Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

vjay

Official Writer
1119


Fakta membuktikan, emosi negatif atau kegalauan bisa berdampak buruk saat orang membuat keputusan, termasuk dalam masalah karir dan  finansial. Menurut Francesca Gino, seorang ilmuwan yang mempelajari tingkah laku manusia, emosi manusia baik itu positif atau negatif mempengaruhi bagaimana ia memutuskan sesuatu. 

Dalam sebuah penilitian oleh Wharton School, Gino menjabarkan bahwa orang yang emosinya dipengaruhi hingga merasa marah dan frustrasi, 74% gagal mendengarkan masukan orang lain. Sedangkan yang emosinya dalam kondisi netral hanya 34% yang  mengabaikan nasihat. 

Kita adalah manusia biasa, dan setiap saat merasakan berbagai emosi - bahkan saat kita sedang bekerja. Baik kamu orang yang mudah terpancing emosinya atau orang yang tenang, emosi bisa mempengaruhi keputusanmu setiap hari dan berdampak pada karir dan kondisi keuanganmu. 

Kadang emosimu bisa mengarahkanmu kepada hal yang baik juga, namun tidak jarang juga membuatmu menyesal kemudian. Lalu bagaimana caranya menghindari agar kita tidak dikendalikan oleh emosi negatif yang membawa kita kepada keputusan-keputusan yang buruk? 

1# Tahu kapan harus Move On

Baca juga : Lupakanlah Yang Telah Lalu, Ini Saatnya Kamu Move On!

Kadang hal negatif tidak bisa kita hindari, namun kita bisa merespon dengan benar. Dalam Efesus 4:26, Rasul Paulus mengingatkan kita, "Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu." 

Ya, jangan terlalu lama menyimpan emosi negatif. Itu tidak baik untuk kesehatan emosi juga tubuh kita, selain itu juga membuat kita tidak bisa berpikir dengan jernih. Jadi, jika hal buruk terjadi, cepatlah move on. Lihatlah situasi secara obyektif, analisa dan buat langkah-langkah untuk menyelesaikannya secara bijak. Setelah itu, lepaskan emosi negatif itu, ganti dengan emosi positif seperti bersyukur dan bersukacita. 

2# Buang jauh-jauh mental korban, milikilah sikap seorang pemenang

Baca juga : Jadilah Pemenang, Seperti Seekor Rajawali Yang Mengalahkan Ular

Ya, kejadian buruk sering membuat kita mengasihani diri. Terlebih jika kita merasa bahwa, "Saya tidak pantas diperlakukan seperti ini!" Mental atau pola pikir seorang korban ini sangat berbahaya, hal itu membuatmu berpikir bahwa dirimu berhak untuk marah dan kecewa. Akhirnya, kamu bukannya menyelesaikan permasalahan, tapi malah terjebak dalam rasa frustrasi tanpa mencari solusi yang baik. 

Untuk itu milikilah sikap seorang pemenang. Ketika sesuatu yang buruk terjadi, ambillah tanggung jawab untuk mencari solusi tanpa harus menyalahkan orang lain atau diri sendiri. Lakukan evaluasi, namun jangan mengasihani diri. Tetaplah tenang, ambil waktu untuk berdoa.

3# Identifikasi pemicu emosimu

Baca juga : Emosi Negatif Datang dari Persepsi yang Salah

Ada baiknya kamu memberi waktu untuk mengidentifikasi pemicu emosimu, terutama emosi-emosi negatif. Hal ini akan membuatmu lebih mengenal diri sendiri sehingga bisa membuat pencegahan agar emosimu tidak mudah meledak atau terpicu. Buat langkah-langkah sederhana setiap harinya yang akan memicu emosi positifmu, hal ini akan membuat mood-mu untuk bekerja menjadi lebih baik. 

4# Buatlah target

Baca juga : Target Target dan Target

Baik target dalam pekerjaan ataupun keuangan, kamu harus membuatnya. Mengapa? Sebab jika kamu tidak memiliki target kamu akan mengalir berdasarkan keadaan saja, dan emosimu bisa menjadi salah satu yang mengendalikan keadaan itu. Namun juga kamu memiliki target yang jelas, kamu akan memiliki tuntunan untuk mencapai apa yang kamu inginkan. 

5# Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif


Kamu tentu sudah sering mendengar ayat ini, "Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik." (1 Korintus 15:33). 

Ya, masa depanmu dipengaruhi oleh orang-orang yang mengelilingimu. Jadi kalau kamu mau memiliki masa depan yang cerah, kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif dan bijaksana. Mintalah masukan dan nasihat mereka, jadikanlah mereka mentormu sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Percayalah, kalau kamu melakukan kelima hal diatas, maka keputusan-keputusanmu akan menghasilkan sesuatu yang positif dan bahkan hidupmu pun akan menjadi berkat bagi banyak orang. Jadi, semangat terus ya positive people! Sukses sudah menantimu. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rizam Lede 17 December 2018 - 13:25:45

Mencari pacar yang Takut akan Tuhan

0 Answer

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth