Kerja Tapi Rugi , Karena Dompet Bolong Terus. Lakukan Tips Ini Biar Untung!
Sumber: bisnis Liputan6.com

Finance / 19 January 2018

Kalangan Sendiri

Kerja Tapi Rugi , Karena Dompet Bolong Terus. Lakukan Tips Ini Biar Untung!

Naomii Simbolon Official Writer
2871

Mengatur keuangan merupakan hal yang wajib dan harus dilakukan oleh semua orang. Memang kita adalah anak Allah yang memiliki segala bumi dan isinya, tapi bukan berarti kita menghambur-hamburkan uang dan tidak mengaturnya juga bukan? Tidakkah seharusnya kita  berhikmat dan menguasai dunia ini dengan hikmat?

Masalahnya banyak orang yang akhirnya penuh dengan utang karena tidak bisa mengkontrol keuangan dengan baik. Apalagi pada zaman millennial dimana semua orang semakin menyukai belanja karena banyaknya promo dan produk yang penawarannya menggoda.

Itulah sebabnya kita perlu menghemat dan mengeluarkan uang dengan hikmat dan tepat sasaran. Karena jika kita berhasil melakukannya, kita tidak akan kekurangan dan bisa menabung buat masa depan bahkan keluarga. Lalu apa tipsnya supaya nggak boros dan menguntungkan?

1. Daripada beli barang murah gampang rusak, mending barang yang sedikit mahal tetapi berkualitas.


Semua orang memang memiliki tipekal-tipekal yang berbeda. Ada yang suka barang branded ada juga yang suka barang lokal biasa.

Bukan itu maksudku, tapi demi mengurangi kerugian dan bisa irit dalam berbelanja, sebaiknya belilah barang yang mahal dan berkualitas tinggi sehingga bisa digunakan berlama-lama daripada membeli barang murah yang beberapa kali pakai langsung rusak dan beli baju lagi.

Tidak hanya baju, tapi juga semua barang-barang kamu. Seperti kursi, perlengkapan lainnya. Dan pastikan juga jika barang yang kamu beli tersebut memiliki garansi yang baik.

2. Pas gajian jangan langsung tergiur dengan diskonan, sebaiknya utamakan uangmu untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang pokok


Pas gajian, rata-rata orang akan langsung pergi ke pusat perbelanjaan atau wisata dan pada saat yang bersamaan, pada vendor akan membuka diskonan besar-besaran hingga 80%. Wah, siapa yang nggak tergiur dengan itu?

Pasti tanpa mikir panjang, orang-orang akan mengejar dan membelinya. Tapi, kalau kamu ingin berhemat dan mengelola keuangan kamu, sebaiknya bertahanlah terhadap godaan itu. Usahakan kamu membagi gaji dengan baik dan belilah kebutuhan sehari-harimu sehingga kamu tak perlu mengutang sampai akhir bulan. Dan gaji yang lebih, sebaiknya kamu tabung untuk kedepan.

3.  Jangan nunda melakukan maintenance kalau nggak mau rugi


Lah! Apa kaitannya maintenance barang dengan keuangan?

Yap, tentu ada. Kalau kamu nggak melakukan perawatan secara berkala terhadap barang kamu seperti motor, mobil dan diri kamu sendiri. Bisa dipastikan kamu akan rugi besar-besaran.

Misalkan, pertama : mobil rusak karena tidak ada perawatan. Gak bisa dipakai dengan jangka lama. Alhasil perbaiki mobil dengan budget yang mahal atau bahkan membeli mobil baru. Kedua, jarang perawatan dan memeriksa kesehatan ke dokter, jarang liburan dan menghabiskan waktu kerja terus, alhasil kamu  sakit dan mengidap penyakit parah di kemudian hari disadari sehingga kamu akan menghabiskan banyak uang untuk berobat. Bukan begitu?

Nah demikian 3 tips jitu atur keuangan yang bikin kamu ngga rugi dalam hidup ini.  Semoga artikel ini menginspirasi ya!

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami