Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
1108


Kebiasaan dirumah saat saya masih kecil adalah, memasak makanan dirumah hanya sekali sehari. Ya, mama memiliki kebiasaan untuk memasak makanan seperti lauk pauk dan sayuran hingga nasi untuk di makan hingga malam hari.

Saat mama pergi kerja di pagi hari, saya akan menemui sebuah note di meja makan demikian : “Naomi, jangan lupa hangatkan makanan ini sebelum mama dan papa pulang kerja ya.”

Nah, saya rasa kebiasaan ini sering dilakukan oleh banyak orang. Apalagi anak-anak kos. Tetapi tahukah bahwa kebiasaan menghangat-hangatkan makanan sangat berbahaya untuk tubuh kita. Karena pada dasarnya nggak semua jenis makanan yang bisa dipanaskan ulang, seperti:

1.  Telur

Telur merupakan sumber protein yang tinggi akan kandungan vitamin A, kalsium, vitamin B6, vitamin B12 dan juga fosfor. Namun hindari untuk menghangatkan telur karena dapat memunculkan kandungan racun, khususnya di bagian kuning telur  dan menganggu sistem pencernaan kamu.

2. Ayam

Sama seperti telur, ayam juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan bahkan rendah lemak. Tapi kalau kamu memasak ulang ayam alias memanaskannya, maka kandungan protein yang dikandungnya akan berubah  dan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan juga.

3. Nasi

Karena mengandung cukup banyak gula dan kolestrol, maka kolestrol jahat akan meningkat saat nasi dipanaskan. Tentu kolestrol jahat akan mempengaruhi kesehatan tubuh kamu, nggak hanya itu, nilai kalorinya pun akan naik hingga berisiko parah bagi kamu yang memiliki masalah jantung ataupun tekanan darah.

4.  Bayam

Pernah nggak melihat sayuran yang dimasak beberapa saat lalu berubah berwarna kehitaman? Ya, itu terjadi karena kandungan zat besi selain vitamin dan serat yang tinggi terdapat didalam bayam. Nah kalau bayam dipanaskan lagi , maka bayam akan berubah menjadi nitrit dan memunculkan zat karsinogen pemicu sel kanker.

5.  Brokoli

Kandungan sayur ini sangat baik untuk tubuh, karena sangat kaya dengan vitamin A dan vitamin C. Tapi seperti bayam, brokoli mempunyai kandungan nitrat yang akan berubah menjadi nitrit jika dipanaskan berulang kali sehingga berisiko mengakibatkan kanker.

6.  Kentang

Kentang banyak mengandung zat besi dan tembaga yang sangat baik untuk nutrisi otak. Nggak hanya itu, kentang juga memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna sehingga baik untuk kesehatan lambung. Tapi ini bisa berakibat bahaya bagi kesehatan tubuh jika di panaskan berulang kali, karena akan mengeluarkan senyawa beracun.

7.  Santan

Menambahkan santan dalam makanan seperti sayuran memang dapat menambahkan rasa yang sedap dan gurih. Tapi tahu nggak bahwa santan yang dipanaskan akan menghasilkan lemak jahat dan menimbulkan kolestrol. Nah itulah sebabnya, jangan sesekali memanaskan makanan yang mengandung santan.

Nah, itulah 7 makanan yang nggak boleh kamu panaskan. Jika kamu ingin masak sekali saja, dari pagi hingga ke malam. Sebaiknya siasati dengan memisahkan makanan untuk malam, dan masukkan ke dalam kulkas untuk dimakan dimalam hari. Jangan dipanaskan!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Owen 19 August 2018 - 12:31:02

Nats Alkitab yang bercerita tentang rapat

1 Answer

Devon ryanto 19 August 2018 - 12:22:57

Cara menang dari dosa pornografi?

1 Answer

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7191

Gempa Lombok