Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

daniel.tanamal

Official Writer
2089


Sebuah gereja ikonik yang sejak lama dimaknai sebagai simbol toleransi di Istanbul Turki, Gereja St Stephen kembali dibuka pada Minggu (8/1/2018), setelah tujuh tahun mengalami pembangunan kembali, seusai mengalami kebakaran hebat. Pembukaan ini sendiri terasa spesial karena dilakukan langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama dengan Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borisov.

Bagi kedua negara, pembukaan ini mempunyai arti yang mendalam. Khusus bagi Turki sendiri, pembukaan gereja ini seakan menghapus tuduhan bahwa pemerintahan Presiden Erdogan saat ini tidak cukup berupaya melindungi hak kelompok minoritas. Sementara bagi Bulgaria, gereja ini mempunyai sejarah yang panjang bagi umat pemeluk Kristen dan Yahudi tradisional dari Gereja Ortodoks Bulgaria di Balat.

Dalam sambutannya, Erdogan mengatakan bahwa negara merupakan bagian dari upaya untuk menjaga kebebasan beribadah bagi semua orang, terlepas dari agama atau etnis. "Istanbul menunjukkan kepada seluruh dunia, kota ini merupakan tempat berbagai agama dan budaya hidup berdampingan secara damai. Anda bebas mempraktikkan agama Anda dan Anda berada di bawah perlindungan kami," ujarnya.

Sementara itu, Borisov meyakini seluruh Eropa dan Balkan akan melihat pembukaan gereja ini sebagai simbol toleransi di Turki. "Hari ini adalah simbolisme terhadap Eropa. Turki adalah tetangga terbesar Uni Eropa, dengan tentara terbesar di Eropa. Kita harus membuat 2018 sebagai tahun normalisasi antara Uni Eropa dan Turki," tambahnya.

Gereja St Stephen dibangun pada 1898 di sebuah lingkungan Istanbul yang bersejarah di tepi Tanduk Emas. Terbuat dari besi tuang, hiasan ikonik bangunan ini membuat rumah ibadah tersebut berjuluk "Gereja Besi". Elemen besi di gereja tersebut diproduksi di Austria pada abad ke-19, dan dikirim ke Istanbul melalui Danube dan Laut Hitam. Restorasi pembangunannya menhabiskan dana senilai 15 juta lira atau sekitar Rp 53,8 miliar, hasil patungan Turki dan Bulgaria.

Selain itu, pembangunan kembali gereja ini juga sebagai bagian dari kerja sama timbal balik. Dimana, disaat yang sama Bulgaria menyetujui pembukaan kembali Masjid Cuma di Plovdiv.

 

Sumber : Berbagai Sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7227

advertise with us