Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1441


Belakangan ini, media sedang fokus menyoroti wabah gizi buruk dan campak yang menyebabkan kematian anak di Kabupaten Asmat, Papua. Ribuan anak dinyatakan terserang penyakit ini dan butuh menanganan serius dari pihak medis.

Sayangnya, penyebaran penyakit ini terus meningkat dan menyebabkan kurang lebih 61 anak meninggal dunia. Kondisi ini pun akhirnya ditetapkan kementerian kesehatan sebagai bencana rawan-pangan atau bencana kelaparan yang sangat memprihatinkan.

Walaupun pemerintah pusat, khususnya Kementerian Kesehatan sudah bergerak menangani darurat kesehatan di Kabupaten Asmat secepat mungkin. Namun kondisi lokasi yang sulit dijangkau membuat tim medis dan bala bantuan tiba dalam waktu yang lama.

Baca Juga : RS Tak Bisa Tampung, 43 Anak Gizi Buruk di Asmat Dipindahkan ke Gereja

Salah satu kendala yang cukup besar adalah akses transportasi yang sulit ke Kabupaten Asmat, Papua. Hal ini diakui oleh Menteri Sosial, Idrus Manham. “Jalur penghubung antara distrik satu ke distrik lainnya itu sangat jauh. Satu-satunya transportasi yaitu melalui sungai,” ucapnya.

Kepala Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat, Steven Langi juga mengakuin kendala ini. Dia menyebut salah satu lokasi yang paling sulit dijangkau adalah Pulau Tiga, yang merupakan tempat pertama wabah campak dan gizi buruk menyebar.


Seperti disampaikan oleh seorang Uskup Katolik Agats-Asmat, Uskup Aloysius Murwito, kematian anak-anak yang terjangkit penyakit ini terjadi sejak bulan Desember 2017 lalu. Ada sebanyak 13 anak penderita gizi buruk meninggal di Kampung As dan Kampung Atat, distrik Pulau Tiga bulan lalu. Mereka meninggal karena tak sempat dilarikan ke rumah sakit yang harus ditempuh dengan menyeberangi sungai dengan jangka waktu yang cukup lama.

Presiden Jokowi segera bentuk tim penanggulangan

Pada Selasa (23/1) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan rapat penanggulangan wabah campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat, Papua di Istana Bogor. Di sana, Jokowi memerintahkan tim penanggulangan untuk melakukan beberapa tindakan cepat.

“Kita kerjakan tiga hal. Pertama mengobati campak itu sendiri, penanganan campak. Kedua, bersama melakukan vaksin, memberikan imunisasi kepada anak-anak kita di sana umurnya di bawah 14 tahun. Ketiga, adalah menyiapkan upaya kita rencanakan pasca penanggulangan campak itu sendiri, rencana pendampingan dan pembinaan pasien-pasien khususnya gizi buruk butuh waktu agak lama sedikit. Campak targetkan 1 bulan ini kita selesaikan,” ucap Wakil Bupati Nduga, Wentius Nimiangge.

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan untuk merelokasi masyarakat dari tempat tinggal yang terjangkit wabah penyakit ke lokasi bagi yang lebih steril. Tapi kendala jarak yang cukup jauh memaksa rencana relokasi diganti dengan perbaikan pemukiman di sekitar distrik kampung mereka saja.


Bantuan terus mengalir ke Kabupaten Asmat

Dari pihak Kementerian Sosial sudah mengirimkan bantuan ke Kabupaten Asmat pekan lalu. Bantuan tersebut terdiri dari beragam kebutuhan seperti selimut, matras, perlengkapan makan dan baju serta makanan tambahan lainnya.

Sementara, Kementerian Kesehatan sudah mengirimkan tim dokter ahli dan paramedis sebanyak 49 orang ke Asmat. Bantuan dari berbagai elemen masyarakat juga terus mengalir. Mereka mengirimkan bantuan beras, biskuit dan sebagainya.

Mari dukung dalam dana dan doa supaya anak-anak penderita penyakit gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat tertolong. Mari memiliki hati untuk saling menolong dan memberkati saudara-saudara kita di sana.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rizam Lede 17 December 2018 - 13:25:45

Mencari pacar yang Takut akan Tuhan

0 Answer

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth