2018 Makin Produktif, Berikut 17 Cara efektif untuk tetap fokus (2/2)
Sumber: victoriousseo.com

Finance / 29 December 2017

Kalangan Sendiri

2018 Makin Produktif, Berikut 17 Cara efektif untuk tetap fokus (2/2)

Inta Official Writer
1710

Sebelumnya, kita sudah membahas 7 cara untuk membuat kita tetap fokus. Nah, ini dia artikel kelanjutannya. 

8. Minum banyak air

Otak kita memerlukan oksigen dan cara terbaik untuk membuatnya tetap segar adalah dengan minum cukup air. Banyak orang yang abai terhadap hal ini, namun sebenarnya banyak meminum air putih dapat membuat kita menjadi lebih fokus. 

9. Buatlah secangkir teh atau kopi

Kafein lebih baik dibanding dengan minuman berenergi. Karenanya, hindarilah minum minuman berenergi. Buatlah secangkir teh atau kopi sebagai teman kita ketika sedang bekerja.  

10. Siapkan snack sehat

Perut kosong hanya akan mengganggu kita pada jam bekerja. Karenanya, siapkan selalu snack di atas meja kerja kita agar kita bisa berpikir lebih jernih. Snack yang dipilih pun harus sehat, misalnya buah-buahan. Sebagian orang juga memilih untuk mengunyah permen karet agar bisa berkonsentrasi. 

11. Istirahat itu penting. Maka, jangan sampai melewatkannya. 

Meningkatkan produktifitas tidak berarti kita harus menekan diri untuk bekerja lebih lama. Pastikan Kita memberi sedikit break ketika setelah menyelesaikan sebuah pekerjaan. Pastikan Kita tidak menunda makan siang dan membiarkan perut kita kosong. Bekerja dengan perut kosong hanya akan membuyarkan fokus Kita. 

12. Tidur siang 

Jangan harap deh bisa fokus kalau mata sudah lima watt. Kalau sudah berhadapan dengan kondisi ini, matikan komputer kita, kemudian pasang alarm kita untuk 20-30 menit dan mulailah tidur siang. Studi menjelaskan bahwa tidur selama 20-30 menit pada siang hari akan membuat kita untuk tetap terjaga tanpa  membuat kepala pening. 

13. Mendengarkan lagu-lagu instrumen

Sebagian orang bekerja dengan mendengarkan musik. Musik dapat meningkat mood kita ketika bekerja karena musik juga dapat menginspirasi. Jika kita merupakan salah satu yang mudah untuk kehilangan fokus karena terjebak dengan lirik, memilih musik yang hanya memainkan instrumen alat musik akan menjadi pilihan yang pas. 

14. Pastikan Kita memiliki waktu “me time”

Menjadwalkan waktu khusus untuk diri kita dapat memotivasi kita untuk lebih cepat mengerjakan suatu pekerjaan. Untuk itu, jadwalkan kegiatan me time seperti menonton drama korea setelah semua pekerjaan selesai dapat menjadi pilihan kita.

15. Rapikan dan tata kembali meja kerja kita 

Buatlah diri kita lebih nyaman untuk berlama-lama di meja kerja kita. Sisakan sedikit waktu untuk menata meja kerja kita menjadi senyaman mungkin. Menambahkan sedikit dekorasi atau memilih sticky notes warna warni akan membuat ruangan tidak hanya nyaman, namun juga cantik.

16. Memiliki ruang kerja pribadi kita sendiri 

Buat kita yang bisa bekerja di rumah, perlu diingat kalau menjadikan satu kamar tidur dengan ruang kerja bukanlah ide yang baik.  Walaupun sebagian orang justru memilih untuk bekerja diatas kasur, namun tidak ada yang bisa menjamin bahwa kita tidak akan tertidur ditengah-tengah waktu bekerja.

Agar tetap produktif, Kita harus mengoptimalkan ruang bagi kita untuk bekerja. Bekerja terlalu dekat dengan kasur dapat membuat Kita justru mengantuk dan kehilangan fokus kita.  

17. Optimalkan waktu Kita setiap jamnya. 

Banyak hal yang dapat membuat kita termotivasi, deadline merupakan satu diantaranya. Deadline yang lebih spesifik akan lebih memaksa Kita untuk segera menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. 

Misalnya, kita adalah seorang content writer. Kita bisa mengaktifkan alarm setiap satu jam sekali untuk  memastikan bahwa setiap satu jam sekali, kita harus menyelesaikan satu buah artikel. 

Kita juga boleh menyimpan sebuah jam pasir untuk mengatur waktu bekerja karena jam pasir memaksa kita agar segera menyelesaikan pekerjaan sebelum pasir menyentuh bagian dasar gelas. Jam pasir juga akan terlihat cantik pada meja kita, bukan? 

Di atas tadi merupakan kegiatan-kegiatan yang dapat kita lakukan untuk tetap fokus dalam bekerja. Ketika mulai merasa bosan dengan satu cara, jangan khawatir, masih ada 16 cara lainnya. 

Tips paling penting adalah jangan pernah menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sia. Pasti dong kita tidak mau ketika bangun tidur, kita langsung menyesal karena kemarin tidak melakukan sesuatu apapun yang produktif. So, cara mana nih yang menjadi favoritmu? 



Sumber : leoniesii/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami