Punya Anak Pemalu? Mungkin 4 Cara Ini Bisa Membantunya Jadi Percaya Diri
Sumber: cbn.com

Parenting / 3 January 2018

Kalangan Sendiri

Punya Anak Pemalu? Mungkin 4 Cara Ini Bisa Membantunya Jadi Percaya Diri

Naomii Simbolon Official Writer
3280


Orangtua sering sekali merasa kebingungan untuk mengatasi anak mereka yang  punya sifat pemalu. Kalau orangtua selalu membantu sang anak untuk mengatasi rasa takut dan malu saat bertemu dengan orang baru, itu justru akan sangat berpengaruh kepada perkembangan kehidupan sosialnya di masa depan. Selain itu, anak-anak juga akan selalu bergantung kepada orangtuanya.

Anak-anak pemalu cenderung membatasi pengalaman mereka, nggak mau mengambil resiko dalam hubungan sosial yang diperlukan dan hasilnya mereka pun nggak akan memperoleh kepercayaan diri dalam berbagai situasi sosial.

Namun di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak-anak merasa lebih nyaman dalam kelompok, yakni mempraktikkan keterampilan kompetensi sosial dan membuatnya menjadi anak yang pemberani.

1. Bicaralah dengan menggunakan kontak mata dengan anak kamu


Saat bicara dengan anak, biasakan untuk selalu menggunakan kontak mata langsung. Secara nggak sadar, hal ini akan memperkuat rasa percaya diri anak. Adanya kontak mata saat menghadapi lawan bicara akan menimbulkan kepercayaan diri bagi seseorang. Namun, jika anak kamu nggak nyaman saat melakukan kontak mata, ajarkan dia untuk bicara sambil menatap hidung lawab bicaranya. Dengan beberapa kali latihan seperti ini, maka lama-kelamaan rasa percaya dirinya akan meningkat dan teknik ini nggak lagi dibutuhkan.

2. Ajarkan percakapan pembuka dan penutup

Buatlah sebuah daftar kalimat untuk membuka dan menutup percakapan anak kamu dalam sebuah kelompok seperti, orang yang belum pernah ditemui, orang yang sudah dikenal, seorang teman baru dan lainnya. Kemudian latihlah mereka untuk berbicara saling berhadapan dengan berbagai tipe lawan bicara yang mungkin ditemuinya. Melatih kemampuan dan keberanian secara langsung dengan lawan bicara akan jauh lebih berhasil untuk mengurangi rasa malu anak dibandingkan dengan pembicaraan di telepon.

3. Berlatih dengan ngobrol dengan anak yang lebih muda


Philip Zimbardo, seorang psikolog yang kerap menangani masalah menghadapi rasa malu, merekomendasi sebuah cara untuk mengatasi rasa malu pada anak-anak. Caranya dengan mengelompokkan anak pemalu dengan anak-anak yang usianya lebih muda. Secara nggak langsung mereka akan memulai percakapan dan secara naluri akan membuat mereka lebih percaya diri karena dia merasa lebih dewasa dan bisa melindungi adik-adiknya.

4. Memberikan pujian


Cara mudah mengatasi anak pemalu yang terakhir adalah dengan memberikan pujian ketika anak mampu tampil di hadapan umum atau pun mampu menghilangkan sifat pemalunya. Pujian yang kamu berikan akan membuat anak merasa senang dan bangga, hal ini akan membuat anak menjadi lebih percaya diri dan mampu menghilangkan sifat pemalu yang dimilikinya.

Nah buat orangtua itulah empat cara yang bisa kamu lakukan kepada anak kamu, supaya dia nggak lagi pemalu melainkan percaya diri.


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami