Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
332


 

Seorang ibu rumah tangga jika ditilik dari  kekuatannya, sepertinya mereka memiliki kekuatan yang sangat super untuk bisa menyelesaikan segala beban dan pekerjaan rumah tangga yang menjadi tanggung jawabnya. Pekerjaan rumah tangga yang nggak kunjung selesai dan selalu ada setiap hari. Mulai dari mengasuh anak, membersihkan rumah hingga melayani kebutuhan suami. Belum lagi dia harus memikirkan kesehatan jiwa dan raganya. Profesi yang siap siaga selama 24 jam dirumah tanpa pamrih sangat terasa mahal saat sang ibu tiba-tiba jatuh sakit. Keluarga terbengkalai, rumah berantakan, semua urusan rumah tangga mendadak macet.

Nah penting bagi ibu rumah tangga harus selalu menjaga kesehatannya tetap baik dan hindari serangan yang melumpuhkan keluarga kamu.  Seperti 5 jenis penyakit yang sering melanda ibu rumah tangga berikut:

1.  Batuk dan pilek

Sebagai salah satu penyakit yang paling umum terjadi, para mama pada umumnya terkena penyakit batuk pilek setelah tertular dari anak-anak atau pasangannya. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini umumnya akan menghilang secara alami setelah 2-3 minggu kedepan.

Saran terbaik untuk pemulihan penyakit ini adalah beristrahat secukupnya, memenuhi cairan tubuh dengan cukup dan memperkaya asupan gizi.

2. Nyeri otot

Melakukan aktivitas fisik dalam intensitas berlebihan atau diluar kebiasaan serta kemampuan tubuh sering mengakibatkan nyeri otot.

Nyeri otot bisa berlangsung 2 hari dan berangsur membaik, kecuali ada cidera yang lebih serius. Apabila kamu nyeri otot,segera kompres bagian yang nyeri dengan air es. Nah, tujuannya untuk mencegah inflamasi atau pembengkakan. Setelah itu, gantilah kompres dengan air hangat,karena itu sangat baik untuk meningkatkan aliran darah menuju yang nyeri sehingga nyeri akan terasa reda. Kamu juga bisa memakai koyo atau krim penghilang rasa sakit.

Untuk menghindari nyeri otot, saya sarankan olahraga dan pemanasan terlebih dahulu sebelum bekerja.

3. Sakit kepala

Merasakan nyeri pada area kepala membuat kamu nggak akan fokus melakukan pekerjaan. Pada wanita, hormon estrogen dan progesterone ternyata sangat berperan penting. Kedua hormone ini diperkirakan memiliki dampak terhadap aktivitas kimiawi pada otak yang menyebabkan sakit kepala . Selain itu,resiko sakit kepala juga terjadi saat menstruasi. Hindari mengkomsumsi painkillers secara berlebihan tanpa pengawasan dokter, mengingat efek samping jangka panjang yang nggak baik bagi tubuh kamu.

4.  Masalah saluran cerna

Saluran pencernaan mampu menunjukkan adanya masalah pada kesehatan kamu secara garis besar. Sebut saja karena alergi makanan, ketidakmampuan tubuh menyerap makanan dan minuman yang dikomsumsi, masalah kekebalan tubuh, kerusakan atau luka pada jaringan saluran cerna kamu. 

Inilah gejala-gejala jika kamu bermasalah dengan pencernaan kamu :

  • Rasa terbakar di area perut bagian atas atau dekat rongga dada
  • Perut kembung
  • Sisa makanan tak tercerna pada tinja
  • Nyeri perut ketika buang air besar
  • Diare
  • Sembelit
  • Muntah-muntah
  • Tinja berdarah
  • Nyeri pada kerongkongan dan rongga mulut

Masalah pencernaan juga dapat terjadi akibat stress yang nggak dikelola dengan baik. So, jangan stress ya!

Nah itulah 4 jenis penyakit yang sangat kerap menyerang ibu rumah tangga. Jadi, tetap jaga kesehatanmu ya.  Kalau kamu adalah seorang anak, perhatikan dan jaga mama kamu ya!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Deden 24 February 2018 - 02:42:21

Apa tindakan saya kalo istri meninggalkan rumah ta.. more..

0 Answer

anastasia 23 February 2018 - 16:35:52

bagaimana menghadapi orangtua yang selalu minta ua.. more..

1 Answer

desy deska 23 February 2018 - 11:06:47

Syalom saya Deska, mohon doanya yah untuk iman sa.. more..

2 Answer


Lin Fei Ping 22 February 2018 - 16:35:26
Shalom,saya Lin Fei Ping,mohon doa supaya dibantu ... more..

Lilyana Olivia 22 February 2018 - 07:44:10
Shaloom... Sejak melahirkan anak, kehidupan persek... more..

Arianto 21 February 2018 - 17:47:20
mohon doa pemulihan ekonomi keluarga, terbebas dar... more..

sekar marutic 20 February 2018 - 21:14:33
Mohon bantu dalam doa, supaya saya bisa diangkat ... more..

Banner Mitra Week  3


7379

advertise with us