Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
424


Setelah memutuskan menikah, kadang kala kita menemukan diri kita merasa kesepian. Berharap bahwa pernikahan selalu diisi dengan kasih mesra serta saling menghibur dikala duka. Namun kenyataannya dalam perjalanannya, semua yang indah-indah yang telah disepakati dan diharapkan nggak selalu hadir dalam rumah tangga. Membina pernikahan nyatanya nggak semudah yang kita impikan.

Nah, jika kamu merasakan kesepian dalam perjalanan pernikahan kamu, cobalah melakukan langkah-langkah ini untuk mengatasinya:

1.  Cari akar masalahnya


Ketika rasa kesepian menimpa kamu, seringkali dengan cepat kamu menyalahkan pernikahan yang kamu sudah putuskan. Alih-alih berpikir demikian luangkan waktu kamu untuk merenungkan mengapa kamu merasa kesepian. Apakah penyebabnya dari dalam diri kamu sendiri atau berasal dari pernikahan kamu. Nah, dengan menemukan akar masalahnya, kamu sudah mulai dapat mencari jalan keluarnya dengan baik.

2.  Jangan-jangan buru-buru unruk menyalahkan pasangan kamu


Berkubang dalam kesedihan dan membiarkannya berkembang menjadi sebuah amarah nggak akan menyelesaikan masalah, bahkan bikin keadaan pernikahan kamu menjadi semakin rumit. Jika kamu merasa ada perbuatan suami/isteri kamu yang salah, sebaiknya bicarakan baik-baik dan jangan membiarkannya berlama-lama. Sebab firman Allah berkata: “Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu” (Efesus 4:26).

Nah itu sebabnya, lebih baik meminta bantuan untuk sama-sama menyelesaikannya daripada menyalahkannya.

3. Bagikan perasaan kamu kepada pasangan kamu


Jika kamu merasa ada sesuatu yang nggak beres dalam pernikahan kamu dan membuat kamu merasa seperti kesepian, janganlah berdiam sendiri. Sebaiknya berceritalah kepada pasanganmu. Saat ini adalah kesempatan terbaik untuk berbagi perasaan dan masing-masing mencoba untuk saling memahami satu sama lain tentang apa yang sedang dialami. Perubahan apapun dalam hidup termasuk bertambahnya usia dapat mempengaruhi cara berpikir dan sikap seseorang. Itu sebabnya berkomunikasilah secara rutin dengan pasangan kamu mengenai ini karena akan sangat membantu dan bermanfaat buat kamu.

4.  Kembangkan sayapmu dan cintai diri kamu sendiri


Ini adalah bagian tersulit dari semuanya. Cintai diri kamu kamu akan menikmati hari-hari kamu. Jika kamu merasa kesepian dalam diri kamu, cobalah untuk melakukan sesuatu yang positif supaya nggak merasa kesepian, berhentilah mengasihani diri dan menyalahkan pasangan kamu. Pergilah ke salon untuk memotong rambut dengan moel baru, ke salon pijat dan manjakan diri kamu. Atau kembangkan sayapmu untuk bertemu dengan teman-temanmu, fellowship, bikin bisnis bersama, ke panti bersama dan banyak hal. Kamu juga bisa mengajak pasanganmu untuk terlibat dalam kegiatan kerohanian dan sosial lainnya, jika dia nggak begitu sibuk.

5.  Berdoa dan bertanyalah kepada Tuhan, izinkan Dia memenuhi hatimu yang kesepian



Jika dengan langkah diatas kamu tetap saja belum menemukan akar masalah dan jawaban, terpenting pergilah ke kamarmu dan berdoa kepada Tuhan. Mintalah pertolonganNya dan izinkan Dia memenuhi hatimu dengan sukacita. Biarkan Tuhan penuh atasmu, sebab hanya bersama dengan Dialah kamu dapat merasakan sukacita dan kepenuhan. Bila penting, ajak pasanganmu untuk berdoa dan alangkah lebih baiknya jika kamu dan suami memiliki mezbah doa bersama dan saat teduh bersama.

Nah, demikian 5 langkah yang bisa kamu lakukan jika kamu sedang merasakan kesepian dalam pernikahan kamu.  Janganlah hendaknya kamu kuatir. Ingat! Bahwa Allah senantiasa menyertai kamu sampai akhir zaman (Matius 28:20). 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

steffi 20 February 2018 - 20:32:04

prayer

0 Answer

Surya 20 February 2018 - 18:45:15

Kekasih saya meninggal, padahal dia masih keinggin.. more..

0 Answer

Mandey Rima 20 February 2018 - 15:18:20

mohon doanya supaya sembuh dari sakit apapun di dl.. more..

1 Answer


sekar marutic 20 February 2018 - 21:14:33
Mohon bantu dalam doa, supaya saya bisa diangkat ... more..

Surya 20 February 2018 - 19:07:58
Kekasih saya meninggal, padahal dia masih keinggin... more..

ayunda priskila 20 February 2018 - 00:06:08
Kakak kakak terkasih. Mohon doanya untuk saya dan ... more..

Roxel Cristiancen 17 February 2018 - 07:28:35
Shalom kk dan sodara juga temanku semua. Saya tida... more..

Banner Mitra Week  3


7376

advertise with us