Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
3281


“Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah” (Matius 26:41).

Pada renungan hari ini saya akan membahas cara-cara untuk menang melawan godaan-godaan dosa di dalam hidup kita. Di dalam hidup ini, kita akan selalu digoda oleh berbagai macam godaan. Mau kamu masih muda atau sudah tua, mau kamu seorang pelajar atau seorang pendeta, kamu pasti akan menghadapi yang namanya godaan dosa. Seringkali padahal kita tidak ingin jatuh ke dalam dosa tersebut, tetapi kita malah menemukan diri kita terus menerus jatuh ke dalamnya. Kita padahal ingin dapat setia kepada Tuhan, tetapi rasanya sangat sulit untuk melawan godaan-godaan dosa ini.

Tetapi sesungguhnya, Tuhan sudah menyediakan kita perlengkapan untuk mengalahkan dosa-dosa kita, hanya saja seringkali kita menolak untuk menggunakan perlengkapan yang Tuhan sudah kasih tersebut, maka itu kita tidak kuat menghadapi godaan-godaan dosa.

Alkitab seringkali mengatakan tentang JATUH ke dalam pencobaan, tetapi Alkitab tidak pernah sekali pun mengatakan JATUH ke dalam kebenaran. Sangat mudah untuk terpleset ke dalam dosa, tetapi kita tidak dapat terpleset masuk ke dalam kebenaran. Kebenaran adalah sesuatu yang harus kita masuki dengan berjalan ke dalamnya. Ranting-ranting anggur yang melepaskan diri dari pokok anggurnya pada akhirnya akan mati, maka itu kita harus kembali menyambungkan diri kita ke pokok anggur kita yang memberikan hidup—kita harus kembali melekatkan diri kita kepada Tuhan. Pada renungan hari ini saya akan memberikan tiga hal yang dapat kita lakukan untuk kembali kepada Tuhan dan mengalahkan godaan-godaan dosa di dalam hidup kita.

1.Berdoa

Pada Matius 26:41, Tuhan mengatakan kepada murid-muridNya untuk berdoa agar tidak jatuh ke dalam pencobaan. Lebih dari itu, Yesus juga mengajarkan kepada murid-muridNya untuk berdoa kepada Tuhan dalam menghadapi cobaan-cobaan dunia ini dalam Doa Bapa Kami. Maka itu sangatlah penting untuk kita terus berdoa meminta kekuatan dari Tuhan. Seseorang yang tidak rajin berdoa dan tidak rajin meminta bimbingan Tuhan di dalam hidupnya, tidak mungkin kuat melawan godaan-godaan iblis. Daging kita memang lemah, tetapi sesungguhnya Roh Allah di dalam kita itu kuat. Berdoalah kepada Tuhan dan mintalah kekuatan dariNya.

2.Pembacaan Alkitab

Jangan mengatakan Tuhan tidak menolongmu jika Alkitabmu masih tertutup. Mazmur 119:9 dalam Bahasa Inggris mengatakan: “How can a young man keep his way pure? By keeping it according to Your word.”

Firman Tuhan adalah pelita bagi kaki kita. Firman Tuhan-lah yang dapat memimpin kita berjalan di jalan kebenaran. Banyak orang Kristen yang ke gereja setiap Minggu, tetapi tidak pernah membaca Firman Tuhan di dalam kesehariannya, dan ini adalah alasan mengapa banyak orang Kristen terus menerus jatuh ke dalam dosa. Mereka tidak bertumbuh di dalam Firman Tuhan. Jika kamu tidak membaca Firman Tuhan, saya dapat jamin, kamu tidak akan kuat menghadapi godaan dunia ini. Firman Tuhan adalah sumber kekuatan bagi hidup orang-orang Kristen. Bagaimana kamu dapat mengikuti jalanNya Tuhan di dalam hidupmu, jika kamu bahkan tidak mendengarkan arahanNya di dalam keseharianmu? Kamu malah akan lebih mengikuti jalannya media dan orang-orang dunia di sekitarmu. Beri makan-lah jiwamu dengan makanan yang tepat setiap hari, yaitu pendengaran akan Firman Tuhan.

 

3. Komunitas yang baik

“Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik” (2 Korintus 15:33). Salah satu alasan kamu kesulitan keluar dari dosa-dosamu mungkin bersumber dari kelompok bermainmu. Jika kamu ingin berhenti menggunakan narkoba, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah untuk berhenti berkumpul di tengah-tengah orang yang suka menggunakan narkoba. Langkah kedua adalah untuk berkumpul dengan kelompok orang-orang yang sungguh mengasihimu dan menginginkanmu untuk mengalahkan adiksi-adiksi jahat tersebut.

Saya memiliki dua kelompok bermain, kelompok bermain gereja dan kelompok bermain non-gereja. Jujur saja, ketika kita membicarakan soal relationship, dua kelompok ini akan memiliki pandangan yang berbeda 180 drajat. Jika saya hanya mendengarkan tips-tips dari kelompok bermain saya yang non-gereja, saya mungkin tidak akan memiliki pandangan yang benar akan relationship dan relationship saya mungkin akan didasari oleh hawa nafsu. Tetapi karena saya juga sering bergaul dengan orang-orang gereja, saya mendapatkan masukan-masukan yang benar tentang relationship dan saya kini mengerti bagaimana cara membina relationship yang setia dan didasari oleh cinta kasih benar yang berasal dari Tuhan kita.

Maka itu, komunitas yang baik sangatlah penting.

“You show me your friends, and I’ll show you your future!”

Jangan pernah menyerah, dan terus lekatkanlah dirimu kepada Tuhan. Sesungguhnya Tuhan selalu dekat denganmu, dan Dia selalu menunggumu untuk kembali kepadaNya. Dia adalah sumber kekuatan kita, Dia adalah sumber pengharapan kita, dan Dia adalah seumber kasih sejati di dalam hidup kita. Janganlah pilih dosa-dosamu, tetapi pilihlah Yesus Sang Juruselamat-mu!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us