Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
573


Tanpa sadar, kita sering memperlakukan tubuh dengan salah. Misalnya saja sengaja menggaruk bagian tubuh yang baru terkena gigitan nyamuk. Awalnya sih kita pikir itu bakal menguntungkan buat kita. Padahal, semakin kita menggaruk, semakin besar juga rasa gatal yang akan kita rasakan, lho. 

Bahkan menurut seorang ahli, menggaruk bekas gigitan nyamuk bisa mengakibatkan infeksi pada kulit dan memperlambat proses pengobatan. Duh, udah gatalnya nggak hilang, kita bisa korengan pula. 

Pasti pernah dong mengalami hal kayak begitu? Nah supaya nggak salah lagi, yuk kita hilangkan 5 kebisaan buruk yang sering kita lakukan pada anggota tubuh ini. 

1. Kebiasaan menggigiti kuku


Orang tua kita pasti pernah dong memarahi kita karena sering mengigiti kuku? Marahnya orang tua bukan tanpa alasan, lho. Selain karena jorok, menggigit kuku juga bisa membuat kulit disekitar kuku menjadi cantengan. 

Lembabnya area kuku akan membuat pelindung antara kuku dan lipatan kuku menjadi pecah. Kemudian, hal ini akan membuat organisme jahat bisa masuk ke celah kuku yang membuat daerah sekitar kuku infeksi atau timbulnya jamur. 

Selain karena mengigiti kuku, cantengan atau jamur di kuku juga bisa diakibatkan karena kita menggunting kuku terlalu dalam. Terlebih saat membersihkan pinggiran kuku yang nampak kotoran. Hati-hati saat membersihkannya, ada baiknya menggunakan alat khusus dan jangan terlalu dalam, ya. 

2. Mencabut uban 


Masih ingat perkataan "mati satu tumbuh seribu?" Ini juga bekerja pada uban, lho. Mencabut uban sama saja merusak folikel, saraf-saraf dan akar rambut. Akar rambut yang rusak ini yang nantinya bisa memicu infeksi. 

Kebiasaan ini juga membuta rambut semakin menjadi tipis yang bikin rambut uban terlihat semakin banyak. Buat kita yang sudah beruban, lebih baik kita hadapi saja. Toh itung-itung sebagai pengingat usia yang bertambah tua. Siapa tahu dengan pengingat tersebut, kita jadi bisa lebih dekat dengan Tuhan. 

Baca juga: Yum! Nggak Cuma Enak, 3 Smoothies Ini Juga Bisa Memutihkan Kulit Dari Dalam, Lho

3. Memencet komedo atau jerawat 


Khususnya buat kaum Hawa, jerawat atau komedo memang musuh banget buat kita. Tapi perlu diingat kalau memencetnya bukan justru bikin cepat sembuh, yang ada malah bikin jerawat semakin buruk. 

Memencet jerawat juga bisa menyebabkan iritasi kulit, pendarahan, hingga meninggalkan bekas luka. Jadi, kalau kamu pengin punya wajah bebas bekas jerawat, ada baiknya untuk mengindari memegang jerawat dan hilangkan keinginan untuk memencetnya.

Jadi, biarkan saja jerawat ini menempel, girls. Agar lekas hilang, ada baiknya menggunakan obat jerawat tertentu atau mencegah timbulnya jerawat dengan rajin membersihkan wajah. 

4. Menggaruk bekas luka 


Menggaruk bekas luka akan menyebabkan timbulnya luka baru. Rasa gatal yang ditimbulkan dari bekas luka ini sebenarnya adalah reaksi alami dalam masa penyembuhan, kok. Jadi, buat yang sudah gemas pengin menggaruk atau bahkan mencabut bekas luka yang baru kering, agar kulit mulus bebas bekas luka, lebih baik urungkan niat kita itu.

Jadi mana nih yang paling sering kamu lakukan? Kebiasaan ini memang tidak berdampak besar bagi tubuh. Tetapi hal diatas tetap harus dihindari agar tidak menimbulkan kerusakan serius pada bagian tubuh tertentu, ya. 


Sumber : hipwee/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Farida Aruan 18 September 2018 - 15:39:07

penjangkauan

0 Answer

nestorius tampubolon 17 September 2018 - 20:12:47

Nama nama menantu nabi nuh?

0 Answer

ilham krisna 17 September 2018 - 11:16:47

apa perintah yg digunakan untuk mengkonfigurasi ip.. more..

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7196

advertise with us