:16

Anak Tuhan harus berbagi

Saya belajar bahwa dalam hidup ini anak-anak Tuhan harus secara terus menerus membagikan kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kebaikan, kemurahan hati, kesetian, kelembutan dan pengendalian diri yang merupakan adalah sifat Roh Kudus atau buah roh (Galatia 5:22-23), atau mereka akan mengalami apa yang disebut bau busuk dari kedagingan mereka (Galatia 5:19-21).

Tolong kami agar menjadi saluran kekudusan-Mu, Allah Bapa. Bantu kami membagikan Api dari kekudusan-Mu sehingga kami bisa menghindari jatuh dalam kedagingan kami. 

Hak cipta © Bob Segress, Ph.D. 2017. Digunakan dengan izin. 

Ikuti Kami