Kerja Bertahun-tahun Nggak Kunjung Mapan. Kenapa Ya? Mungkin Ini Alasannya!

Finance / 1 January 2018

Kalangan Sendiri

Kerja Bertahun-tahun Nggak Kunjung Mapan. Kenapa Ya? Mungkin Ini Alasannya!

Naomii Simbolon Official Writer
4583

Belum akhir bulan, dompet sudah bokek. Padahal baru gajian sekaligus dapat bonus THR alias Tunjangan Hari Raya dari kantor.

Pernah nggak sih mengalami hal tersebut? Kalau iya, mungkin kamu harus menyimak alasan-alasan kenapa orang gagal membangun hidup yang mapan dan nggak melulu bokek:

  1. Karena malas mencatat pengeluaran

Kamu nggak merasa kamu boros. Tapi kamu sering kehabisan uang sebelum akhir bulan. Dan kamu nggak tahu apa yang salah.

Mungkin uangmu habis sedikit demi sedikit untuk berbagai pengeluaran kecil yang terjadi berkali-kali.

Nah, solusinya kamu harus membiasakan diri untuk mencatat pengeluaran. Mulai dari kopi, sarapan, uang jajan, belanja bulanan dan semua hal. Dengan ini kamu bisa tahu pengeluaran apa yang harus kamu minimalisir dan gimana caranya meminimalisir.

  1. Nabungnya kok sedikit sih? Cobalah menaikkan persenan tabungan kamu, supaya tabungan kamu cepat penuh.

Rata-rata, penduduk Indonesia menabung 8% dari pengeluaran total mereka. Malah lebih banyak uang untuk entertainment diri daripada menabung. Padahal, kalau mau hidup mapan itu, kamu harus memiliki tabungan yang cukup. Tabungan itu sangat perlu, supaya kamu nggak bingung apalagi sampai ngutang saat jatuh sakit atau saat ada kebutuhan yang mendadak.

  1. Dikit-dikit ngutang! Jangan dibiasain ya.

Beberapa jenis utang seperti KPR atau kartu kredit modal usaha memang nggak bisa dihindari. Tapi, kalau yang melilit hutangmu adalah kartu kredit belanja, gimana?

Kamu harus bisa mengontrol diri. Jangan terlena dengan penawaran kartu kredit kalau nggak sanggup bayar.

Cobalah menahan selera dan jangan langsung mikir pakai kartu kredit apalagi sampai mengutang ke teman. Tuhan nggak suka kalau umat-Nya berutang, kita harus kembali ingat itu ya!

  1. Kamu nggak punya rencana keuangan

Iya sih, kalau dengan kata “rencana keuangan” pasti sebagian kamu merasa bosan. Tapi gimanapun kamu harus punya rencana keuangan, karena dengan memiliki rencana keuangan, kamu bisa tahu apa yang jelas dan akan kamu capai.

Jangan mengalir begitu saja. Pada akhirnya uangmu akan beralih ke sesuatu yang nggak penting. Gimana mau mapan?

  1. Kamu lebih suka mengeluh daripada berusaha

“Di sini hidupnya mahal!”

“Gaji sedikit tapi lembur melulu. Capek!”

“Kalau gini terus gajinya, aku akan terlilit utang seumur hidup.”

Kamu harus ingat bahwa : ‘Mengeluh nggak akan menyelesaikan masalah.’

Kalau memang situasimu lagi nggak adil, pikirkan gimana caranya supaya kamu bisa meminimalisir setiap pengeluaran kamu supaya semuanya bisa tercukupi. Bukan malah mengeluh yang pada akhirnya nggak menghasilkan apa-apa.

Jangan langsung menyerah. Menjadi mapan itu butuh perjuangan dan belajar setiap hari. Cobalah renungkan 5 hal di atas dan coba ubah cara hidup dan keuanganmu. Jangan lupa untuk serahkan semuanya kepada Tuhan, karena Dialah sumber berkat itu! Semangat ya.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami