Penyakit Lupus Seperti Selena Gomez? Apa Sih Penyebab Dan Cara Mengatasinya?
Sumber: Istimewa

Health / 29 December 2017

Kalangan Sendiri

Penyakit Lupus Seperti Selena Gomez? Apa Sih Penyebab Dan Cara Mengatasinya?

Naomii Simbolon Official Writer
4983

Penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Tapi banyak yang bilang bahwa itu diakibatkan oleh faktor keturunan, lingkungan, hormon, dan obat yang dikonsumsi menjadi pemicunya.

Bila ada keluarga yang punya riwayat lupus, bisa saja kita terserang juga. Namun dugaan ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Gejala Lupus

Ketika lupus menyerang, gejala gak muncul begitu saja. Prosesnya bisa bertahun-tahun hingga lupus tersebut kelihatan.

Setidaknya ada dua jenis penyakit lupus yang gejalanya berlainan satu sama lain. Jenis pertama adalah discoid lupus erythematosus (DLE), yang terutama menyerang kulit.

Gejala lupus DLE, antara lain:

– Terdapat ruam merah seperti luka bakar pada kulit
– Rambut sering rontok
-  Kebotakan permanen

Jenis lupus yang kedua lebih berbahaya, yakni systemic lupus erythematosus (SLE). Selain kulit, organ dalam diserang oleh lupus SLE.

Gejala lupus SLE, antara lain:

– Cepat capek
– Terdapat ruam kulit seperti bekas terbakar
-  Rambut sering rontok dan ada kebotakan permanen

Selena Gomez menderita lupus SLE. Karena itulah ginjalnya gagal berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga memerlukan ginjal baru demi menyelamatkan nyawa.

Cara Pencegahan dan Biayanya

Belum ada hasil riset pasti yang membeberkan cara mencegah lupus. Lupus hanya bisa ditangani begitu ketahuan muncul.

Dulu, begitu orang terkena lupus, dokter pasti langsung angkat tangan. Sebab, belum ada pengetahuan lebih mendalam tentang penyakit ini.

Namun sekarang sudah ada cara perawatan khusus terhadap penderita lupus. Memang, penyakit itu gak bisa sembuh total. Tapi harapan hidup penderita bakal lebih besar bila dirawat dengan benar.

Ada beberapa cara mencegah lupus bertambah parah, di antaranya:

– Mengurangi paparan sinar matahari, misalnya mengenakan baju dan celana panjang serta penutup kepala saat keluar pada siang hari.
– Mengonsumsi obat pereda nyeri dan penekan sistem kekebalan tubuh
?? Mengonsumsi obat pereda inflamasi

Khusus perawatan dengan obat, memerlukan pengawasan dari dokter. Kita gak bisa merawat sendiri penyakit lupus.

Seperti Selena Gomez, kita pun bisa terkena penyakit berbahaya ini. Sebagai antisipasi, kita bisa memeriksakan diri untuk mengetahui ada-tidaknya lupus di dalam tubuh, meski nggak ada gejala yang terlihat.

Pengecekan penyakit lupus mesti dilakukan lewat tes darah di laboratorium. Di antaranya lewat tes ANA profile dan sel LE.

Ongkosnya bervariasi di setiap klinik laboratorium. Tapi yang pasti harus menyiapkan dana Rp 1-2 juta untuk pemeriksaan komplet plus konsultasi dokter.

Walaupun sekarang kamu merasa nggak ada gejala seperti di atas namun kalau kamu punya uang, nggak ada salahnya dicoba untuk periksa. Ongkos ketika telanjur kena lupus bisa lebih mahal lho. Biaya transplantasi ginjal saja bisa sampai Rp 500 juta.

Langkah antisipasi untuk menekan biaya ini adalah ikut asuransi. Sudah banyak perusahaan asuransi yang meng-cover penyakit lupus.

Menjadi peserta BPJS Kesehatan juga wajib. Toh, manfaat asuransi swasta dan BPJS Kesehatan bisa digabungkan.

Bukannya berharap terkena lupus, tapi lebih baik sedia payung sebelum hujan. Apalagi buat para cewek. Menurut penelitian, wanita lebih rentan terkena lupus karena faktor hormon lho.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami