Emosi Meledak dan Ingin Putus? Coba Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Menyesal
Sumber: www.la-lights.com

Single / 26 January 2018

Kalangan Sendiri

Emosi Meledak dan Ingin Putus? Coba Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Menyesal

Naomii Simbolon Official Writer
2092

Sebaiknya jangan buat keputusan besar saat kamu masih dikuasi emosi. Cobalah bertanya pada dirimu sendiri, apakah hubungan kalian masih layak untuk diperjuangkan atau nggak saat dilanda masalah berat.

Nah, daripada salah ambil keputusan, sebaiknya bersikaplah dewasa dan merenung baik-baik sambil melakukan beberapa hal dibawah ini:

1.   Ambil waktu sejenak untuk menyendiri dan menenangkan emosimu


You can’t make a decision in the eye of storm. Keputusan apapun yang kamu buat saat dalam keadaan emosi pasti akan kamu sesali cepat atau lambat. Lakukanlah hal lain untuk mengalihkan emosi negatifmu seperti berolahraga, mendengarkan musik, membaca buku atau menuliskan pikiranmu di atas kertas. Untuk saat ini, jangan memikirkan apapun apalagi solusi masalah yang berkaitan dengan hubungan kamu yang ada kamu akan menjadi semakin stress dan emosi.

2.  Bicaralah kepada teman, keluarga atau terapis yang bisa kamu percaya


Selagi menyendiri, apabila kamu merasa harus mengeluarkan semua uneg-uneg kamu pada teman atau keluarga yang bisa kamu percaya, silahkan saja. Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk bertemu dan berkonsultasi dengan terapis yang kamu percaya bisa memberikan masukan baru buat kamu. Saat ini kamu nggak butuh orang yang memanas-manasi emosi kamu, kamu hanya perlu orang mau mendengarkan kamu, memahami kamu dan memberimu pencerahan supaya kamu bisa kembali berpikir jernih.

3. Cari tahu alasan sebenarnya mengapa kamu ingin putus dengannya


Saat kamu menenangkan diri, cari tahu kenapa kamu bisa muak,marah, dan kecewa atas konflik yang menyebabkan kamu ingin putus dengan pasangan.  Apakah kamu putus karena sama sekali tidak mengira bahwa kalian akan mengalami konflik ini? Apakah kamu ingin putus karena kamu merasa bahwa konflik ini sering terjadi di masa lalu?

Cari tahu apakah sakit yang kamu rasakan disebabkan oleh masalah biasa yang masih bisa diperbaiki bersama atau hanya  bagian dari masalah yang  di sebabkan oleh hubungan yang nggak sehat? Cari tahu dan kenalilah!

4.  Setelah pikiranmu jernih, cobalah bicara dengan pasanganmu secara terbuka.


Kalau kamu dan pasangan sudah lebih tenang dan bisa berpikiran dengan jernih lagi terhadap masalah yang kalian hadapi, bicaralah bersamanya dan cari solusinya. Evaluasilah segala situasi, kenapa pertengkaran ini bisa memberikan dampak  yang sedemikian berat terhadap kalian berdua? Nah, jadi gunakanlah sesi ini untuk mencari akar permasalahan. Kalau kalian masih saja bertengkar dan kembali berdebat, tandanya kalian belum cukup tenang dan harus memberikan waktu untuk kalian lagi untuk menenangkan diri.

Nah, itulah 4 hal yang wajib kamu lakukan saat kamu tengah marah dan kecewa kepada pasanganmu. Hal itu akan membantu kamu supaya kamu nggak memutuskan segala sesuatu dengan buru-buru yang pada akhirnya menyebabkan penyesalan.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami