Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
516


Orang-orang di sekitar berpengaruh besar membentuk karakter dan masa depan seseorang.

“Kamu adalah cerminan dari lima orang yang sering menghabiskan waktu bersamamu.” Kutipan ini diucapkan oleh Jim Rohn, dimana dia percaya kalau kita bisa jadi orang sukses kalau kita terbiasa menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang berprestasi dan sukses.

Dari pernyataan ini, tentu kita juga bisa mengambil kesimpulan sebaliknya kalau kita bergaul sama dengan orang yang berpengaruh buruk atau negatif maka kita akan sama seperti mereka. Itu artinya, kalau kita bergaul dengan lima teman dekat yang cenderung punya pengaruh negatif dan nggak punya gairah untuk mencapai kesuksesan dalam hidup, kemungkinan karakter negatif itu akan tertular kepada kita.


Dari pandangan ini, tentu saja kita akan jauh lebih mudah untuk memperbaiki diri dan selektif memilih teman-teman yang punya nilai lebih tinggi dari kita. Kita tentu saja berharap kalau orang-orang yang ada di sekitar kita akan membuat kita jadi pribadi yang jauh lebih baik.

“Segala sesuatu yang kamu ijinkan masuk dalam hidupmu dan setiap tindakan yang kamu ambil akan mencerminkan dirimu.”

Bukan berarti kamu harus jadi orang yang paling top di kantor. Atau satu-satunya orang yang punya barang-barang mewah. Tapi setidaknya, setiap hal yang ada dalam hidupmu adalah hasil tindakan terbaikmu.

Kalau kamu merasa selama ini kamu sudah terkontaminasi dengan pengaruh negatif atau buruk dari lingkungan dan orang-orang di sekitarmu, mungkin sudah waktunya kamu harus berubah. Pilihan hari ini akan menentukan siapa dirimu di hari esok.

Mulailah perubahan ini dengan menghentikan kebiasaan yang merugikan diantaranya:

- Tegas menolak teman suka membuang-buang waktumu lewat telepon atau media sosial.

- Menolak untuk tak lagi mengunyah kue dan keripik sepanjang hari saat ditawari rekan kerja dengan alasan menjaga kesehatan.

- Menghindari gosip-gosip di kantor atau dengan teman-teman yang cenderung hanya membicarakan orang lain.

- Menjauhi teman yang pemalas dan tak punya tujuan dalam hidupnya.

Dengan mengambil langkah ini, kamu pasti akan jadi orang yang digambarkan oleh pengusaha sukses Tim Sanders. Dia pernah berkata, “Kalau kamu mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang punya standar tinggi terhadap dirimu, maka kamu sedang berada di tengah orang-orang yang berbuat lebih baik. Energi mereka menular dan akan mempengaruhimu secara positif.”


Pengaruh itu adalah sesuatu yang ditularkan. Kita bisa lihat contoh dimana terdapat sebuah tim yang terdiri dari 80% anggotanya rajin dan 20% malas. Tim pemalas ini adalah kelompok minoritas dan mereka dikelilingi oleh orang-orang yang berdedikasi tinggi. Kondisi inilah yang akan secara otomatis membuat tim pemalas terpacu untuk terus termotivasi untuk bekerja dengan rajin. Dan hal sebaliknya juga bisa terjadi dimana 80% tim pemalas dan 20% tim rajin. Jumlah tim pemalas yang jauh lebih besar akan mempengaruhi kinerja tim yang rajin, sehingga mereka akan cenderung menurunkan standarnya dengan bekerja biasa-biasa saja.

Kamu bisa jadi pribadi yang tak bisa terpengaruh oleh orang-orang disekitar atau lingkunganmu kalau kamu sungguh-sungguh melakukan beberapa hal ini:

1. Mulailah berteman dengan orang-orang yang membantumu untuk bertumbuh positif

Kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari akan berdampak positif pada hidupmu. Hal ini bisa termasuk punya pergaulan yang sehat. Misalnya, bergaul dengan teman sebaya yang membuatmu punya pandangan yang lebih luas.

2. Mulailah berteman dengan orang-orang yang punya mimpi

Carilah orang-orang yang punya mimpi besar dalam hidupnya. Jangan pernah puas berteman dengan orang-orang yang mudah puas dengan apa yang mereka capai.

3. Mulailah berteman dengan orang-orang yang berprinsip

Orang-orang seperti ini biasanya sukses dalam hidup. Saat kamu membiasakan diri bergaul dengan orang-orang seperti ini, tanyakanlah bagaimana cara mereka bisa mencapai kesuksesan yang mereka raih. Mungkin mereka punya prinsip atau pola pikir yang jadi kunci kesuksesan mereka dan kamu perlu menirunya.

Meniru perilaku positif bisa mengubah sikap kita. Hal ini sama seperti memaksa diri kita untuk tersenyum supaya kita bisa merasakan kebahagiaan.

Membersihkan semua pengaruh buruk yang ada dalam hidup adalah kunci untuk membawa kita kepada kesuksesan dan juga keberhasilan. Percayalah!

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Seldi Marbun 16 February 2018 - 16:43:26

saya minta dukungan doa untuk rumah tangga dan pek.. more..

0 Answer

T.Susanto Wibowo 15 February 2018 - 19:33:28

Saya minta dukungan doa u/ pemulihan hub. di RT, p.. more..

1 Answer

Manuel Elroy 15 February 2018 - 13:50:24

Shalom, perkenalkan nama saya manuel elroy maridea.. more..

1 Answer


Roxel Cristiancen 17 February 2018 - 07:28:35
Shalom kk dan sodara juga temanku semua. Saya tida... more..

Damai indonesia 16 February 2018 - 06:30:51
Selamat pagi admin jawaban.com saya bukanlah manu... more..

Eva Manurung 15 February 2018 - 15:34:39
Saya mohon dukungan doanya. Mgkn krn pacaran kami ... more..

Penhable 12 February 2018 - 13:42:34
Syalom ,tolong doakan tante saya sedang sakit kank... more..

Banner Mitra Week  3


7374

advertise with us