Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1398


 

Saat kita memutuskan menikahi pasangan kita, itu artinya kita siap berperang dalam suka dan duka bersama-sama.  Tidak satupun pernikahan yang menjanjikan kebahagiaan selamanya. Seperti yang diketahui semua orang, pernikahan memiliki sedikit banyaknya masalah-masalah sulit. Dan dalam masalah inilah ditekankan bahwa suami dan istri harus bersama-sama bersatu bergandengan tangan untuk menyelesaikannya didalam Tuhan .

Mungkin ada banyak pernikahan yang gagal karena kehilangan kesatuan tersebut. Bersikap seolah-olah mereka tidak satu tubuh, menyalahkan satu sama lain, sehingga solusinya berakhir pada pertengkaran. Jika begini, bagaimana mungkin pernikahan diberkati?

Dibawah ini ada beberapa masalah yang kerap menjadi pemicu pertengkaran dalam pernikahan:

1.  Masalah keuangan


Uang memang sangat sensitif, itu sebabnya Iblis memakai uang untuk menghancurkan banyak orang terutama dalam pernikahan. Kondisi keuangan yang nggak stabil dalam pernikahan memang tanggung jawab suami dan juga istri khususnya suami sebagai pencari nafkah dalam keluarga. Namun dalam hal ini bukan berarti isteri harus lepas tangan. Bahkan dalam keuanganpun dibutuhkan kesatuan serta bergandengan tangan dan diskusi bagaimana caranya menyiasati dan menyeimbangkan masalah keuangan ini. Bukan malah saling menyalahkan satu sama lain dan menyebabkan pertengkaran.

2. Masalah dalam pengambilan keputusan.


Menikah merupakan menyatukan dua pribadi menjadi satu didalam keintiman bersama Tuhan, yang artinya suami dan isteri memiliki sikap dan cara pikir yang berbeda.

Hal yang sangat sering terjadi dalam pernikahan adalah gagal merendahkan hati dan menyatukan pikiran yang berbeda menjadi sesuatu yang baru. Alhasil perdebatan terjadi karena keputusan yang berbeda antara suami dan isteri.

Nah, dalam hal inilah seharusnya Tuhan dikaitkan penuh atas pikiran masing-masing, supaya setiap keputusan berasal daripadaNya dan pertengkaran pun tidak terjadi karena keduanya berhasil merendahkan hati.

3. Masalah kehadiran Anak



Salah satu tujuan menikah bagi banyak orang adalah memiliki keturunan. Seperti yang difirmankan oleh Allah di Kejadian 1:28 “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka,” Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi…”

Sehingga ketika hal itu tak kunjung terpenuhi, ada banyak pernikahan yang akhirnya  salah dalam mengambil keputusan;jatuh dalam pertengkaran bahkan perceraian.

Tidakkah seharusnya kita berdiri terus di dalam iman dan bersepakat berdoa terus meminta kepadaNya?

Dialah yang memberi dan Dialah juga yang mengambil (Ayub 1:21b).

4.  Masalah yang menyangkut keluarga besar masing-masing pasangan


Saya pernah mendengar seseorang berkata demikian: “Memutuskan menikah dengan isteriku, itu artinya aku sudah memutuskan diri untuk menikah dengan keluarganya pula. Demikian sebaliknya.”

Pernyataan itulah yang akhirnya membuat mereka berdua terus sepakat dan belajar dengan sabar untuk menyesuaikan diri. Tapi kenyataannya nggak jarang pernikahan gagal dalam hal ini. Memang menyesuaikan diri itu sangatlah sulit, apalagi mertua nggak begitu menyukai kita karena belum terbiasa dalam pernikahan awal-awal, sehingga akhirnya pertengkaran antara suami isteri terjadi. Isteri yang menggerutu atau bahkan suami yang kesal dan tidak menunjukkan kerendahan hati dalam menghadapi keluarga sang isteri.

ARTIKEL TERKAIT: 3 Pelajaran Mengenai Pernikahan Bisa Kamu Pelajari Dari Kisah Natal Ini

Nah, demikian 4 hal permasalahan yang sangat sering terjadi dalam pernikahan. Sebaiknya untuk menyelesaikan dan menghadapi ke-empat masalah tersebut,  penuhilah rumah tanggamu dan dirimu secara pribadi dengan Roh Kudus. Ketika masing-masing memiliki itu dan menyadarinya, akan sangat mudah menyelaraskan keadaan menjadi lebih baik.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Deden 24 February 2018 - 02:42:21

Apa tindakan saya kalo istri meninggalkan rumah ta.. more..

0 Answer

anastasia 23 February 2018 - 16:35:52

bagaimana menghadapi orangtua yang selalu minta ua.. more..

1 Answer

desy deska 23 February 2018 - 11:06:47

Syalom saya Deska, mohon doanya yah untuk iman sa.. more..

2 Answer


Lin Fei Ping 22 February 2018 - 16:35:26
Shalom,saya Lin Fei Ping,mohon doa supaya dibantu ... more..

Lilyana Olivia 22 February 2018 - 07:44:10
Shaloom... Sejak melahirkan anak, kehidupan persek... more..

Arianto 21 February 2018 - 17:47:20
mohon doa pemulihan ekonomi keluarga, terbebas dar... more..

sekar marutic 20 February 2018 - 21:14:33
Mohon bantu dalam doa, supaya saya bisa diangkat ... more..

Banner Mitra Week  3


7379

advertise with us