Biaya Gedein Anak Emang Besar. Ikuti 3 Cara Ini Biar Tetap Aman, Mom.
Sumber: Science News

Finance / 6 January 2018

Kalangan Sendiri

Biaya Gedein Anak Emang Besar. Ikuti 3 Cara Ini Biar Tetap Aman, Mom.

Naomii Simbolon Official Writer
2316

Salah satu masalah terbesar yang dimiliki banyak orang saat memiliki anak adalah memikirkan sejumlah besar uang yang harus mereka keluarkan untuk anak-anak sampai mereka bertumbuh dewasa nanti.

Melihat anak-anak sekitar, kamu tentu nggak akan pernah tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan mereka dan berapa uang yang harus dibelanjakan setiap hari.

Jadi sebelum anak kamu bertumbuh besar dan membutuhkan banyak biaya lebih besar, pastikan bahwa kamu sudah siap dengan segala biaya yang akan datang menghujani. Selain itu, pastikan juga anak-anakmu harus memiliki kehidupan yang nyaman, dan mendapatkan beberapa kemewahan yang kamu mampu berikan. Dan jangan sampai lupa untuk kuliah.

Tahukan bahwa uang kuliah merupakan biaya yang akan menguras kantong banyak? Nah, itu sebabnya daripada kekuatiran menghantuimu, sebaiknya menabunglah dari sekarang sebelum mereka bertumbuh dewasa.

Berikut beberapa cara untuk menghemat uang untuk anak-anakmu:

1.  Pikirkan dengan bijak saat kamu sedang membeli mainan anak


Sebelum menghabiskan uang secara royal untuk membeli mainan anak, sebaiknya pikirkan terlebih dulu bahwa anak hanya akan bermain dengan mainan tersebut beberapa hari saja. Nggak perduli seberapa murah mainan yang kamu beli, pastikan bahwa mainan yang kamu beli merupakan mainan yang paling sering dimainkan dan merupakan kesukaannya.

Alihkan perhatian anak kamu yang merengek membeli mainan mahal dengan mengajak mereka bermain ke tempat permainan anak lainnya.

2. Mulailah untuk membuka rekening tabungan atau dana untuk anak kamu, dan cobalah secara rutin mengisinya.


Ya, mulailah membuka tabungan untuk anak sejak dia lahir bahkan bila perlu sebelum dia lahir. Sisihkan jumlah tertentu dari penghasilan kamu setiap bulan untuk di investasikan ke dalam tabungan sang anak. Jangan membuat jumlah yang terlalu besar yang membuat kamu tertekan dan merasa stress sendiri. Simpanlah jumlah yang layak sehingga kamu tetap rutin mengisinya tiap bulan .

Anak-anak kamu akan selalu bersyukur ketika mereka tidak dibiarkan besar dengan uang pinjaman dari orang lain.

3. Biarkan mereka mengetahui bahwa nggak semua yang mereka inginkan dapat dibeli dengan uang jajan mereka karena sebagian dari uang tersebut harus dimasukkan kedalam celengan.


Dorong anak-anak kamu untuk menabung juga. Cobalah membuat peraturan dimana anak kamu harus mengisi celengan mereka sendiri minimal sekali sehari saat kamu memberi mereka uang jajan.

BACA JUGA ARTIKEL INI : Kerja Bertahun-tahun Kenapa Belum Mapan ? Ini Alasannya!

Hal itu baik karena mengajarkan mereka kebiasaan baik untuk menabung.

Nah, itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang dan menabung demi masa depan anak-anakmu. Sebuah pepatah mengatakan “sediakan payung sebelum hujan.” Hal ini sejajar dengan firman Allah yang ditulis di Pengkotbah 11:1-2 :” “Tanamlah uangmu dalam usaha di luar negeri. Pasti kau dapat untung di kemudian hari. Tanamlah modalmu di berbagai niaga; carilah usaha sebanyak-banyaknya. Sebab orang perlu waspada, sebelum musibah menimpa.” (BIS)

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami