Suka Campur Susu Waktu Masak Telur Orak Arik? Justru Salah Besar Kalau Tahu Alasan Ini
Sumber: Tips dan Trik Kreatif

Health / 23 January 2018

Kalangan Sendiri

Suka Campur Susu Waktu Masak Telur Orak Arik? Justru Salah Besar Kalau Tahu Alasan Ini

Lori Official Writer
13504

Telur jadi menu andalan buat sarapan pagi. Alasan paling banyak memilih telur adalah karena mudah diolah jadi beragam santapan yang variatif. Salah satunya adalah telur orak arik.

Menu sarapan yang satu ini pun mudah sekali dibuat. Ada yang mencampurnya dengan bumbu-bumbu dapur atau sayuran. Ada juga yang menambahkan susu ke dalamnya supaya rasanya bisa lebih gurih. Tapi benar nggak sih mencampur susu ke telur itu bikin telur jadi lebih enak?

Jawabannya ternyata nggak loh.

Susu justru bikin telur menghilangkan rasa telur

Telur berkualitas tinggi nggak perlu tambahan bahan lain untuk membuat rasanya lebih menonjol. Kalau kamu memang terbiasa menambah susu atau krim waktu ke telur orak arik atau telur dadar, lebih baik kamu nggak lagi melakukannya. Karena faktanya, susu nggak akan bikin telur jadi makin mencolok, gurih atau lengket. Susu justru hanya akan membuat telur orak arikmu lebih kenyal dan nggak berwarna.

Seorang pemimpin dari restoran Southern Living Test Kitchen, Robby Melvin secara terang mengatakan kalau tindakan menambahkan susu ke telur orak arik adalah kesalahan.

Mentega jauh lebih baik jadi pengganti susu


Para koki dan chef sepakat kalau mentega adalah pilihan bahan yang sangat cocok ditambahkan ke dalam telur. Pakailah mentega sebagai minyak untuk menggoreng. Pastikan mentega merata sebelum memasukkan telur ke dalam penggorengan. Masaklah dengan api kecil supaya mentega nggak gosong. Lalu masaklah tanpa diaduk sampai adonan mulai terbentuk setelah itu baru bisa diaduk sesuai selera.

Gunakan panci anti lengket untuk menggoreng telur

Salah satu penyebab telur orak arik nggak menghasilkan bentuk dan warna yang terbaik bisa disebabkan oleh jenis panci yang dipakai. Panci dengan bahan spatula silicon atau panci tahan panas adalah alat terbaik yang bisa menghasilkan telur orak arik yang baik. Spatula silicon ini nggak akan membuat telur lengket di panci, sebaliknya bisa dibolak-balik sampai telur benar-benar matang.

Masak telur di atas kompor dengan api kecil


Telur orak arik harus dimasak di atas api yang kecil. Karena api yang terlalu besar cuma akan membuat telur cepat gosong dan kering. Selain itu, protein stelur bakal berkurang karena panas panci membakarnya.

Campurkan keju mozzarella di atas telur yang masih panas

Keju mozzarella adalah jenis keju yang mudah melelh saat ditaruh suhu panas. Karena itu, untuk menikmati telur dengan rasa keju yang menakjubkan mulailah menaburi telur yang baru diangkat dengan keju. Selain keju, bumbu seperti rempah-rempah seperti cengkeh, merica dan garam juga bisa jadi penguat rasa telur.

So, dari sekarang kamu udah bisa dong bikin telur orak arik yang the best! Yuk dicoba besok pagi yak..

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami