Besarkan Anak Seorang Diri Itu Tak Mudah! 4 Hal Ini yang Bikin Single Parent Patut Dipuji
Sumber: KapanLagi.com

Parenting / 11 January 2018

Kalangan Sendiri

Besarkan Anak Seorang Diri Itu Tak Mudah! 4 Hal Ini yang Bikin Single Parent Patut Dipuji

Lori Official Writer
8531

Menjadi orang tua tunggal atau single parent adalah pekerjaan yang paling sulit, banyak dikritik dan kurang diapresiasi. Mereka harus melakukan berbagai tanggung jawab seorang diri, mulai dari membangunkan anak-anaknya di pagi hari, menyediakan sarapan dan membantu anak menyelesaikan pekerjaan rumah (PR), membawa anak ke dokter gigi, merapikan tempat makan, mengingatkan untuk membersihkan kamar, dan segudang kesibukan lainnya.

Menjadi single parent memang bisa dilatarbelakangi oleh beberapa alasan, baik karena pasangan terlebih dahulu meninggal dunia, bercerai ataupun terpisah kota atau negara. Saat tak lagi didampingi pasangan, semua tugas menyangkut anak akan dilimpahkan kepada salah satu pihak (suami atau istri). Sebagian dari orang tua tunggal ini bahkan rela mengerjakan segala sesuatunya sendiri hingga bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga : Jadi Single Parent Emang Berat, Tapi Renungkanlah 3 Hal Ini Supaya Kamu Tegar Lagi

Tuhan tentu tidak meluputkan perhatianNya dari perjuangan orang tua (ibu atau ayah) tunggal ini, karena bagi-Nya pekerjaan ini begitu erat kaitannya dengan tugas yang dikerjakan-Nya bagi manusia. Untuk tugas berat inilah single parent patut dipuji, diantaranya:

1. Berjuang merawat anak-anak tanpa kenal lelah 

Merawat anak-anak dengan baik hingga mereka beranjak dewasa dan sukses adalah pekerjaan yang menyenangkan hati Tuhan. Tugas ini hanya bisa dilakukan oleh orang tua yang benar-benar mengasihi anak-anak-Nya. Tak terkecuali sekalipun mereka tak lagi hidup bersama pasangannya. Meski single parent masih belum melakukan tugasnya dengan sempurna, namun Tuhan tidak meminta kesempurnaan, karena tugas berat ini dilakukan dengan keinginan sendiri.

2. Setiap single parent berkorban untuk merawat anak dengan penuh kasih

Single parent patut diapresiasi lantaran telah melakukan tugasnya merawat anak dengan penuh cinta. Mereka tahu kelemahan yang mereka miliki dan tidak memaksakan segala sesuatunya tampil dengan sempurna. Tuhan tahu segalanya tentang kesusahan seorang single parent sehingga mereka tidak perlu memperbandingkannya dengan kehidupan orang lain. Sebab mereka telah mencoba melakukan segalanya dengan penuh cinta.

3. Single parent berjuang sendiri tanpa menyerah

Sebagian single parent akan merasa bahwa mereka sendirian berjuang untuk anak-anaknya. Saat kehidupan tampak begitu sulit, single parent pasti sempat mulai menyerah. Tetapi mereksa kembali bangkit ketika mengingat anak-anak mereka. Bahkan jika mereka adalah orang yang cukup religius, akan banyak yang mengaku bahwa kekuatan yang didapatkan untuk melewati perjuangan sebagai orang tua seorang diri berasal dari Tuhan.

4. Anak yang dibesarkan seorang single parent biasanya selalu akan menjadi pribadi yang lebih peduli orang lain

Anak-anak yang diasuh oleh single parent biasanya adalah anak yang peduli dan perasa. Mereka tahu bahwa ayah atau ibu tunggal mereka sudah bekerja begitu keras demi memenuhi kebutuhan keluarga. Untuk meringankan beban orang tuanya, anak akan mencoba menjadi teman dan pemberi semangat. Ini adalah hasil didikan dan teladan yang diberikan seorang single parent kepada anak-anaknya.

Baca Juga : Jadi Ibu Tunggal? Ini yang Perlu Anda Ketahui

Selain dari empat hal ini, ada banyak hal yang harus diapresiasi dari seorang single parent, apalagi bagi mereka yang memang harus mengasuh anak-anaknya karena ditinggal meninggal oleh pasangan mereka.

Buat kamu yang sedang berada dalam posisi ini, percayalah Tuhan menghargai segala jerih lelahmu, segala pengorbananmu dan segala tetesan air matamu. 

Sumber : Familyshare.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami