Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
447


Memiliki anak kecil tentu membutuhkan tenaga yang ekstra, pasalnya mengurus mereka bukanlah hal yang mudah bukan? Sebagai orangtua, kita membutuhkan hikmat, kebijaksanaan dan paling utama adalah perhatian yang lebih ekstra.

Anak-anak memiliki tingkat penasaran yang sangat besar dan nggak ingin ketinggalan. Apalagi masalah menonton TV.

Memang banyak manfaat menonton TV bagi anak namun jangan lupa bahwa dampak negatifnya juga sangat banyak, bahkan itu bisa berakibat fatal buat pertumbuhan sang anak. Itu sebabnya orangtua harus bijak menyortir tayangan yang layak untuk ditonton oleh mereka.

Dibawah ini ada beberapa peraturan menonton TV yang bisa kamu terapkan bagi anak-anak kamu agar mereka mengkomsumsi tayangan TV yang tepat dan tentunya bermanfaat bagi pertumbuhan otak mereka:

1.  Kamu perlu tegas dan melarang anak-anak untuk menonton tayangan dewasa atau film yang nggak mendidik


Sering sekali anak-anak akan menangis dan memohon untuk menonton film yang dia mau. Itu hal yang wajar! Tetapi bukan berarti sebagai orangtua, kita bernegosiasi dengan anak sehingga mengizinkan mereka menonton film dewasa alias yang nggak mendidik. Kamu perlu tegas kepada anak mengenai ini, apalagi kalau tayangan tersebut menampilkan tontonan yang nggak seronok, pakaian seksi atau adegan lain seperti berciuman, adegan pukul memukul, adegan kekerasan antar sesama teman dan adegan menindas orang lain.

Jika kamu suka beberapa film yang menayangkan sedikit banyak mengenai adegan diatas, sebaiknya tontonlah sendiri tanpa ada anak-anak. Orangtua tentu harus memberikan contoh dan teladan bagi anak bukan ?

2.  Beri batasan waktu untuk anak dalam menonton


Anak-anak akan menghabiskan banyak waktu di rumah, sehingga memicu mereka untuk sering menonton TV. Nah, sebagai orangtua, kita harus bijak untuk mengatasi ini karena jika anak melulu menonton, maka mereka akan kehilangan waktu bermain dan waktu belajar dan bersosialisasi dengan orang dirumah.

Sebagai orangtua, kamu harus membuat pembagian waktu yang harus ditaati dengan disipilin oleh anak-anak, misalnya untuk menonton, belajar, bermain, makan, tidur dan bersosialisi. Dengan menekankan peraturan ini untuk dilakukan dirumah, maka anak-anak kamu akan tumbuh dengan disiplin dan mengerti kapan harus melakukan kegiatannya.

3. Pilih dan atur channel siaran yang tepat


Sekarang ini ada stasiun TV yang hanya menampilkan tayangan anak-anak saja lho.

Nah, sebaiknya atur dan pilihlah tayangan itu sebagai tayangan utama dirumah kamu. Ini akan menjadi bulan-bulanan anak di depan TV dan anak nggak akan mau beranjak kemana-mana karena sebagian besar tayangan ini berisi kartun yang merupakan kesukaan anak pada umumnya. Nggak hanya itu, tayangan ini juga memberikan dampak yang positif kepada anak-anak.

Jadi sebagai orangtua, kita harus menjadi bijak dan berhikmat untuk memilih tayangan yang tepat untuk anak.

Nah, itulah 3 peraturan penting yang wajib kamu lakukan dari sekarang demi pertumbuhan yang baik untuk anak-anakmu. Ajarlah mereka dengan hikmat dan kebijaksanaan.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu” (Amsal 22:6).

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Owen 19 August 2018 - 12:31:02

Nats Alkitab yang bercerita tentang rapat

1 Answer

Devon ryanto 19 August 2018 - 12:22:57

Cara menang dari dosa pornografi?

1 Answer

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7191

Gempa Lombok